Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara membuat magnet buatan

Budi diminta untuk membuatkan magnet buatan dengan alat-alat yang telah disediakan Pak Andi. Bahan-bahan tersebut berupa seutas kabel, sebuah paku panjang 15 cm, tiga buah paku triplek, sebuah baterai, satu batang magnet, dan satu batang besi. Dari bahan-bahan tersebut, cobalah bantu Budi untuk menjelaskan tiga cara membuat magnet buatan beserta gambarnya seperti yang diminta Pak Andi!


Jawaban:

a. Cara induksi, yaitu dengan cara menempelkan benda-benda yang bersifat logam dengan dengan magnet sehingga benda yang bersifat logam tersebut dapat menarik benda-benda. Kutub-kutub yang dihasilkan berlawanan dengan kutub utama yang berdekatan.

b. Cara gosokan/menggosok, yaitu cara menggosokkan benda logam dengan magnet dalam satu arah lurus. Kutub yang dihasilkan dari cara gosokkan adalah ujung logam yang ditinggalkan magnet menjadi kutub magnet yang berlawanan dari kutub magnet yang meninggalkan.

c. Memberi aliran listrik, yaitu dengan melilitkan kabel yang beraliran listrik. Arah kutub pada magnet ini adalah dengan bantuan genggaman tangan. Keempat jari menandakan arah arus listrik (arah arus listrik mengalir dari kutub positif menuju ke kutub positif pada baterai), sedangkan ibu jari menunjukkan kutub utara pada paku












===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com