Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis FLS2N Kabupaten Sragen 2020

Purwomp.Com - Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan sampai dengan 2020 yaitu tinggal landas menuju lima tahun ke depan. Pendidikan di sekolah dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pembinaan karakter peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara berimabng baik jasamani dan rohani. Pembinaan karakter peserta didik yang dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religious, serta memilikin ketrampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.


Pentingnya pendidikan di sekolah dasar sebagai pondasi pembentukan karakter, rasa empati, simpati, social, partisipatif dan kreatif, serta kepedulian peserta didik terhadap lingkungan yang local dan global merupakan tantangan peserta didik menghadapi era millennia, salah satunya melalui kegiatan kesenian. Kesenian sebagai bagian dari kebudayaan merupakan elemen pendidikan yang memiliki peran strategis sebagai media komunikasi dalam mendasari berbagai keragaman budaya.

Juknis FLS2N Kabupaten Sragen 2020, Petunjuk Teknis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N-SD) merupakan salah satu wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu penididikan.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional diharapkan dapat menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di bidang seni di Indonesia. Di samping itu, kegiatan ini akan menjadi ajang pembentukan karakter peserta didik agar mempunyai day a cipta, kelembutan hati, serta kecintaan seni dan budaya bangsa.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen. Mengadakan kegiatan pembinaan tersebut dengan mengadakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional Sekolah Dasar Tahun 2020 .

Pada tahun ini, lomba diselenggarakan oleh Seksi Peserta Didik dan Pembinaan Karakter SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen.

Juknis FLS2N Kabupaten Sragen 2020, Petunjuk Teknis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional SD


A. Dasar Hukum



  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah;
  3. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara;
  4. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Sistem Kemajuan Kebudayaan;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan;
  7. DPA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Sragen No. 1.01.01.16.259 tentang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN) SD.

B. Tujuan


Tujuan FLS2N-SD Tahun 2020 adalah :


  1. Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kraetif dan inovatif peserta didik SD diseluruh Kabupaten Sragen dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan;
  2. Mengekpresikan sesi sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik SD diseluruh Kabupaten Sragen yang berbasis budaya bangsa;
  3. Menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik SD diseluruh Kabupaten Sragen untuk mengekpresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya;
  4. Menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa;
  5. Menumbuh kembangkan sikap kemandirian, sprotivitas dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik SD diseluruh Kabupaten Sragen dalam bersosialisasi.

C. Tempat dan Waktu Pelaksanaan


Waktu Pelaksanaan Lomba : Sabtu, 13 Juni 2020
Tempat pelaksanaan lomba : Menyusul
Jadwal pelaksanaan lomba akan di informasikan lebih lanjut.

Temu Teknik dilaksanakan pada :
Hari, Tanggal : Kamis, 19 Maret 2020
Pukul : 09.30 WIB
Tempat : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Untuk lebih lengkapnya Juknis FLS2N Kabupaten Sragen 2020 dapat anda download pada link berikut :

Download Juknis FLS2N Kabupaten Sragen 2020 KLIK DISINI

Demikian informasi Juknis FLS2N Kabupaten Sragen 2020 yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat dimerngerti bagi peserta FLS2N Kabupaten Sragen.

1 komentar untuk "Juknis FLS2N Kabupaten Sragen 2020"