Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa saja yang termasuk dalam unsur ekstrinsik cerpen

Apa saja yang termasuk dalam unsur ekstrinsik cerpen? Jelaskan!


Jawaban :

Unsur ekstrinsik adalah unsur pembangun cerita yang berada di luar karya sastra tersebut. Meskipun tidak berasal dari dalam cerita, unsur ini secara tidak langsung mempengaruhi proses pembuatan suatu cerpen. Unsur ekstrinsik terdiri atas latar belakang masyarakat, latar belakang penulis, dan nilai yang terkandung di dalam cerpen.

a. Latar belakang masyarakat Latar belakang masyarakat merupakan faktor lingkungan masyarakat yang mempengaruhi penulis dalam membuat cerpen tersebut. Faktor-faktor tersebut, antara lain ideologi negara, kondisi politik, sosial, dan ekonomi.

b. Latar belakang penulis Latar belakang penulis adalah sebuah faktor dari dalam diri penulis yang mendorong penulis dalam membuat cerpen. Latar belakang ini terdiri atas beberapa faktor, antara lain riwayat hidup penulis, kondisi psikologis, dan aliran sastra penulis.

c. Nilai yang terkandung di dalam cerpen Ada beberapa nilai-nilai dalam cerpen yang mempengaruhi proses terbentuknya cerpen. Nilai-nilai tersebut, antara lain nilai agama, sosial, moral, dan budaya.










===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com