Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama dan Kedua Pancasila

Purwomp.Com - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama dan Kedua Pancasila. Materi ini sudah termuat pada pelajaran PPKn kelas 6 SD Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 Kurikulum 2013/K13 Semester 1 Revisi 2018.


Materi kami sadur dari buku siswa dan buku guru kelas 6, hal ini kami lakukan agar dalam pembelajaran dipermudah secara online.

Serta agar kita tahu Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama dan Kedua Pancasila pada kehidupan kita sehari hari. Nah, langsung saja kita bahas bersama sama materi tersebut seperti di bawah ini :

Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama dan Kedua Pancasila


Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara mengandung nilai-nilai yang dijadikan pedoman bagi bangsa Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai tersebut terdapat dalam sila-sila yang ada dalam Pancasila.

1. Sila Pertama : Ketuhanan Yang Maha Esa


Sila pertama, yakni "Ketuhanan Yang Maha Esa" yang dilambangkan Bintang dan mengandung pengertian bahwa bangsa Indonesia mempunyai kebebasan untuk menganut agama dan menjalankan ibadah yang sesuai dengan ajaran agamanya. Sila pertama ini juga mengajak manusia Indonesia untuk mewujudkan kehidupan yang selaras, serasi dan seimbang antarsesama manusia Indonesia, antarbangsa, maupun dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Dengan demikian, di dalam jiwa bangsa Indonesia akan timbul rasa saling menyayangi, saling menghargai, dan saling mengayomi. Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama antara lain sebagai berikut :


  • Keyakinan terhadap adanya Tuhan yang Maha Esa dengan sifat-sifatnya yang Maha Sempurna
  • Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan sekaligus menjauhi segala larangan-Nya
  • Saling menghormati dan saling toleransi antara pemeluk agama yang berbeda beda
  • Kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya

2. Sila Kedua : Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab


Sila kedua yang berbunyi "Kemanusiaan yang adil dan beradab" yang dilambangkan Rantai dan mengandung pengertian bahwa bangsa Indonesia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabatnya selaku makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, yang sama derajadnya, sama hak dan kewajibannya, tanpa membeda bedakan agama, suku ras, dan keturunan. Dengan demikian, pada sila "Kemnusiaan yang adil dan beradab" terkandung nilai-nilai sebagai berikut :

  • Pengakuan terhadap adanya harkat dan martabat manusia
  • Pengakuan terhadap keberadaan manusia sebagai makhluk yang paling mulia diciptakan Tuhan
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan harus mendapat perlakuan yang adil terhadap sesama manusia
  • Mengembangkan sikap tenggang rasa agar tidak berbuat semena mena terhadap orang lain

Demikian bahan ajar tentang Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama dan Kedua Pancasila yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai materi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Posting Komentar untuk "Nilai Nilai Yang Terkandung Dalam Sila Pertama dan Kedua Pancasila"