Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LANGKAH AWAL DALAM TERNAK BURUNG LOVEBIRD

LANGKAH AWAL DALAM TERNAK BURUNG LOVEBIRD -- Halo, sobat kicau mania se-antero Nusantara. Bagaimana dengan peliharaan burung sobat kicau mania semua? mimin do'akan semoga burung peliharaannya sehat semua, Amiin. Bagi para kicau mania yang baru ingin memulai beternak / breding burung lovebird jangan takut dengan ini itu atau penyakit apapun semua itu ada solusinya.



Disini mimin cuma mau men-share pengalaman mimin dalam beternak dari awal ternak hingga sekarang. Sedangkan para sobat kicau mania semua yang baru memulai beternak burung lovebird dan masih bingung apa saja sih yang harus dipersiapkan dalam beternak burung lovebird itu? Oke, mimin ingin menguraikan satu persatu "LANGKAH AWAL DALAM TERNAK BURUNG LOVEBIRD"

1. Kandang
    Kandang itu sangat penting karena menentukan keberhasilan dalam beternak. Yang jelas yang harus diperhatikan adalah ukuran kandang tersebut. Berapa sih ukuran kandang ternak yang ideal? disini mimin cuma menjelaskan cara ternak sistem baterai. Ukuran ideal kandang ternak lovebird sistem baterai adalah lebar 40 panjang 80 dan tinggi 50/60 yang penting burung bisa leluansa dalam kandang kalau sobat punya ide sendiri silahkan diapresiasikan sendiri.

2. Memilih Jenis Kelamin Burung Love bird
    Jangan keliru dalam memilih jenis kelamin burung lovebird karena memang sulit dalam menentukan jenis kelamin burung lovebird. Belum tentu lovebird yang sudah jodoh itu jantan betina bisa jadi jantan x jantan atau betina x betina ini sering mimin alami dulu waktu awal mulai ternak. Cara termudah adalah dengan cara beberapa burung lovebird ditaruh dalam kandang besar jadikan satu nanti mencari jodohnya sendiri. Mimin sampai sekarang kalau menentukan jenis kelamin jantan betina dengan cara berikut.

3. Tujuan Ternak
     Yang dimaksud disini adalah tujuan kita ternak itu mau cari warna atau ngekeknya. jadi bisa ditentukan sejak awal agar tidak bingung dikemudian hari. Kalau tujuan mencari warna maka carilah indukan burung lovebird yang mempunyai warna yang bagus bagus. Tapi kalau ingin mencari kekekannya maka cari indukan yang bersuara ngekek panjang baik jantan maupun betina.

4. Mengawinkan Burung Lovebird
    umur ideal untuk burung lovebird yang baik untuk diternak yaitu pada usia-usia produktif. Umur produktif untuk burung lovebird jantan adalah usia 8 bulan sedangkan betina usia 1 tahunan.

5. Makanan Waktu Meloloh
    Kalau makanan silahkan pilih sendiri mana yang baik bagi ternak sobat semua. Kalau pengalaman mimin Baca saja  Cepat Besar dan Gemuk Tanpa Sayuran Burung Love Bird Waktu Meloloh

Inilah pengalaman mimin yang mimin tuangkan dalam artikel ini semoga bisa membantu para sobat kicau mania yang ingin memulai beternak burung lovebird. Jika suka jangan lupa share keteman teman lainnya. terima kasih

Posting Komentar untuk "LANGKAH AWAL DALAM TERNAK BURUNG LOVEBIRD"