Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Burung Emprit Jepang Jantan dan Betina Dengan Mudah

Cara Membedakan Burung Emprit Jepang Jantan dan Betina Dengan Mudah, Purwomp.com - Emprit jepang yang sering disebut EmJe ini merupakan burung jenis Finch yang memiliki banyak warna dan bertubuh kecil mungil serta memiliki perilaku yang sangat lincah.

Jika dilihat dari corak warna yang banyak ini mejadikan daya tarik tersendiri bagi pecinta burung finch. Selain warna emprit jepang ini juga memiliki suara atau kicauan yang merdu, maka dari itu banyak penggemar kicau yang memeliharnya di rumah.


Emprit jepang yang memiliki nama latin Society Finch ini memiliki kemiripan dengan burung emprit yang ada di Indonesia. Cuma ada perbedaan di karakter, warna bulu, suara kicauannya sebab emprit lokal hanya memiliki corak warna bulu cuma begitu begitu saja.

Burung emprit jepang sudah banyak bermutasi warna mulai dari putih, hitam putih, coklat, cream dan warna seperti corak batik. Burung ini juga mudah untuk ditangkarkan, untuk itu banyak para pecinta finch yang mencoba untuk membudidayakan.

Setiap kali bertelur burung emprit jeoang ini dapat menghasikan 5 - 6 butir telur dan selama 14 hari masa pengeramannya. Sangat cepat sekali produksi dari burung emprit jepang ini dan harga untuk burung ini juga sangat menggiurkan.

Akan tetapi bagi anda yang ingin menangkarkan burung emprit jepang ini harus dapat membedakan jantan dan betina. Burung jenis emprit / finch ini tidak ada perbedaan yang mencolok antara jantan dan betina akan tetapi sebelum kita menangkarkan kita harus pelajari terebih dahulu antara emprit jantan dan emprit betina.

Walau kita sulit untuk membedakan burung emprit jepang ini yang pasti ada ciri khusus yang dapat di bedakan. Jika cuma dilihat sekilas saja kita akan mengalami kesulitan dalam membedakannya.

Berikut ciri burung emprit jantan dan burung emprit betina :

Cara Membedakan Burung Emprit Jepang Jantan dan Betina Dengan Mudah


Ciri Burung Emprit Jepang Jantan


  • Kepala terlihat bulat dan besar
  • Mata agak menonjol keluar
  • Celah pada paruh emprit sejajar dengan mata (segaris lurus)
  • Body agak kecil
  • Warna hitam pada dada terlihat tegas serta hitam pekat dan memiliki kalung di leher warna hitam
  • Sering berkicau atau mengeluarkan suara
  • Saat bertengger kaki agak rapat

Ciri Burung Emprit Jepang Betina

  • Kepala kecil dan pipih
  • Mata terlihat datar dengan sampingnya
  • Celah paruh emprit jepang betina di bawah mata (tidak sejajar dengan mata)
  • Memiliki body tubuh yang agak besar
  • Warna hitam pada bulu dada agak kusam atau keabu abuan dan tidak memiliki kalung warna hitam di leher
  • Lebih banyak diam
  • Saat bertengger, bentuk kaki agak melebar

Burung emprit jepang sering kali juga di manfaatkan para peternak burung kenari sebagai burung babuan. Sebab burung emprit ini sangat baik menjadi pengasuh burung kenari mulai dari saat meloloh serta merawat anakan.

Hal ini dilakukan oleh para peternak burung kenari jika kenari yang di ternak tidak mau mengeram telurnya dan tidak mau meloloh anaknya. Caranya pun sangat mudah jika burung emprit jepang sudah mengeram, telur burung kenari atau burung blackthroat dapat di satukan ke sangkar burung emprit.

Nah, sangat menguntungkan bukan selain mendapat anakan dapat pula dimanfaatkan sebagai burung babuan. Semoga postingan kali ini dapat bermanfaat bagi yang ingin beternak burung emprit jepang ini.

Terima kasih dan salam sukses selalu.

Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Burung Emprit Jepang Jantan dan Betina Dengan Mudah"