Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal UKK/PAT Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013

Soal dan Kunci Jawaban UKK/PAT Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Tahun 2021 - Pada kesempatan kali ini admin ingin bagikan contoh soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) atau Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik Kelas 6 SD/MI pada Semester Genap K13 yang dilengkapi dengan Kunci Jawaban.

soal ukk pat bahasa indonesia kelas 6 sd semester 2

Persiapan yang matang atau baik sebelum menghadapi UKK / PAT ataupun kelulusan bagi kelas 6 adalah sangatlah dibutuhkan agar mendapatkan nilai yang bagus untuk dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Selain itu adik-adik jika ada persiapan dari diri sendiri nantinya dapat mengerjakan soal-soal pada ulangan yang sesungguhnya dapat mengerjakan dengan mudah.

Berikut kami sampaikan Contoh Soal dan Kunci Jawaban UKK / PAT Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2 Genap Kurikulum 2013 seperti di bawah ini. Untuk kunci jawaban dari soal di bawah kami sembunyikan pada google drive agar adik-adik belajar secara mandiri terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban yang benar.

Soal dan Kunci Jawaban UKK/PAT Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013

*Soal Pilihan Ganda BI

I. Berilah Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d untuk jawaban yang paling benar!

1. Tasya mewakili teman-teman kelas 6, menyampaikan “Hari ini kita berkumpul untuk merayakan perpisahan. Pertama-tama, saya berterima kasih kepada para guru yang telah mengajar, membimbing, dan mengajarkan ilmunya dalam enam tahun terakhir. Semoga Allah selalu menghargai jasa bapak dan ibu guru sekalian.”

Pembicara pada pidato di atas adalah ....

a. Tasya
b. guru
c. wali siswa
d. kelas 6

2. “Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih bisa memperingati dan memaknai Hari Anak Nasional tahun ini.”

Penggalan pidato di atas merupakan bagian ... pidato.

a. salam
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup

3. “Semoga kita dapat menjaga hasil jerih payah perjuangan Ibu Kartini dan meneruskan perjuangan beliau dalam kehidupan. Sekian pidato dari saya. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan.”

Penggalan pidato di atas merupakan bagian ... pidato.

a. salam
b. pendahuluan
c. isi
d. penutup

4. “Saya mengucapkan turut berbela sungkawa atas kepergian beliau. Semoga segala amal ibadah yang beliau lakukan selama hidup dapat diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.”

Pidato di atas disampaikan dalam suasana ....

a. bahagia
b. mengharukan
c. membanggakan
d. berduka

5. Bagian pidato yang berisikan pembahasan topik secara lengkap, dengan kalimat ajakan untuk mengajak pendengar melakukan sesuatu disebut ....

a. pendahuluan
b. inti
c. penutup
d. keterangan

6. Bagian pidato yang berisi kalimat sapaan, seperti selamat pagi, selamat siang, selamat malam, dan sebagainya termasuk dalam bagian ... pidato.

a. salam pembuka
b. pendahuluan
c. inti
d. penutup

7. Penyampaian rangkuman atau intisari topik yang telah disampaikan terdapat pada bagian ....

a. pendahuluan
b. inti
c. penutup
d. salam penutup

8. “Saya telah mengalami dan merasakan sendiri betapa bergunanya persatuan. Sekolah saya adalah sekolah yang murid maupun gurunya berasal dari daerah yang berbeda-beda. Beberapa teman saya adalah anak dari Indonesia Timur. Bahkan kepala sekolah saya, Pak Welly juga berasal dari sana. Kami tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, budaya, dan lainnya. Kami selalu mendukung satu sama lain.”

(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 7: Kepemimpinan, Kemdikbud 2018)

Tema pidato di atas adalah ....

a. musyawarah
b. perbedaan
c. persatuan
d. perjuangan

9. Berikut merupakan tujuan pidato, kecuali ....

a. memberikan pemahaman atau informasi penting yang harus diketahui oleh khalayak
b. meyakinkan pendengar dengan menggunakan cara yang argumentatif
c. agar orang lain merasa senang dengan bahasan yang menghibur atau rekreatif
d. memberikan pengaruh agar orang lain tidak bersedia mengikuti kemauan orator

10. Metode penyampaian pidato tanpa persiapan naskah, catatan kecil, atau menghafal sebelumnya disebut metode ....

a. membaca naskah
b. memoriter
c. spontan
d. ekstemporan

11. Salah satu ciri pidato yang baik adalah ....

a. memiliki tujuan yang jelas dan positif
b. menggunakan bahasa yang penuh makna
c. menggunakan kosakata yang jarang digunakan
d. isi atau materi pidato sangat luas.

12. Kata-kata penting yang mewakili isi atau informasi dari sebuah bacaan disebut .... 

a. kata utama
b. kata kunci
c. kalimat utama
d. ide pokok

13. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam seperti tumbuhan dan hewan serta berbagai hasil olahannya sehingga dapat terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga memiliki lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.

(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera, Kemdikbud 2018)

Kata kunci paragraf di atas adalah ....

a. makhluk hidup
b. tumbuhan dan hewan
c. lubang biopori
d. sampah organik

14. Peduli lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60 telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. Sebuah perbuatan kecil bisa berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di kelas 6 sekolah dasar itu.

(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera, Kemdikbud 2018)

Informasi yang dapat diperoleh dari bacaan berdasarkan kata kunci yaitu ....

a. Peduli lingkungan bisa dilakukan juga oleh anak-anak.
b. Flavian telah mengumpulkan banyak koran bekas dan telepon genggam.
c. Kita semua harus bisa melakukan apa saja untuk menjaga lingkungan.
d. Sebuah perbuatan kecil bisa berdampak besar bagi lingkungan.

15. Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Lawan bicara harus mendengarkan pesan-pesan yang disampaikan pembicara baik berupa kata-kata (verbal) atau bukan kata-kata (non verbal) sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dipahami dengan sempurna.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Pidato)

Judul yang tepat untuk teks di atas yaitu ....

a. Jenis-jenis Pidato
b. Pengertian Pidato
c. Tujuan Pidato
d. Manfaat Pidato

16. Bentuk-bentuk pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya melaksanakan kewajiban membayar pajak dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan upacara bendera. Tertib membayar pajak berarti melaksanakan tanggung jawab sebagai warga negara. Mengikuti kegiatan upacara bendera dengan khidmat berarti mencintai dan menghargai negara. Selain itu pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara juga dapat diwujudkan dengan menjadi pelajar yang rajin, pintar, dan berprestasi sehingga dapat mengharumkan nama bangsa. Melestarikan warisan budaya bangsa dengan lebih mencintai budaya leluhur dan mempertahankannya agar tidak tersingkir oleh budaya asing juga merupakan wujud pelaksanaan tanggung jawab warga negara.

(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 6: Menuju Masyarakat Sejahtera, Kemdikbud 2018)

Gagasan utama paragraf di atas terletak di ... paragraf.

a. awal
b. tengah
c. akhir
d. awal dan akhir

17. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi kehidupan masyarakat. Teknologi industri yang semakin maju dapat melipatgandakan hasil produksi dengan cepat dan dengan kualitas yang tinggi. Selain itu, kemajuan teknologi juga membantu pendistribusian barang hasil produksi sehingga barang dapat tersedia di mana saja dan kapan saja.

(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar, Kemdikbud 2018)

Informasi penting yang dapat diambil dari paragraf di atas yaitu ....

a. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mempengaruhi kehidupan masyarakat.
b. Teknologi industri yang semakin maju dapat melipatgandakan hasil produksi.
c. Kemajuan teknologi membantu pendistribusian barang hasil produksi.
d. Dengan kemajuan teknologi barang dapat tersedia di mana saja dan kapan saja.

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 18 dan 19!

Berdasarkan tujuannya, terdapat dua jenis reklame yaitu reklame komersial dan nonkomersial. Reklame komersial memiliki tujuan untuk mempromosikan suatu produk, barang, jasa, dan sebagainya. Penggunaan reklame ini merupakan hal yang sangat umum dalam bidang bisnis dan ekonomi. Reklame nonkomersial adalah reklame yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berbagai masalah, biasanya dibuat oleh pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Contoh reklame nonkomersial adalah reklame berisi ajakan untuk taat membayar pajak, tertib berlalu lintas, dan larangan membuang sampah sembarangan.

18. Pernyataan berikut sesuai dengan bacaan di atas, kecuali ....

a. Berdasarkan tujuannya terdapat dua jenis reklame.
b. Reklame nonkomersial sangat umum di bidang bisnis dan ekonomi.
c. Reklame nonkomersial biasanya dibuat oleh pemerintah dan LSM.
d. Ajakan untuk tertib membayar pajak adalah contoh reklame nonkomersial.

19. Simpulan yang dapat diambil dari pargraf di atas yaitu ....

a. Reklame komersial memiliki tujuan untuk mempromosikan suatu produk, barang, jasa, dan sebagainya.
b. Penggunaan reklame merupakan hal yang sangat umum dalam bidang bisnis dan ekonomi.
c. Reklame nonkomersial adalah reklame yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat
d. Berdasarkan tujuannya, terdapat dua jenis reklame yaitu reklame komersial dan nonkomersial.

20. Kalimat yang di dalamnya terdapat gagasan utama pada suatu paragraf disebut ....

a. kalimat utama
b. ide pokok
c. kalimat penjelas
d. kalimat pengembang

21. Karangan yang berisi kisah atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang disebut karangan ....

a. realita
b. nonfiksi
c. fakta
d. fiksi

22. Contoh karangan fiksi yaitu ....

a. biografi
b. memoar
c. cerpen
d. jurnal

Bacalah penggalan cerita berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 23, 24, dan 25!

“Deo tadi lomba balap sepeda dengan Arsyad ketika pulang sekolah, Bu. Ketika kami sampai di jalan depan toko kelontong Pak Ahmad, jalanan agak ramai. Lalu, aku melihat di situ ada trotoar yang landai dan sepi. Lalu aku naik dan bersepeda di trotoar itu,” kata Deo sambil menunduk.

“Trotoar? Hmm... Kamu pasti tahu kalau trotoar diperuntukkan untuk pejalan kaki, kan?” tanya ibu.

“Iya, Bu. Saat itu di trotoar terlihat sepi. Jadi tanpa pikir panjang Deo naik ke trotoar itu supaya dapat mendahului Arsyad. Tetapi Deo tidak memperhatikan ada sebuah batu besar di tengah trotoar itu. Tanpa sengaja Deo menabrak batu besar itu dan jatuh terjerembab ke dalam got. Beuntung got itu kering dan dangkal. Arsyad yang berada di belakangku pun segera menolong,” cerita Deo masih dengan wajah menyesal.

(Buku Siswa Kurikulum 2013 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar, Kemdikbud 2018)

23. Tokoh utama cerita di atas adalah ....

a. Deo
b. Ibu
c. Arsyad
d. Pak Ahmad

24. Pelajaran yang dapat diambil oleh tokoh utama dari kejadian yang dialaminya yaitu ....

a. selalu mematuhi dan jangan melawan perintah ibu
b. harus berhati-hati dan mematuhi rambu lalu lintas
c. dengan teman harus saling menolong
d. jangan pernah berbohong pada ibu

25. Pengalaman yang dialami tokoh utama adalah pengalaman yang ....

a. mengharukan
b. menyenangkan
c. menyedihkan
d. membanggakan

26. Tokoh yang memiliki sikap atau karakter baik dalam cerita fiksi disebut ....

a. protagonis
b. antagonis
c. tritagonis
d. figuran

Bacalah penggalan cerita berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 27, 28, dan 29!

Dahulu, ada seorang pencari kayu bakar bernama Dheda. Dia hidup bersama istri dan ketiga anaknya. Mereka keluarga miskin yang tinggal di gubuk sederhana.

Sudah seminggu ini, setiap hari turun hujan. Dheda pun tidak bisa pergi ke hutan mencari kayu bakar.

Istri Dheda berkata, “Suamiku, persediaan makanan kita hampir habis. Di sini, hanya tersisa lima butir kentang. Itu pun tidak cukup untuk makan kita sekeluarga.”

“Aku tahu. Bersabarlah, semoga besok tidak hujan dan aku bisa pergi bekerja. Sisa kentang yang ada biarlah untuk makan anak-anak saja,” kata Dheda.

Menjelang sore, ada seseorang yang mengetuk pintu rumah Dheda. Setelah dibuka, ternyata ada seorang pengemis tua. Dia basah kuyup kehujanan.

“Aku sudah berhari-hari kehujanan. Aku juga kedinginan dan kelaparan. Bolehkah aku minta sedikit makanan?” tanyanya.

Dheda kasihan melihat si pengemis. Tapi, dia juga tidak mempunyai banyak makanan. Setelah berpikir, akhirnya Dheda memberikan sisa makanan yang dia punya.

“Istriku, tolong berikan lima butir kentang itu pada si pengemis. Aku sangat kasihan melihatnya,” kata Dheda.

“Baiklah, aku akan memasaknya dulu,” kata istri Dheda.

Setelah matang, kentang pun dihidangkan. Si pengemis makan empat butir kentang. Kini, kentang yang tersisa tinggal satu. Sebelum pergi dia berpesan, “Jika kalian mau makan, irislah kentang ini menjadi lima. Pasti cukup untuk makan keluargamu.”

Dheda kemudian mengiris kentang itu menjadi lima. Ternyata, kelima irisan kentang itu berubah menjadi lima butir kentang. Jika sebutir kentang diiris lima lagi, maka tiap irisannya akan menjadi lima butir kentang lagi. Begitu seterusnya.

Kini, Dheda dan keluarganya tidak pernah kekurangan makanan lagi. Dheda juga membagi-bagikan kentangnya pada tetangganya.

(dongengceritarakyat.com/cerpen-anak-singkat-dheda-dan-lima-butir-kentang/)

27. Tokoh utama pada cerita di atas adalah ....

a. pengemis tua
b. Dheda
c. istri Dheda
d. anak-anak Dheda

28. Sikap yang paling menonjol dari tokoh utama pada cerita di atas yaitu ....

a. kerja keras
b. rendah hati
c. jujur
d. dermawan

29. Amanat yang bisa kita ambil dari cerita di atas yaitu ....

a. Bantulah orang lain untuk mendapatkan keuntungan.
b. Dengan berbagi, kita akan mendapat kebahagiaan.
c. Jangan pernah berbohong kepada orang lain.
d. Dengan bekerja keras, kita akan menjadi orang kaya.

30. Berikut merupakan ciri-ciri cerita fiksi, kecuali ....

a. sifatnya rekaan atau imajinasi dari pengarang
b. tidak memiliki sistematika yang baku
c. umumnya menyasar emosi pembaca, bukan logika
d. tidak terdapat pesan moral atau amanat tertentu

31. Karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat pelaku disebut ....

a. cerpen
b. cergam
c. novel
d. legenda

32. Gagasan atau ide dasar yang menjadi landasan suatu karya sastra yang terkandung dalam teks disebut ....

a. tema
b. alur
c. plot
d. konflik

Bacalah penggalan cerita berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 33, 34, dan 35!

Penduduk di suatu kota di salah satu negara di timur tengah sedang gempar. Pasalnya Abu Nawas mengatakan bahwa dirinya mau terbang. Hal itu tentu membuat sebagian orang percaya, tapi sebagian lagi tidak.

Berita tersebut cepat sekali menyebar hingga sampai ke telinga Raja. Untuk memastikan kebenaran berita tersebut, Raja kemudian memanggil Abu Nawas.

Setelah sampai di istana, Raja pun berkata pad Abu Nawas, “Apakah benar kau mau terbang, Abu? Berita kau mau terbang sangat heboh, bahkan hingga ke luar negeri.” Dengan lugas ia menajwab dan mengatakan memang dia mau terbang.

Lalu Raja menyuruh para prajurit untuk mengumumkannya kepada rakyat. Apabila Abu Nawas terbukti berbohong, maka ia akan dihukum mati.

Keesokan harinya, semua warga berkumpul ingin menyaksikan Abu Nawas terbang. Ia kemudian naik ke atas bangunan paling tinggi. Sesampainya di atap, ia mengepak-ngepakkan tangannya seperti mau terbang.

Penduduk pun mulai jengkel karena Abu tidak terbang seperti apa yang mereka pikirkan tetapi hanya seperti mau terbang. Raja pun juga ikut marah karena hal tersebut. Kemudian Abu Nawas meluruskan bahwa ia benar-benar tidak berbohong.

Abu Nawas memang mengatakan bahwa ia mau terbang, bukannya ia bisa terbang. Mendengar hal itu Raja tidak jadi menghukum Abu karena apa yang dikatakan memang benar adanya dan tidak berbohong.

(https://www.posbunda.com/hiburan/cerita-pendek-untuk-anak/)

33. Tokoh utama pada cerita di atas adalah ....

a. Raja
b. prajurit
c. Abu Nawas
d. penduduk

34. Karakter Abu Nawas pada cerita di atas adalah ....

a. suka berbohong
b. jenaka dan banyak akal
c. jujur dan rendah hati
d. pemarah

35. Amanat yang dapat diambil dari cerita di atas yaitu ....

a. Jangan pernah membohongi orang lain, apalagi raja.
b. Berkatalah dengan jujur agar disukai oleh orang lain.
c. Berhati-hatilah dalam menyimpulkan perkataan orang lain.
d. Orang yang tidak jujur akan mendapat hukuman.

*Soal Isian Singkat

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

36. Pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengungkapkan pikiran, ide, maupun gagasan secara ....

37. Orang yang ahli berpidato disebut ....

38. Simpulan dan harapan atas apa yang disampaikan oleh pembicara terdapat pada bagian ... pidato.

39. Kata-kata penting yang dapat mewakili isi suatu teks dan biasanya terdapat pada judul teks disebut ....

40. Gagasan yang menjadi dasar pengembangan suatu paragraf sering disebut ....

41. Kalimat yang biasanya bersifat umum dan memuat keseluruhan isi dalam suatu paragraf disebut ....

42. Karangan nonfiksi adalah tulisan yang dibuat berdasarkan ....

43. Cerpen, roman, mite, dan fabel adalah contoh karangan ....

44. Tokoh dalam karya sastra yang merupakan penentang dari tokoh utama disebut tokoh ....

45. Pemberian sifat baik lahir maupun batin pada seorang pelaku atau tokoh yang terdapat pada cerita disebut ....

*Soal Uraian

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

46. Bagaimana langkah-langkah menyusun pidato yang baik?

47. Apa saja yang perlu diperhatikan saat berpidato?

48. Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemprosesan, pendistribusian dan pembuatan produk/material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga dalam proses hierarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace).

(https://id.wikipedia.org/wiki/Daur_ulang)

Tentukan satu kata kunci yang paling mewakili isi paragraf di atas!

49. Jahe merah memiliki khasiat untuk meredakan berbagai penyakit. Kandungan flavonoid memiliki sifat anti peradangan sehingga efektif untuk menyembuhkan gejala sakit tenggorokan. Konsumsi jahe merah juga dapat menghancurkan lemak jahat yang ada dalam tubuh dan mencegah munculnya penyakit kolesterol tinggi. Kandungan kamfena, cita rasa pedas, serta efek menghangatkan pada tubuh, menjadikan jahe merah efektif untuk dijadikan penawar saat sakit kepala menyerang.

Apa gagasan utama paragraf di atas?

50.Bacalah penggalan cerita berikut!

Badu terlihat asyik membaca buku tersebut hingga tidak menyadari jika kakek tadi memperhatikannya. “Kamu tidak sekolah, nak?” tanya si kakek lagi. Dengan raut sedikit sedih ia menjawab kalau dia tidak mempunyai uang untuk sekolah. Buku yang ia baca pun hanya pinjaman temannya.

Badu juga bercerita kepada kakek kalau ia ingin sukses suatu hari nanti sehingga bisa membahagiakan ibunya. Melihatnya yang tetap semangat belajar dan tidak menyerah pada keadaan membuat kakek tersebut terharu. Lalu kakek itu pun berkata, ”Tetaplah giat belajar ya, nak. Ketekunanmu akan membuahkan hasil dan kamu pasti akan menjadi orang yang sukses.”

(https://www.posbunda.com/hiburan/cerita-pendek-untuk-anak/)

Jelaskan karakter tokoh utama pada cerita di atas!

Demikian Contoh Soal dan Kunci Jawaban UKK/PAT Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2 Genap Kurikulum 2013 yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat.

Download soal dan kunci jawaban PAT B. Indonesia Kelas 6 SD Semester 2 K13 pada link berikut ini :

Download Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Semester Genap K13

Download Kunci Jawaban PAT Bahasa Indonesia Kelas 6 SD

Anda juga dapat melihat soal dan kunci jawaban soal di atas pada video online berikut ini :

Pencarian Terkait :

soal ukk kelas 6 semester 2 dan kunci jawaban,
soal bahasa indonesia kelas 6 semester 2 2021,
soal ukk kelas 6 semester 2 kurikulum 2013,
soal pat bahasa indonesia kelas 6 semester 2 2021,
kumpulan soal kelas 6 semester 2 kurikulum 2013,
soal bahasa indonesia kelas 6 semester 2 bimbel brilian,
soal uts bahasa indonesia kelas 6 semester 2 2021,
soal uts bahasa indonesia kelas 6 semester 2 pdf,
kumpulan soal kelas 6 semester 2 kurikulum 2013,
soal bahasa indonesia kelas 6 semester 2,
soal uts bahasa indonesia kelas 6 semester 2 pdf,
soal uts kelas 6 semester 2 dan kunci jawabannya,
soal ukk kelas 6 semester 2 dan kunci jawaban,
soal bahasa indonesia kelas 6 semester 2 2021,
soal pat bahasa indonesia kelas 6 semester 2 kurikulum 2013,
download soal pat bahasa indonesia kelas 6 semester 2,
contoh soal pat bahasa indonesia kelas 6 semester 2,

Posting Komentar untuk "Soal UKK/PAT Bahasa Indonesia Kelas 6 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013"