Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RPP 1 Lembar PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 1 SD MI Semester 1

Selamat datang di blog purwomp.com blog yang dibuat sebagai jendela informasi kita. Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi yaitu RPP 1 Lembar PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 1 SD MI Semester 1 Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2021 2022.

rpp 1 lembar pai kelas 1 semester 1

Mengapa kok RPP dibuat dengan 1 lembar atau satu halaman? Karena ini sesuai dengan intruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang pada Surat Edaran Tahun 2019 lalu. Pada SE TH. 2019 Nomer 14 yang isinya yakni menyederhanakan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) menjadi 1 lembar.

Sebelum adanya SE tersebut bapak dan ibu guru dalam membuat RPP dalam 1 pembelajaran membutuhkan beberapa lembar kertas dalam membuatnya. Sehingga membutuhkan banyak biaya, waktu serta tenaga.

Download RPP 1 Lembar PAI Kelas 1 SD Semester 1 Kurikulum 2013

RPP sebelum ini kita dalam pembuatannnya membutuhkan 13 komponen yang harus ada pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tersebut. Namun, saat ini atau RPP 1 lembar ini hanya mencakup 3 komponen saja.

Ketiga komponen yang harus ada pada RPP 1 lembar itu apa saja? Ya, 3 komponen tersebut adalah Tujuan Pembelajaran, Langkah langkah Pembelajaran dan Penilaian (Assesmen). Dari ketiga komponen tersebut bisa anda ketahui sebagai berikut:

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.

Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)

Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhanaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

RPP 1 lembar PAI (Pendidikan Agama Islam) bagi kelas 1 SD semester ganjil K13 ini dikembangkan dari silabus agar dalam pembelajaran terarah dan mencapai Kompetensi Dasar secara efektif. Penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar ini sudah sesuai dengan pertimbangan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien sendiri memiliki arti yakni dalam penulisan RPP dapat dilakukan secara tepat dan tidak memakan banyak waktu, biaya, dan tenaga yang dikeluarkan. Efektif memiliki arti dalam penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan berorientasi pada peserta didik adalah dalam penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan peserta didik di kelas.

Jika bapak dan ibu guru mapel Agama Islam membutuhkan file RPP 1 lembar untuk kelas 1 Semester 1 ini bisa download pada link berikut ini:

RPP 1 Lembar PAI Kelas 1 Semester 1

Bapak ibu guru dapat mengeditnya sendiri disesuaikan dengan sekolah masing-masing karena file yang kami bagi berupa .docx yang begitu mudah diedit dengan Microsoft Word yang ada di komputer atau laptop anda.

Demikian Download RPP 1 Lembar PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas 1 SD MI Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2020 Tahun Ajaran 2021 2022 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.










===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com