Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat Sifat Cahaya - IPA Kelas 4 SD

Sifat Sifat Cahaya - Benda yang ada disekitar kalian dan terlihat jelas karena ada pengaruhnya dengan cahaya. Mengapa bisa begitu? karena benda benda tersebut dapat memantulkan cahaya sehingga bisa terlihat jelas oleh mata kita.

Coba kalian bayangkan jika pada malam hari mati lampu, apa yang terjadi? ya, tentu saja kita tidak dapat melihat benda apapun disekitar kita. Sebab benda-benda yang ada tidak dapat memantulkan cahaya sehingga terlihat oleh mata kita hanya gelap saja.

Dengan begitu kita dapat menyimpulkan bahwa benda yang ada disekitar kita dapat dibedakan menjadi 2 yaitu benda sumber cahaya dan benda gelap. Benda yang dapat memancarkan cahaya sendiri disebut dengan sumber cahaya.

Beberapa benda yang dapat memancarkan cahaya sendiri antara lain, matahari, lampu, api, lilin, bintang, dan kilat (petir). Adapun benda yang tidak dapat memancarkan cahaya sendiri dan hanya memantulkan sumber cahaya disebut dengan benda gelap.

Cahaya yang ada disekitar kita memiliki sifat sifat cahaya diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cahaya Merambat Lurus

Bukti bahwa cahaya merambat lurus salah satunya adalah sorot lampu yang terhalang benda lain maka akan ada bayangan dibelakang benda penghalang tersebut.

Bukan hanya itu saja kalian bisa perhatikan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah melalui jendela rumah, maka akan terlihat rambatan cahaya tampak seperti garis lurus.

2. Cahaya Menembus Benda Bening

Benda disekitar kita ada yang dapat ditembus dan ada pula yang tidak bisa ditembus oleh cahaya. Benda yang dapat ditembus sehingga bisa meneruskan cahaya yang mengenainya disebut dengan benda bening. Contohnya air dan kaca.

Sedangkan benda yang tidak dapat ditembus cahaya dan tidak dapat meneruskan cahaya yang mengenainya disebut dengan benda gelap. Benda seperti ini jika ada cahaya yang mengenainya maka akan terbentuk bayangan dibelakangnya.

3. Benda Dapat Dipantulkan

Coba kamu perhatikan cahaya dari senter yang cahayanya kita arahkan ke cermin, maka akan ada cahaya balikan di depan cermin tersebut. Dengan demikian maka cahaya tersebut dapat dipantulkan.

Pantulan dari benda yang halus, licin dan mengkilap seperti cermin datar maka akan menghasilkan pantulan ke satu arah saja. Pemantulan cahaya seperti ini disebut dengan pantulan teratur.

Sebaliknya, jika cahaya mengenai benda yang kasar atau tidak rata seperti pecahan kaca maka hasil pantulan cahaya tersebut akan berhamburan ke segala arah. Pantulan seperti ini sering disebut dengan pemantulan terhambur atau difus.

4. Cahaya Dapat Dibiaskan

Coba perhatikan pensil yang dimasukkan ke dalam gelas yang terisi air, maka akan terlihat pensil tersebut seperti patah atau tidak lurus. Hal tersebut terjadi karena ada pembiasan cahaya.

Selain contoh seperti di atas, ada contoh lainnya seperti kolam ikan yang terisi air, seolah olah kita melihat bahwa kolam tersebut dangkal dan ikan di dalamnya terlihat besar.

5. Cahaya Dapat Diuraikan

Kalian pernah melihat pelangi di angkasa kan? Nah, hal tersebut merupakan cahaya yang diuraikan. Pelangi sendiri terbentuk karena adanya air atau hujan rintik-rintik, dan matahari masih memancarkan cahaya.

Warna-warna pelangi tersebut terjadi karena cahaya putih dari matahari dibiaskan, diuraikan, dan dipantulkan oleh tetesan-tetesan air hujan. Warna-warna pelangi terbentuk sseperti setengah lingkaran. Warna yang dihasilkan antara lain, merah, jingga, hijau, biru, kuning, nila dan ungu. Warna-warna cahaya yang membentuk warna putih disebut dengan spektrum.

Demikian sifat sifat cahaya yang dapat kami uraikan semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan ajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) di sekolah.

Sumber: Buku IPA Kelas 4 SD dan Quipper

Posting Komentar untuk "Sifat Sifat Cahaya - IPA Kelas 4 SD"