Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Perkutut Jantan Atau Betina

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Perkutut Jantan Atau Betina -- Jika kita hanya melihat sekilas saja burung perkutut itu akan sulit membedakan jenis kelaminnya. Namun ada juga orang yang dapat membedakan jenis kelamin burung perkutut hanya melihatnya saja, itu jika sudah ahlinya atau pakar burung perkutut. Sebab burung perkutut jantan dan betina jika hanya dilihat dari bentuk fisiknya hampir sama persis tidak ada bedanya.

Untuk marilah kita sama-sama belajar cara membedakan jenis kelamin burung perkutut jantan atau betina. Bagi kita yang masih pemula dalam dunia perkututan memang sangatlah sulit dalam membedakan jenis kelamin burung perkutut. Marilah simak perbedaan jenis kelamin burung perkutut menurut pakarnya :


Ciri Burung Perkutut Jantan

1. Muka burung perkutut jantan lebih sangar
2. Selaput yang mengitari pada matanya terlihat tebal dan bulat
3. Matanya menonjol keluar dengan sorot mata yang sangat tajam
4. Warna bulu dikepalanya terlihat cerah atau bulu dikepala yang berwarna putih keabu-abuan warnanya lebih dari separuh bagian kepala.
5. Garis belahan paruh sejajar dengan mata
6. Kepala lebih besar dan pipih
7. Memiliki postur lebih besar dibanding betina
8. Supit, Burung perkutut jantan memliki supit yang rapat dan keras kalau ditekan dengan jari
9. Memiliki warna bulu yang agak gelap
10. Jika bertemu dengan betina pasti mengangguk anggukan kepala atau istilahnya mbekur kalau dalam bahasa jawa ini bagi burung yang sudah berumur dewasa. Tidak berlaku jika masih usia anakan.

Ciri Burung Perkutut Betina

1. Muka burung perkutut betina terlihat sayu
2. Selaput yang mengitari pada matanya terlihat tipis dan terputus
3. Matanya terlihat sipit atau kecil
4. Warna bulu dikepalanya terlihat gelap atau bulu dikepala yang berwarna putih keabu-abuan warnanya tidak melebihi separuh bagian kepala.
5. Garis belahan paruh dibawah mata
6. Kepala lebih kecil dan bulat
7. Memilki postur lebih kecil dibandingkan yang jantan
8. Supit, Burung perkutut betina memiliki supit yang renggang dan lunak kalau ditekan dengan jari, hal tersebut sebagai wadah telur
9. Memilki warna yang agak terang
10. Jika bertemu dengan jantan burng perkutut betina hanya mengangguk anggukan kepala saja tanpa disertai dengan suara atau anggungannya.

Untuk mendapatkan kualitas burung perkutut yang bagus harus yang jantan, sebab jantan memilki suara yang besar dan keras kalau dibandingkan yang betina suaranya kecil dan cempreng. Dan perlu diketahui untuk supit burung perkutut jantan jika tulang supitnya tidak sejajar atau tidak sama panjang burung perkutut tersebut dikatakan cacat secara katuranggan. Bagi para kung mania hal ini dihindari untuk memeliharanya, sebab tidak ada nilai jualnya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Perkutut Jantan Atau Betina. Semoga bermanfaat dan terima kasih

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Perkutut Jantan Atau Betina"