Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Dan Cara Menurunkan Over Birahi Pada Burung Pleci

Ciri-Ciri Dan Cara Menurunkan Over Birahi Pada Burung Pleci -- Salah satu kendala yang paling ditakuti pemain burung pleci adalah OB atau Over Birahi. Over birahi merupakan Keadaan burung dimana mengalami birahi yang berlebihan. Memang penting burung pleci memiliki birahi akan tetapi jika birahinya berlebihan itu sangat tidak baik.

Over birahi yang dialami burung untuk lomba membuat para pemain mengalami resah dan bingung. Berbeda dengan burung yang untuk rumahan saja jika mengalami over birahi si empunya malah senang sebab burung yang mengalami over birahi biasanya lebih gacor.

pleci

Burung pleci yang mengalami over birahi yang untuk lomba dapat menurunkan performanya saat dilapangan atau digantangan. Over birahi sering kali membuat burung pleci yang dilombakan tidak mau nampil saat digantangkan bahkan hanya loncat kesana kemari atau hanya merapikan bulu saja.

Untuk burung pleci yang sering dilombakan harus dijaga birahinya agar saat dilombakan mau mengeluarkan kicauan dengan ngotot sampai diakhir sesi. Namun mengontrol birahi burung pleci sangatlah sulit jika sudah mengalami over birahi ( OB ).

Kita sebagai pemilik atau yang memelihara burung pleci untuk lomba harus tahu bagaimana cara mengatasi jika burung pleci mengalami over birahi. Over birahi pada burung pleci itu disebabkan dari perawatan yang tidak baik dan benar bahkan tidak konsisten dalam merawat burung pleci setiap harinya. Bukan hanya perawatan saja yang mempengaruhi burung pleci over birahi dalam pemberian pakan dan Exstra Fooding juga menjadi sebab burung pleci over birahi.

Ciri-ciri Burung Pleci Over Birahi

1. Burung pleci lebih suka loncat kesana kemari sambil mengepakkan sayapnya

2. Sering mengeluarkan suara cir....cir....cir panjang atau lebih sering dinamakan ngeciir

3. Terlihat lebih agresif

4. Lebih suka ngecall memanggil pasangannya

5. Lebih sering mengeruji daripada berada diatas tangkringan

6. Sering mandi, kalau air minum dalam cepuk setiap kali diganti selalu mandi

7. Lebih sering ngeriwik kesehariannya dibanding ngalas, ngerol dan buka paruh.

Jika hal tersebut dibiarkan akan mempengaruhi performa burung pleci yang mulanya gacor menjadi berkurang kegacorannya. Apalagi burung pleci yang sering dilombakan jika mengalami OB yang punya kadang merasa jengkel. Tapi jangan takut saya juga akan membahas caranya menurunkan birahi burung pleci yang berlebihan.

pleci

Cara Menurunkan Over Birahi Pada Burung Pleci

1. Konsisten dalam perawatan setiap harinya

2. Kurangi EF ( Exstra Fooding ) contohnya ulat hongkong atau hewan yang sering diberikan ke burung pleci

3. Berikan mentimun setiap hari atau bisa di jus dan berikan airnya

4. Memandikan burung malam hari ataran jam 7 malam sampai jam 10 malam

5. Berikan pasangan

6. Kurangi durasi penjemuran

7. Lebih awal dalam pengembunan

Demikianlah ciri-ciri dan cara menurunkan over birahi pada burung pleci yang dapat saya sampaikan dan semoga dapat membantu para kicau mania semua dalam merawat burung pleci. Dan yang perlu diingat jangan pernah sekali-kali merubah rawatan harian pada burung peliharaan anda, sebab akan merubah performa burung peliharaan anda. sekian dan terima kasih

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Dan Cara Menurunkan Over Birahi Pada Burung Pleci"