Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangbiakan dan Ciri-ciri Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

 Salam sejahtera bagi kita semua, kalian masih ingat tidak perkembangbiakan tentang ovipar, vivipar, dan ovovivipar? jika kalian masih ingat walau masih sedikit-sedikit dan agar teringat kembali kami purwomp.com akan menjelaskan kembali perkembangbiakan dan ciri-ciri hewan vipar, vivipar, dan ovovivipar.

Pada perkembangbiakan hewan itu dibedakan menjadi tiga yaitu secara ovipar (bertelur), vivipar (beranak), dan Ovovivipar ( bertelur dan beranak). Berikut penjelasan dari ketiga perkembangbiakkan hewan tersebut:

Ciri-ciri Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar

1. Ovipar (Bertelur)

Ovipar merupakan perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Yang dapat bertelur merupakan induk betina yang sudah dibuahi oleh induk jantan. Dalam beberapa waktu telur tersebut dapat menjadi individu baru setelah di erami oleh induknya dalam beberapa hari. Anak yang ada di dalam cangkang telur dapat keluar dengan cara memecahkan cangkangnya.

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan ovipar adalah bebek, ayam, kupu-kupu, katak, ikan, itik, dan lain sebaginya.

Ciri-ciri hewan ovipar adalah sebagai berikut:

a. Mengerami telurnya
b. Tidak berdaun telinga
c. Tidak menyusui
d. Tidak memiliki kalenjar susu

Jadi, ciri hewan ovipar yang jelas tidak memiliki daun telinga, dan anak yang dihasilkan langsung bisa mencari makan dengan sendiri serta tidak menyusui anak-anaknya.

2. Vivipar ( Beranak)

Vivipar adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak/melahirkan bisa juga disebut dengan hewan mamalia. Hewan vivipar berbeda dengan ovipar yaitu cara pembuahan dan pertumbuhan calon anak berada di dalam tubuh induk betina. Induk betina hewan mengandung selama beberapa bulan lamanya tergantung jenis hewan dan besarnya hewan.

Anak yang baru dilahirkan akan dirawat oleh induknya dan hanya meminum susu induknya saja. Anak hewan vivipar akan meminum susu sampai dewasa atau sampai bisa memakan makanan padat.

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara beranak adalah kucing, kelinci, anjing, gajah, kuda, sapi, kambing, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri hewan vivipar adalah sebagi berikut:

a. Memiliki kalenjar susu
b. Menyusui anaknya
c. Berdaun telinga
d. Merupakan hewan berbulu
e. Tdak bertelur
f. Calon anak akan tumbuh di dalam tubuh induknya sampai siap dilahirkan.

3. Ovovivipar (Beranak dan bertelur)

Ovovivipar adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur dan beranak. Maksud bertelur dan beranak merupakan hewan yang mengeluarkan telurnya lalu dimasukkan lagi ke dalam tubuhnya hingga menetas, jika sudah menetas barulah dikeluarkan. Namun ada juga yang membiarkan telurnya di dalam tubuhnya hingga menetas barulah dikeluarkan anak-anaknya.

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan ovovivipar disekitar kita adalah hewan kadal. Kadal sebenarnya adalah hewan yang berkembangbiak dengan bertelur, akan tetapi kadal lebih memilih menyimpan telurnya di dalam tubuhnya hingga mentas. Embrio di dalam telur tumbuh dengan memakan kuning telur sebagai nutrisinya.

Contoh hewan lain yang berkembangbiak dengan ovovivipar adalah Hiu, bunglon, dan platipus.

Ciri-ciri hewan berkembangbiak dengan ovovivipar adalah sebagi berikut:

a. Berkembangbiak dengan menggunakan cara bertelur dan beranak
b. Embrio berkembangbiak dalam cangkang telur tetapi tetap di dalam perut induknya
c. Setelah menetas maka individu baru dilahirkan seperti vivipar

Demikian Cara Perkembangbiakan dan Ciri-ciri Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar semoga bermanfaat. Dan dapat dijadikan sebagai bahan belajar.

Posting Komentar untuk "Perkembangbiakan dan Ciri-ciri Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar"