Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Burung Cendet Agar Gacor

Cara Merawat Burung Cendet Agar Gacor - Burung cendet sering disebut juga dengan burung pentet, atau toet. Burung ini memiliki karakter yang sangat pandai menirukan suara hewan lain maupun burung lain jenis.

Cara Merawat Burung Cendet Agar Gacor

Dalam merawat burung cendet ini jika salah akan mengakibatkan burung ini sulit untuk berkicau atau malah sering ngeyek / mbayi minta loloh. Akan tetapi jika dirawat dengan tepat akan selalu berkicau apalagi bertemu dengan orang asing yang tidak sering dilihatnya akan tambah gacor.

Walaupun perawatannya sulit bukan berarti tidak ada tips cara merawat cendet dengan baik biar gacor. Merawat burung pentet ini membutuhkan kesabaran dan ketelatenan bagi yang memeliharanya. Burung ini juga memiliki karakter yang perlu diketahui oleh para kicau mania khusunya penghobi cendet.

Baca Juga : Cara Bedakan Burung Cendet Anakan Jantan dan Betina

Untuk mengetahui karakter dan perawatan yang baik agar burung cendet gacor maka akan kami sampaikan perawatan tersebut berdasarkan pengalaman admin dalam merawat burung pentet selama ini.

Cara Merawat Burung Cendet Agar Gacor

Burung cendet ini memiliki karakter yang garang, galak, dan suka mematuk. Jika burung ini lapar, dia akan agresif untuk menyerang yang dekat dengannya. Walau demikian burung ini mudah sekali jinak pada manusia. Burung pentet merupakan burung petarung sejati, dia selalu mempertahan daerah teritorialnya.

Dengan begitu burung ini dalam merawatnya tidak semudah yang kita bayangkan. Perawatan harian, lomba, mabung, pasca lomba pastinya berbeda. Untuk secara umum perawatannya sebagai berikut:

1. Memilih Pakan Yang Sesuai

Untuk pakan yang diberikan burung cendet ada dua jenis yaitu Voer dan EF (Extra Foding). Voer yang diberikan ke burung pentet bukan harus yang mahal harganya. Belum tentu harga mahal cocok untuk cendet.

Voer yang cocok untuk burung cendet adalah yang mengandung protein antara 12% hingga 18%. Sobat kicau mania dalam pemberian voer dapat memakai voer pakan ikan lele, akan tetapi voer tersebut proteinnya terlalu tinggi jadi untuk jangka panjang kurang bagus untuk pertumbuhan burungnya.

Voer yang sudah cocok dengan burung cendet rawatan kita itu ditandai dengan kotoran yang padat serta tidak banyak mengeluarkan sepah / sisa pakan lewat paruhnya. Banyak kita jumpai merk voer sekarang yang khusus untuk burung cendet di kios-kios burung.

Sedangkan untuk EF (Extra Fooding) sendiri kita dapat memberikannya berupa hewan-hewan kecil seperti belalang, jangkrik, orong-orong, ulat pisang, ulat bambu, ulat balap, ulat hongkong (UH), kroto, cacing, kelabang, dan lain sebagainya.

2. Perawatan Harian

Untuk perawatan harian agar burung cendet sehat dan mau berkicau setiap hari bisa mengikuti seperti perawatan di bawah ini:

  1. Setiap pagi (subuh) burung diembunkan agar dapat menghirup udara pagi yang sejuk.
  2. Sekitar jam 7 pagi bisa dimandikan dengan cara semprot atau mandi sendiri (sesuai kebiasaan burung)
  3. Setelah mandi berikan EF berupa jangkrik 2 - 5 ekor saja, berikan langsung ke wadah pakan jangan berikan pakai tangan secara langsung.
  4. Jemur burung cendet sekitar 2 - 3 jam, saat menjemur burung jangan sampai melihat burung sejenis
  5. Setelah jemur burung cendet diangin-anginkan kurang lebih 10 menit di teras rumah sebelu dikerodong
  6. Pada saat pengerodongan burung dapat diberikan masteran
  7. Sore hari jika cuaca panas keluarkan burung lagi dan berikan EF lagi berupa jangkrik 2 - 3 ekor.
  8. Pukul 5 sore burung dapat dikerodong lagi dan sambil didengarkan masteran sampai pagi
  9. Seminggu 2X berikan kroto
  10. Selalu bersihkan sangkar agar burung merasa nyaman dikandang

3. Perawatan saat OB (Over Birahi)

Burung cendet sangat mudah sekali birahinya naik, sehingga akan cepat sekali mengalami over birahi. Burung pentet yang mengalami OB akan memiliki tingkah laku yang tidak biasa yaitu sering salto untuk mengatasi cendet seing salto bisa KLIK DISINI, galak, sering ngejar tangan / orang yang lewat. Hal ini jangan dibiarkan karena akan mempengaruhi kicauannya. Untuk itu perlu segera kita atasi seperti perawatan berikut ini :

  1. Mandikan burung cendet lebih sering yakni pagi, siang, dan sore
  2. Kurangi EF untuk pagi dan sore hari
  3. Kurangi penjemuran di terik matahari
  4. Mandikan di malam hari
  5. Berikan cacing 2X dalam seminggu
  6. Kerodong

4. Perawatan Pasca Lomba

Setelah burng cendet dilombakan maka ada perlakuan khusu agar burung tidak drop saat ketemu burung lainnya. Untuk itu kami akan memberikan rawatan burung pentet pasca lomba sebagai berikut:

  1. Setelah lomba mandikan burung sampai basah kuyup
  2. Biarkan sampai bulu-bulunya kering
  3. Berikan EF berupa jangkrik 3 - 5 ekor
  4. Kerodong burung hingga keesokan harinya agar burung istirahat
  5. Keesokan harinya burung dirawat dengan rawatan harian seperti semula
  6. Berikan multivitamin atau suplemen agar stamina burung cepat pulih

Nah, begitulah cara merawat burung cendet agar tetap gacor yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan membantu kalian para kicau mania dalam merawat burung cendet.

Inti dari perawatan burung pentet agar gacor adalah jangan merubah pola rawatan harian agar burung selalu tetap gacor dan cendet sering di kerodong.