Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rawatan Saat Pleci Mabung Dan Ketahui Step Demi Step Pemulihan Dengan Cepat

Pleci Mabung, purwomp.com - Mabung merupakan pergantian bulu yang di tandai dengan rontoknya bulu lama dan tumbuhnya bulu baru. Burung pleci yang mabung menjadi momok para pemain burung pleci lomba. Dimana burung yang akan di ikutkan lomba jika mengalami mabung akan tidak maksimal dalam berkicau di gantangan.

Burung pleci yang sedang mengalami mabung akan cenderung diam serta malas untuk berkicau. Hal ini di karenakan burung pleci yang mabung, diibaratkan sedang sakit. Jadi mau ngapa ngapain tetap malas dan inginnya beristirahat.

Untuk itu kita sebagai perawat burung pleci setiap harinya harus mengetahui ciri ciri pleci yang sedang mabung. Sedangkan proses mabung ini berlangsung sekitar 1,5 bulan jika lebih dari itu pleci anda mengalami masalah serius dengan rawatan yang anda lakukan.


Untuk mengenali burng pleci yang sedang mabung berikut saya sampaikan beberapa ciri yang dapat anda ketahui agar anda tahu kondisi burung pleci kesayangan anda.

  1. Burung pleci akan banyak minum yang di akibatkan dehidrasi yang tinggi
  2. Burung pleci malas untuk berkicau seperti biasanya
  3. Bulu burung pleci banyak yang rontok baik bulu halus maaupun bulu yang besar
  4. Mental burung pleci down dengan di tandai jika mendengar suara burung lain akan takut
  5. Burung pleci akan lebih banyak diam di tangkringan dengan bulu yang mengembang
  6. Burung pleci jarang mandi walau air di ganti setiap hari

Fase mabung pada burung di bedakan menjadi dua yakni :


  1. Moulting artinya pergantian bulu dari bulu anakan / piyik dengan bulu burung dewasa
  2. Mabung artinya pergantian bulu setelah moulting yang terjadi sekitar 6 - 1 tahun sekali

Burung pleci melakukan mabung adalah untuk mengganti bulu yang sudah tua atau lama dengan yang baru agar kelihatan bagus dan rapi. Serta dapat meningkatkan performa burung saat berkicau yang di tandai dengan semakin gacor saat berkicau di banding sebelumnya. Semakin tua, burung akan semakin memiliki mental yang bagus dan semakin matang dalam berkicau.

Jika proses mabung berjalan dengan baik dan lancar akan membuat burung lebih agresif jika bertemu burung lainnya karena memiliki mental yang bagus. Sebab, di alam liarnya burung pleci yang sudah memiliki umur yang cukup tua akan dapat menjadi pleci raja di kawanannya atau koloninya.

Dalam merawat pleci yang sedang mabung agar cepat selesai sangat di perlukan, semakin cepat selesai masa mabung burung pleci akan semakin bagus. Untuk merawat burung pleci yang mabung sangat mudah yang penting tercukupinya nutrisi pada burung pleci saat mabung.

Secara umum burung pleci mabung perlu perawatan khusus yakni dengan cara sebagai berikut :

Rawatan Saat Pleci Mabung Dan Ketahui Step Demi Step Pemulihan Dengan Cepat


1. Pakan


Di saat burung pleci mabung atau sedang rontok bulu maka berikan pakan yang berkualitas tinggi, agar nutrisi dalam tubuhnya tetap terjaga. Sebab, burung yang mengalami mabung akan banyak memerlukan nutrisi dalam perontokan maupun pertumbuhan bulu tersebut. Untuk pakan sendiri berikan voer yang banyak mengandung nutrisi dan protein tinggi.

Untuk pakan tambahan atau extra fooding berikan ulat kandang 2 kali lipat seperti hari hari biasanya serta berikan kroto minimal 2 kali dalam seminggu. Berikan juga buah buahan yang di sukai oleh burung pleci kesayangan anda.

2. Pemandian dan penjemuran


Pada waktu burung pleci mengalami mabung maka hentikan dulu rutinitas mandi dan jemur untuk sementara waktu agar masa mabung tidak terganggu. Karena pada masa mabung burung pleci jarang sekali mandi dan tidak suka dengan sinar matahari.

3. Kondisi Lingkungan


Lingkungan, pada saat pleci mabung juga di perlukan karena burung pleci yang sedang mabung membutuhkan suasana lingkungan yang tenang dan nyaman. Jika perlu saat burung pleci kesayangan anda mabung maka sendirikan dulu dengan burung lainnya agar masa mabungnya tidak terganggu.

4. Mastering


Pada kondisi burung pleci mabung, waktu inilah yang paling baik untuk memaster pleci agar memiliki kicauan yang banyak variasi. Pada saat mabung pleci lebih sering berdiam diri tidak seperti waktu sebelum mabung. Berikan suara masteran yang cocok untuk karakter kicauan burung pleci di antarnya suara burung kenari, burung gelatik, ciblek ngebrem dan suara yang memiliki jeda rapat lainnya.

Burung pleci yang mabung memiliki 3 fase yang akan di alami oleh burung tersebut yakni sebagai berikut :


1. Fase Perontokkan Bulu


Pada fase ini burung pleci jangan di mandikan dan di jemur dahulu, dan full krodong baik siang maupun malam hari. Berikan pakan voer yang untk pakan ayam karena voer ini di percaya mempercepat proses perontokkan bulu pada burung pleci. Pada fase ini taruh burung di tempat yang teduh yang terhindar dari sinar matahari. Pada dasar kandang berikan daun pandang atau kulit jeruk agar dalam kandang tidak berbau.

Pada waktu burung pleci yang seharusnya sudah mengalami mabung akan tetapi tak kunjng mabung maka kita dapat merontokkan bulu yang sudah tua atau kusam secara paksa. Caranya adalah sebagai berikut :

Semprot burung pleci dengan air yang di campur dengan shampo burung atau dengan campuran air rinso cara ini sedikit ekstrim yang penting saat menyemprot jangan sampai kena mata dan hidung. Setelah di semprot basah kuyup burung lansung di kerodong dan jemur sebentar. Cara ini akan sedikit menyebabkan burung pleci stres akan tetapi dapat kita atasi setelah burung selesai mabung.

2. Fase Pertumbuhan Bulu


Pada fase ini burung sudah dapat di mandikan serta di jemur, namun mandikan burung jangan sampai basah kuyup atau biarkan burung madi sendiri. Untuk penjemuran sendiri usahan dengan durasi sebentar saja. Pada fase pertumbuhan bulu ini burung pleci sangat memerlukan banyak sekali protein dan nutrisi. Maka dari itu berikan pakan yang banyak mengandung protein dan nutrisi tinggi serta berikan vitamin dan kalsium.

Pada fase ini juga berikan extra fooding seperti ulat kandang dan buah buahan untuk memenuhi nutrisi dan kalsium yang terbuang saat masa perontokan bulu.


3. Fase Pemulihan Stamina dan Mental Burung


Untuk memulihkan stamina serta mental burung pleci pasca mabung di perlukan waktu sekitar 3 bulan. Pada fase ini bulu burung pleci sudah tumbuh secara total dan dapat di rawat seperti biasa sebelum masa mabung. Setelah masa mabung selesai burung pleci akan mengalami kegemukan akibat dari pemberian pakan yang berlebihan dari biasanya. Untuk mengembalikan burung pleci seperti biasanya langkah yang dapat di lakukan adalah sebagai berikut :

  • Umbar burung pada kandang yang lebih besar dari kandang yang di pakai harian, lakukan 3 kali setelah masa mabung
  • Kembalikan rawatan harian seperti semula sebelum masa mabung
  • Jangan mempertemukan burung pleci pasca mabung dengan burung sejenis dalam waktu 3 bulan ini

Nah, itulah ke-3 fase yang di alami burung pleci mabung, untuk itu perlu di perhatikan oleh kicau mania. Dan berikan rawatan secara ekstra kepada burung pleci kesayangan anda agar mabungnya selesai dengan baik dan mendapatkan mental pleci yang lebih baik dari sebelumnya.

Pada saat burung pleci mengalami mabung belum tentu akan selalu baik prosesnya, ada juga kendala kendala atau penggangu yang harus kita ketahui. Kendala atau pengganggu burung pleci di saat mabung itu disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut ini :

  1. Penyakit, Penyakit yang sering menghinggapi saat burung mabung adalah jenis penyakit yang mengganggu pertumbuhan bulu. Penyakit yang di sebabkan oleh virus circovirus dan polyoma merupakan virus yang menyebabkan sulitnya burung memproduksi bulu. 
  2. Gizi Buruk, Saat burung mabung itu memerlukan gizi yang cukup atau lebih namun sebaliknya jika gizi tersebut kurang, maka akan mengakibatkan bulu mudah rusak, bulu yang tumbuh keriting, serta terlihat kusam dan sebagainya.
  3. Penjemuran, disaat burrung pleci mabung dan saat tumbuh bulu jangan di jemur dahulu karena dapat menyebabkan bulu yang tumbuh akan terlihat keritng serta tidak dapat tumbuh dengan sempurna.
  4. Kimiawi, hindari kimiawi yang biasanya di gunakan untuk membasmi cacing pada burung merpati. Sebab, kimia ini dapat menyebabkan bulu yang yang tumbuh melintir atau terlipat jika di berikan saat burung baru mabung.
  5. Stres, stres yang terjadi pada burung mabung juga menyebabkan bulu yang tumbuh tidak sempurna dan baik. Stres terjadi akibat dari linkungan dan perawatan yang tidak sesuai.

Demikianlah Rawatan Saat Pleci Mabung Dan Ketahui Step Demi Step Pemulihan Dengan Cepat yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan psotingan ini dapat memberikan manfaat bagi para kicau mania kususnya pleman di seluruh nusantara ini. 

Jika anda suka dengan postingan ini anda dapat share ke sosial media anda agar teman teman sesama penghobi burung pleci tahu. Cara share nya cukup mudah anda cukup klik satu kali saja pada simbol sosmed di bawah postingan ini. 

Cukup sekian dulu, sayangi burung pleci anda ibarat anda menyanyangi diri sendiri agar burung pleci yang anda rawat memberikan kicauan yang terbaik untuk anda. Terima kasih dan tunggu postingan berikutnya.




Pencarian Terkait :

rawatan pleci mabung
perawatan pleci mabung
merawat pleci mabung
perawatan pleci mabung nyulam
perawatan pleci mabung agar cepat selesai
perawatan pleci mabung biar cepat selesai
perawatan pleci mabung biar gacor
perawatan pleci mabung om kicau
perawatan pleci mabung pcmi
perawatan pleci mabung total
perawatan pleci mabung yang benar

Posting Komentar untuk "Rawatan Saat Pleci Mabung Dan Ketahui Step Demi Step Pemulihan Dengan Cepat"