Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara mana saja yang menerapkan sistem Ekonomi Pasar atau Liberal

Negara mana saja yang menerapkan sistem Ekonomi Pasar atau Liberal?


Jawaban:

Walaupun dinilai memiliki banyak kekurangan dibandingkan sistem ekonomi yang lainnya, namun ternyata ada beberapa negara yang menggunakan sistem ini dan berhasil meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya. Salah satu alasannya adalah karena ekonomi pasar dinilai mampu memberikan keuntungan bagi negara dan paling sesuai bagi mereka karena sesuai dengan budaya dan latar belakang negara tersebut. Beberapa contoh negara yang menganut ekonomi pasar adalah:


a. Amerika Serikat (AS)

Secara umum, ada beberapa faktor yang menjadikan AS menerapkan sistem ekonomi pasar. Seperti misalnya memiliki sumber daya alam yang melimpah, pengembangan infrastruktur yang dilakukan dengan sangat baik, serta memiliki produktifitas yang tinggi.

Contoh tindakan ekonomi dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan oleh AS adalah memproduksi energi nuklir dan listrik. Tidak hanya itu, AS juga dikenal sebagai salah satu produsen terbesar gas alam liquid, sulfur, garam, dan fosfat di dunia.


b. Jerman

Ada beberapa hal yang dimiliki oleh Jerman sehingga mendapat predikat sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Eropa. Beberapa faktor tersebut adalah:

• Tingkat korupsi yang kecil,

• Kapitalisasi pasar,

• Memiliki tingkat inovasi yang tinggi, dan

• Memiliki tenaga kerja dengan kemampuan yang tinggi.


c. Inggris

Inggris adalah negara yang menganut sistem ekonomi pasar yang lainnya setelah AS adan Jerman. Bahkan perekonomian Inggris termasuk perekonomian terbesar yang ada di dunia









===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com

Posting Komentar untuk "Negara mana saja yang menerapkan sistem Ekonomi Pasar atau Liberal"











===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com