Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cepat Buat Burung Prenjak Ombyokan Gacor

Cara Cepat Buat Burung Prenjak Ombyokan Gacor - Siapa sih yang belum tahu burung kecil mungil yang kepalanya berwarna merah? Bagi seorang kicau mania burung prenjak ini tidak asing lagi. Ya burung kecil yang sering kita jumpai ada di sekitar rumah kita.

burung prenjak ombyokan

Burung prenjak ada beberapa jenis diantaranya burung prenjak tamu, prenjak klawu, prenjak pyeng, atas, bawah, prenjak kepala merah, prenjak lumut dan lain lain. Walau memiliki tubuh yang mungil, burung ini memiliki kicauan yang keras dan melengking.

Burung prenjak hidupnya tidak berkoloni seperti burung koloni lainnya melainkan burung ini berkarakter teritorial artinya hanya menempati daerah itu saja. Jika ada burung prenjak lain yang datang ke tempat teritorialnya maka burung ini akan mengusirnya.

Burung prenjak tamu masih banyak kita temui di kampung-kampung. Mitos dari prenjak tamu adalah jika burung ini berkicau di depan rumah maka yang punya rumah akan kedatangan tamu agung.

Nah, itulah sedikit cerita dari burung prenjak yang kita kenal selama ini. Kurang lebinya seperti itu jika ada yang kurang dapat kalian tambahi pada kolom komentar.

Saatnya kita bahas sesuai judul yaitu Cara cepat membuat burung prenjak ombyokan gacor atau tepatnya mau berkicau/bunyi. 

Langkah awal yang perlu kita lakukan saat membeli burung prenjak ombyokan adalah menentukan pilihan kita, mau pilih yang betina atau yang jantan. Karena dari kedua burung prenjak jantan dan betina rawatannya sama saja. Jika belum tahu ciri prenjak jantan dan betina dapat klik link ini ciri prenjak jantan dan betina dewasa.

Tips dalam membeli burung prenjak ombyokan yang bagus adalah pilih burung yang lincah dan selalu mencari makan yang ada dikandang serta tidak kelabakan saat kita dekati atau dalam meloncat tidak menabrak kandang.

Setelah membeli yang kita tentukan seperti tips di atas saatnya merawat burung prenjak saat sampai rumah. Taruh burung di kandang yang agak besar dan berikan pakan berupa ulat kandang atau ulat hongkong dan berikan air dalam wadah.

Kemudian burung prenjak taruh di tempat yang sepi dulu, hal ini untuk menghindari burung stres saat kita bawa dari kios ke rumah. Lalu kita awasi burung itu mau makan atau tidak, jika sudah mau makan pakan yang kita berikan dalam wadah saatnya kita rawat agar burung mau makan voer.

Jika belum tahu caranya merawat burung prenjak ombyokan cepat makan voer anda dapat mengetahuinya pada artikel ini Cara cepat burung prenjak makan voer. Kenapa burung prenjak harus makan voer? karena untuk menghindari saat ulat yang kita berikan habis ada makanan cadangan yakni voer tersebut.

Burung prenjak yang baru kita beli jangan langsung kita mandikan, hal ini justru akan membuat burung mati. Untuk mandi biarkan dulu dengan sendiri tetapi setelah sudah mapan barulah kita dapat memandikan dengan disemprot.

Burung prenjak yang sudah mau makan voer kemudian burung itu kita tempatkan pada tempat yang biasa dilewati orang. Ini dilakukan agar burung mapan tidak takut dengan manusia yang ada disekitarnya.

Bila sudah begitu burung akan merasa nyaman dan pastinya akan melepaskan kicauannya. Burung yang sudah merasa nyaman dan tidak takut lagi dengan manusia pasti akan berkicau.

Untuk pakan anda dapat memberikan setiap hari ulat kandang dan berikan ulat hongkong 2 atau 3 ekor pagi dan sore. Untuk kroto berikan seminggu sekali saja.

Cara Cepat Buat Burung Prenjak Ombyokan Gacor

Untuk membuat burung prenjak gacor ada tahapan-tahapan dalam perawatannya. Mulai dari pengembunan, mandi, dan pemberian pakan harian dan EF nya. Jinak juga menjadi salah satu faktor burung menjadi gacor.

Untuk lebih detailnya rawatan harian agar burung prenjak ombyokan cepat gacor seperti berikut ini:

  1. Embunkan burung pagi hari setelah subuh
  2. Jam 7 pagi mandikan burung baik mandi sendiri atau semprot sesuai kebiasaan.
  3. Setelah mandi berikan EF berupa ulat kandang dan ulat hongkong
  4. Panaskan sampai pukul 9 atau 10 pagi
  5. Angin-anginkan di teras 10 menit
  6. Lalu kerodong burung
  7. Jam 3 sore keluarkan lalu panaskan
  8. Jam 4 berikan ulat kandang dan ulat hongkong
  9. Kerodong lagi sampai pagi
  10. Seminggu sekali dapat di ajak jalan-jalan ke pasar atau kebun untuk melihat burung prenjak lainnya untuk menaikkan birahi.

Nah, itulah cara membuat burung prenjak ombyokan agar cepat gacor. Rawatlah burung sesuai dengan rawatan harian agar burung selalu berkicau setiap harinya.

Semoga postingan di atas bermanfaat buat para kicau mania yang hobi pelihara burung prenjak. Bagi pemula yang ingin pelihara burung prenjak dapat melakukannya sesuai yang kami tulis di atas.