Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembangkit Listrik Tenaga Air

Purwomp.Com - Pembangkit listrik tenaga air yang disingkat PLTA, merupakan salah satu pembangkit yang memanfaatkan tenaga air untuk dijadikan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan dari aliran air ini disebut dengan hidroelektrik.

Foto : portonews.com


PLTA ada beberapa macam diantaranya adalah cuma digunakan untuk penggunaan dalam jangka kecil saja contohnya digunakan untuk beberapa rumah saja. Sedangkan PLTA yang berskala besar dapat mencukupi kebutuhan listrik berjuta-juta rumah atau orang.

Agar PLTA itu dapat menghasilkan listrik maka diperlukan beberapa bagian yang harus dipersiapkan. Untuk mengetahui bagian-bagian tersebut silahkan simak uraian di bawah ini:


  1. Bendungan, ini berfungsi sebagai penampung air dalam jumlah besar untuk menciptakan tinggi jatuh air agar tenaga yang dihasilkan juga besar. Fungsi lain dari bendungan yaitu sebagai penanggulangan banjir
  2. Turbin, berfungsi sebagai pengubah tenaga aliran air menjadi tenaga mekanik. Air yang mengalir dari atas menuju bawah akan mendorong baling-baling sehingga akan menggerakkan turbin untuk berputar.
  3. Perputaran turbin yang dihubungkan ke generator. Turbin itu berbentuk seperti kincir air
  4. Generator yang dihubungkan dengan turbin, ketika turbin berputar maka secara otomatis generator ikut berputar juga
  5. Generator kemudian merubah energi mekanik dari turbin menjadi energi listrik
  6. Jalur tranmisi, berfungsi untuk mengalirkan energi listrik dari PLTA menuju rumah-rumah yang memerlukan listrik.
Nah, itulah bagian-bagian dari PLTA yang dapat menghasilkan energi listrik yang sangat diperlukan oleh kita. Dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Air, maka kita dapat menikmati listrik yang dapat digunakan dalam mempermudah atau mempercepat pekerjaan kita.

Semoga dengan postingan di atas dapat memberikan edukasi atau manfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Pembangkit Listrik Tenaga Air"