Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Terapi Kacer Yang Macet Bunyi Agar Gacor Lagi

5+ Terapi Kacer Yang Macet Bunyi Agar Gacor Lagi, Purwomp.com - Kacer memiliki kicauan yang merdu dan terlihat indah jika buka ekor sambil goyang goyang atau di sebut ngobra. Bila sudah begitu akan membuat senang para penonton dan juga yang merawat burung tersebut. Akan tetapi jika sebaliknya memiliki burung kacer diam membisu akan membuat kita merasa stres atau bingung cara mengembalikan performanya.

Banyak hal yang menjadikan burung kacer menjadi daiam tidak berkicau sama sekali yang cuma hanya loncat loncat saja serta ngerapiin bulu bulunya. Bisa jadi kacer yang diam itu karena sakit, akan mabung / berganti bulu, stres, mental down dan lain sebagainya.

Kacer Drop/mogok bunyi

Untuk mengatasi burung kacer yang macet bunyi / kicau harus ditangani dengan serius agar mau berkicau lagi. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah sebagai berikut :

5+ Terapi Kacer Yang Macet Bunyi Agar Gacor Lagi


1. Terapi Alam


Cara menerapkan terapi ini adalah menempatkan burung yang jauh dari keramaian dengan cara menggantung sangkar di bawah pohon yang rindang secara sendirian. Apalagi jika penempatannya di lapangan yang luas dengan angin yang berhembus sepoi sepoi dan ada suara gemericik air akan membuat terapi ini berhasil dengan cepat. Burung akan terlihat tenang dan mengira itu seperti di habitat aslinya. Dengan begitu burung kacer akan berkicau kembali seperti semula.

2. Terapi Audio


Terapi ini juga sangat mempercepat burung kacer yang macet bunyi menjadi gacor lagi. Terapi audio sendiri merupakan terapi yang berasal dari suara mp3 atau suara bukan dari suara asli. Suara audio yang dapat memebrikan terapi adalah berbagai suara yang dapat membuat kacer tenang seperti suara air mengalir, suara hujan turun, suara air macur atau suara lainnya yang membuat burung merasa nyaman.

Dalam melakukan terapi audio ini sebaiknya burung dalam keadaan tenang dan di sendirikan dari burung burung lainnya. Anda dapat melakukan terapi ini setiap harinya hingga burung pulih dari kondisi drop. Lakukan terapi ini selama 2 hingga 3 jam setiap harinya.

3. Terapi Kerodong


Ternyata terapi kerodong juga dapat dengan cepat membuat burung kacer yang macet kicau menjadi gacor lagi. Burung yang di kerodong dapat membuat kondisi merasa tenang dan dapat beristirahat dengan baik.

Pada saat melakukan terapi kerodong sebaiknya burung ditempatkan di tempat yang sepi jauh dari keramaian. Jangan sampai ada suara burung lain yang terdengar yang membuat burung kacer drop pada waktu terapi kerodong.

4. Terapi Kacer Betina


Cara ini merupakan cara yang efektif untuk membangkitkan birahi burung kacer jantan yang ngedrop / macet bunyi. Cara melakukan terapi ini yaitu dengan cara menempelkan burung kacer betina selama beberapa hari. Jika burung kacer jantan yang macet bunyi itu sudah mau mengeluarkan suara baik itu ngeriwik atau ngalas segera coba dengan menjauhkan kacer betina. Dengan begitu kacer jantan yang macet bunyi tadi akan mencarinya dengan mengeluarkan kicauannya.

5.  Terapi Perawatan


Terapi perawatan yakni terapi dengan cara merawat kacet yang macet bunyi dengan maksimal. Misalnya mulai dari pengembunan hingga pemberian pakan yang tepat.

Rawatan yang dilakukan untuk kacer macet bunyi adalah sebagai berikut :


  • Embun kacer di pagi hari mulai pukul 4.30 pagi
  • Setelah itu mandikan burung kacer sesuai kebiasaan semprot atau mandi karamba
  • Setelah mandi jemur burung hingga bulu bulunya kering
  • Lalu berikan extra fooding berupa jangkrik, ulat hongkong, kroto dengan takaran lebih dari biasanya saat masih gacor
  • Angin anginkan di teras kurang lebih 30 menit
  • setealh itu kerodong burung dan taruh di tempat yang tenang dan sepi
  • Jika perlu dimandikan pada malam hari untuk memulihkan kondisi drop dengan cepat. Tapi lihat situasi jika udara dingin jangan dilakukan hal itu akan membuat burung drop lagi
  • Lakukan terapi ini hingga burung benar benar sudah pulih kondisinya

Demikian informasi tentang 5+ Terapi Kacer Yang Macet Bunyi Agar Gacor Lagi yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita dalam merawat burung kacer.

Terima kasih dan salam sukses selalu.

Posting Komentar untuk "5+ Terapi Kacer Yang Macet Bunyi Agar Gacor Lagi"