Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Tomat Dalam Polybag Dengan Mudah

Purwomp.Com - Tomat merupakan buah dan sayur yang memiliki rasa asam dan khas tomat dan juga banyak mengandung vitamin C. Dalam upaya menanam tanaman tomat ini para petani kita sudah banyak yang melakukan berbagai experiment di antaranya cara budidaya tomat dalam polibag, dalam pot, hidroponik, dan yang lainnya.

Usaha usaha di atas yang sudah di lakukan petani ada sisi baiknya dan ada sisi negatifnya. Jika di lihat sisi baiknya adalah kita tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam tanaman tomat ini, sedangkan sisi negatifnya adalah kita membutuhkan pemeliharaan yang extra.

yang akan saya bahas disini adalah cara budidaya tanaman tomat dalam polybag. Berikut ulasan yang saya berikan :

Cara Budidaya Tomat Dalam Polybag Dengan Mudah


1. Teknik Penyemaian benih tomat

Sebelum menanam tanaman tomat dalam polybag langkah yang pertama adalah menyemai biji tomat. Biji tomat lebih dulu di semai agar menjadi bibit tanaman yang bagus nantinya. Penyemaian ini dimaksudkan karena benih yang baru tmbuh itu memerlukan perlakuan khusus di banding dengan tanaman tomat yang sudah besar.


Pada penyemaian bibit tomat pilih media yang baik agar biji tumbuh dengan sempurna serta tumbuh subur. Hindarkan dari air hujan serta sinar matahari secara langsung. Media persemaian biji tomat ini kita dapat gunakan polybag untuk penyemaian, plastik kecil kecil yang dapat di semai dengan 1 tanaman saja, dan dapat pula di semai di atas tanah secara langsung.

Setelah benih disemaikan, lakukan penyiraman setiap 2 kali sehari dengan gembor yang halus. Berhati-hatilah ketika menyiram, jangan sampai merusak permukaan persemaian.

Jika biji sudah tumbuh menjadi tanaman tomat maka langkah selanjutnya adalah pemupukan. Pemupukan tanaman tomat dapat di lakukan setelah benih yang sudah tumbuh berumur 2 minggu. Pupuk yang dapat di berikan berupa pupuk cair, pupuk kompos atau juga dapat menggunakan pupuk kandang.

Bibit yang kita tanam atau kita semai perlu juga di lakukan penyiangan agar di sekitar tanaman tidak tumbuh gulma yang akan mengganggu masa pertumbuhan bakal tanaman tomat tersebut. Setelah bibit tanaman tomat sudah berumur 30 sampai 40 hari sudah dapat di pindah pada polybag pembesaran tanaman.

2. Pemindahan bibit tomat

Siapkan terlebih dahulu media tanam yang akan kita gunakan mengisi polybag untuk pembesaran tanaman tomat yang berupa Tanah, sekam, arang, pupuk kandang. Dalam takaran media tersebut yaitu 2:1:1, 2 itu untuk tanahnya sedangkan yang lainnya yaitu 1 saja.

Dalam memindahkan bibit tanaman tomat ada dua cara yaitu yang Pertama, cabut bibit dari media semai tadi secara pelan pelan agar akar tanaman tomat tidak rusak atau putus. Agar mudah dalam mencabutnya media tanam itu kita siram dengan air terlebih dahulu agar tanahnya menjadi lunak sehingga dalam mencabut tanaman tomat lebih mudah.

Setelah bibit sudah tercabut maka langkah selanjutnya adalah menanam tanaman tomat ke polybag yang besar. Caranya adalah lubangi terlebih dahulu pada polybag yang akan kita gunakan untuk pembesaran dengan kedalaman di kira kira saja yang terpenting akar bibit dapat masuk dan tertutup dengan tanah.

Langkah Kedua, dengan cara mengangkat tanaman dengan tanah di sekitarnya dengan tujuan agar bibit tanaman tidak mudah mati. Cara angkatnya yaitu dengan di cungkil pakai skop atau alat lainnya.

3. Pemeliharaan tanaman tomat

Pada pemeliharaan tanaman tomat dalam polybag ini relatif mudah. Sebab kita dapat mengontrol tanaman dengan mudah serta tanaman mudah kita kontrol dari serangan penyakit yang di tularkan lewat akar. Sirami tanaman minimal 2 hari sekali dan hindari penyiraman dengan banyak air hal ini untuk menjaga agar akar tomat tidak busuk karena kebanyakan air.

Dalam beberapa hari jika ada rumput yang tumbuh pada polibag cabut saja karena itu akan mengganggu pertumbuhan tanaman tomat. Sebab tanaman pengganggu seperti rumput atau yang lainnya itu dapat mengurangi nutrisi yang di terima oleh tomat.

Jangan lupa untuk melakukan pemupukan setelah 2 minggu tanaman sudah tumbuh dengan baik. Pupuk yang kita gunakan berupa pupuk kandang atau kompos dengan takaran 1 genggam tangan kita saja. Kita juga dapat menambah pupuk jika tanaman dalam pertumbuhannnya kurang subur.

Jika tanaman sudah mulai berbunga atau berbuah maka berikan pupuk untuk buah agar buah yang di hasilkan lebat atau banyak.

Kalau daun tanaman tomat di serang hama, maka ambil saja daunnya lalu buang atau di bakar. Untuk pencegahannya kita dapat menyemprot obat pestisida jika cara manual sudah tidak mempan.

4. Pemanenan

Buah tomat yang di tanam di polybag sudah bisa di panen pada usia 3 bulan. Pemanenan buah jika buah tomat sudah berwarna kekuning kuningan. Jika untuk sayur yang masih berwarna hijau pun sudah dapat kita petik.

Waktu yang baik untuk memanen buah tomat adalah di pagi hari dan sore hari disaat matahari tidak terlalu terik. Lakukan pemanenan 2 - 3 hari sekali saja sebab buah tomat tidak serentah matangnya. Hal ini di lakukan untuk menghindari kerusakan pada tanaman tomat.

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Tomat Dalam Polybag Dengan Mudah"