Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit yang menyerang tanaman padi

Penyakit yang menyerang tanaman padi, sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman dan menyebabkan kekerdilan. Penyebab penyakit ini adalah virus....

A. TMV

B. TYLCV 

C. Tungro

D. TYM

E. BGM


Jawaban: C. Tungro

- Mosaik adalah penyakit yang menyerang tanaman tembakau, kacang tanah, pepaya, cabai, tomat, kentang, dan beberapa jenis labu. Penyakit ini disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus). 

- Tungro adalah penyakit yang menyerang tanaman padi, sehingga mengganggu pertumbuhan tanaman dan menyebabkan kekerdilan. 

- Penyakit TYLC (Tomato Yellow Leaf Curl) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus TYLCV (TomatobYellow Leaf Curl Virus). Penyakit ini menyebabkan daun tanaman tomat menguning dan menggulung sehingga menurunkan hasil panen.

- Penyakit TYM (Turnip Yellow Mosaic) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus TYMV (Turnip YellowMosaic Virus). Penyakit ini menyebabkan daun tembakau, kapas, dan lobak menggulung.

- Penyakit BGM (Bean Golden Mosaic) adalah penyakit yang menyebabkan menguningnya daun pada tanaman tomat dan cabai. Penyakit ini disebabkan oleh virus Begomovirus (Bean Golden Mosaic Virus).








===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com











===========***===========


Semoga Bermanfaat

Jangan Lupa Share, Komentar, dan Berikan Kritik Sarannya

Sekian Terima Kasih

By: purwomp.com