Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda Tanda Pleci Mabung Di luar Waktunya dan Perawatannya

Tanda Pleci Mabung diluar Waktunya, purwomp.com - Dalam kurun waktu tertentu burung pleci akan mengalami yang namanya mabung atau ganti bulu. Akan tetapi terkadang belum waktunya mabung pleci tersebut mengalami rontok bulu yang tak kunjung selesai atau tuntas. Jika kita sebagai perawatnya akan mengalami stres atau bingung karena rontok bulu tersebut performa burung tentunya akan menurun.

Perubahan perawatan serta pakan dan juga cuaca yang tidak menentu akan cenderung membuat pleci mabung di luar waktunya. Pemberian buah buahan juga akan membuat fungsi biologisnya akan normal atau sebaliknya akan terganggu sehingga pleci mabung sebelum waktunya tiba.


Pleci yang mengalami rontok bulu aktivitasnya hanyalah diam dan merapikan bulu saja. Untuk mengeluarkan kicauannya malas itulah yang membuat kebingungan si empunya. Bila hal itu terjadi dengan burung pleci kesayangan anda maka yang di perhatikan adalah kita harus mengetahui tanda tanda pleci mabung diluar waktunya.

Berikut ini akan saya sampaikan tentang Tanda Tanda Pleci Mabung Di luar Waktunya dan Perawatannya.

Tanda Tanda Pleci Mabung di Luar Waktunya



  1. Pleci sering diam dan selalu mengembangkan bulu bulunya
  2. Tubuh pleci terlihat gemuk dan telihat lebih besar dari biasanya
  3. Setiap hari ada saja bulu halus yang jatuh
  4. Tumbuh bulu bulu jarum berwarna putih, biasanya tampak di sekitar leher dan atas kepala

Jika tanda tanda di atas mulai muncul maka perhatikan pakan, extra fooding, buah dan jua air minum yang selalu bersih.

Perawatan Burung Pleci Mabung di Luar Waktunya


  1. Berikan buah seperti buah pepaya, semangka dan juga sayur oyong / cememes / gambas. Untuk buah pepaya berikan selalu karena buah pepaya mudah di cerna oleh pleci anda dan buah pepaya banyak mengandung vitamin C yang akan meningkatkan daya tahan tubuh burung pleci kesayangan anda.
  2. Setiap hari ganti air minumnya dengan air bersih
  3. Kerodong sangkar separo saja, jika sudah 4 - 5 hari maka sedikit demi sedikit angkat kerodong sepenuhnya bila pleci sudah selesai masa mabungnya.
  4. Pada masa mabung ini pleci tetap di mandikan, karena akan mempercepat masa mabungnya selesai
  5. Tetap berikan makanan tambahan berupa ulat hongkong, yang di berikan ke pleci yang berwarna putih atau yang baru saja selesai ganti kulit
  6. Jangan mempertemukan dulu dengan burung sejenis sebelum masa mabungnya selesai karena akan mengganggu proses mabung dan tidak akan tuntas masa mabung.
  7. Pada waktu mabung hal terbaik yang di lakukan adalah memaster burung pleci karena pada waktu ini waktu yang pas untuk memberikan materi kicauan yang kita inginkan.

Dengan melakukan tips di atas, mabung pada burung pleci akan selesai dalam waktu 1,5 bulan tanpa ada gangguan. Dan akan membuat bulu bulunya yang baru indah untuk di pandang, kuat serta performa burung lebih meningkat lagi.

Tips di atas semoga bermanfaat bagi para kicau mania atau pleci mania. Salam satu hobi sekian dan terima kasih.


Pencarian Terkait :

berapa lama pleci mabung

cara merawat pleci mabung agar tetap gacor

makanan burung pleci saat mabung

cara merawat pleci mabung biar cepat tuntas

perawatan pleci setelah mabung

bulu sayap pleci rontok

penyebab bulu pleci rontok

pleci mabung gak mau bunyi

Posting Komentar untuk "Tanda Tanda Pleci Mabung Di luar Waktunya dan Perawatannya"