Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kendala Kendala Dalam Beternak Burung Kacer

Kendala Kendala Dalam Beternak Burung Kacer -- Dalam beternak burung kacer tentunya yang kita harapkan adalah keberhasilan ternakan kita yang menghasilkan anakan. Terkadang beternak burung kacer itu tidaklah mudah banyak kendala-kendala yang harus dihadapai. Mulai dari penjodohan sampai meloloh anakpun pasti ada kendalanya, itu bagi pemula dalam beternak kacer. Lain halnya jika sudah lama beternak kacer kendala-kendala tersebut dapat ditekan seminim mungkin agar tidak terjadi.


Kendala-kendala tersebut mulai dari penjodohan hingga meloloh anaknya pasti kita alami. Kendala-kendalnya itu apa saja? dari pengalam saya waktu beternak kacer dari awal hingga meloloh anak akan saya tuangkan dalam artikel ini agar kalian semua tahu kalau beternak burung kacer itu tidaklah mudah.

Kendala yang pertama adalah waktu penjodohan dimana terkadang kita harus korbankan salah satu burung kacer baik betina ataupun jantan jika burung kacer yang kita jodohkan tidak mau jodoh. Maksudnya jika dalam penjodohan tidak kita akali mungkin salah satu burung kacer ada yang mati sebab burung kacer merupakan burung fighter. Cara agar penjodohan berhasil adalah dengan menggunakan sangkar terpisah namun tetap menempel dan saling lihat atau lebih detailnya baca artikel ini Cara Menjodohkan Burung Kacer Untuk Pemula

Kendala yang kedua adalah sudah jodoh tapi tak kunjung bertelur. Hal itu disebabkan burung kacer kekurangan nutrisi atau salah satu burung mandul ( tidak dapat membuahi atau terbuahi ). Jika kekurangan nutrisi maka berikan pakan yang bernutrisi tinggi contohnya berikan full jangkrik, ulat kandang dan voer yang memilki nutrisi tinggi. Akan tetapi jika salah satu burung mandul maka carikan penggantinya.

Kendala ketiga adalah sudah mau bertelur juga mau mengerami namun telur tidak menetas. Coba cek lebih dahulu kandangnya apakah suhu kandang terlalu panas atau justru terlalu dingin atau kandang terlalu lembab. Jika yang mempengaruhi telur burung kacer tidak menetas suhu maka dirubah kandangnya ya tahu anda sendiri bagaimana?. Namun jika suhu kandang biasa-biasa saja tapi telur burung kacer tidak menetas kemungkinan si burung kacer jantan tidak ngisi atau tidak mampu membuahi si betinanya, maka ganti saja yang jantan dengan burung kacer lainnya.

Kendala keempat adalah telur burung kacer menetas akan tetapi mati di luar glodok. Hal ini disebabkan karena burung kacer indukannya birahi lagi atau kalau tidak burung kacer indukannya mendengar burung kacer lainnya sehingga membuat burung kacer indukannya emosi. Jika hal itu tidak terjadi terkadang kita dalam memberi pakan indukannya dalam meloloh anakannya kurang banyak, sebab indukan kacer kalau meloloh anakannya itu sebentar-bentar diloloh. Maka berikan pakan hewani itu berlebih saja jika tidak mau kalau anakannya burung kacer dibuang induknya.


Kendala kelima adalah anakan burung kacer yang kita ambil setelah besar ternyata cacat pada kakinya. Hal ini terjadi karena sang induk kekurangan kalsium disaat perkawinan atau pembetukan telur. Hal ini bisa kita atasi dengan cara memberikan tulang sotong pada kandang ternak atau minumnya dicampur air garam sedikit agar indukan kacer tidak kekurang kalsium.

Setelah kita mengetahui kendala-kendala dalam beternak burung kacer kita dapat meminimalisir hal tersebut terjadi. Semoga dengan artikel ini bagi kalian yang ingin menggeluti peternakan burung kacer dapat terbantu sebelum memulai beternak. Dan saya harapkan bagi kalian yang ternak burung kacer berhasil dan sukses.

O iya, satu lagi jika buat kandang untuk ternak kacer saya harapkan sekat atau batas kandang gunakan tembok dari batu bata atau yang lainnya yang penting jangan dari kayu. Kejadian ini sudah saya alami sendiri waktu ternak burung kacer masih sepasang selalu berhasil setelah nambah kandang satu lagi namun sekat kandang saya menggunakan papan dari kayu dan selalu gagal dalam ternakan kacer saya.

Sekian dulu, salam sukses dan terima kasih

Posting Komentar untuk "Kendala Kendala Dalam Beternak Burung Kacer"