Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Usaha Peternakan Menguntungkan dan Cepat Panen



Usaha Peternakan Menguntungkan dan Cepat Panen, Purwomp.com - Ada banyak sekali usaha dibidang peternakan dan perikanan untuk dijalankan yang menguntungkan dan juga menggiurkan. Namun, dalam menjalankan usaha ini diperlukan pertimbangan mulai dari kendala dan modal. Bagi yang memiliki modal kecil usaha peternakan atau perikanan dapat dijalankan walau cuma berskala rumahan atau sekedar sampingan saja.

Belum tentu usaha yang dijalankan cuma sekedar sampingan atau rumahan dapat disandingkan dengan pekerjaan lainnya. Seperti ibu rumah tangga, pelajar, pegawai kantor atau yang lainnya sebab suatu pekerjaan pastinya memiliki kesibukan yang lebih.

Jika anda pemula yang ingin menjalankan usaha peternakan atau perikanan alangkah baiknya memilih ternak yang mudah dijalankan, pakan yang tidak terlalu mahal. Karena pakan merupakan biaya operasional yang tidak sedikit. Ini disebabkan pakan dapat menguras lebih dari 60% dari semua biaya yang dikeluarkan.

Untuk menghemat pakan agar tidak banyak pengeluaran modal, maka buatlah pakan alternatif sendiri dengan biaya yang murah. Hal ini demi menekan lebih kecil lagi modal yang akan kita keluarkan untuk usaha peternakan dan perikanan.

Usaha Peternakan Menguntungkan dan Cepat Panen


Jenis ternak dengan modal kecil dan mudah perawatannya adalah jenis ternak sebagai berikut :

1. Beternak Ikan Lele


Bisnis dibidang perikanan merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati. Begitupun bisnis beternak ikan lele, yang menjadikan bisnis paling menguntungkan. Untuk memulai bisnis beternak ikan lele ini tidak begitu sulit untuk dilakukan. Kita dapat memulainya terlebih dahulu harus mengenal karakteristik ikan lele tersebut serta jenis ikan apa dan siapa konsumennya nanti.

Usaha beternak ikan lele akhir akhir ini memang banyak digemari masyarakat. Karena usaha ini mudah dilakukan, perawatan yang tidak terlalu rumit dan modal yang kecil. Usaha ternak ikan lele dapat menggunakan tempat alternatif tidak harus dengan kolam yang besar seperti beternak lele dalam kolam terpal, dalam tong dan dalam drum.

Usaha tenak lele ini juga begitu cepat panen, kita hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 60 sampai 90 hari, anda sudah dapat menikmati hasil dari beternak ikan lele.

Pertimbangan lain dalam beternak ikan lele adalah biaya pakan yang begitu murah. Karena kita dapat memanfaatkan sisa sisa dapur seperti nasi dan sayur sayuran serta binatang yang ada disawah yang diangggap hama oleh petani dapat kita berikan seperti keong.

Apakah anda ingin mencoba usaha dengan modal kecil ini?

2. Beternak Kelinci


Jika kita belum mengalami memelihara kelinci mungkin kita melihatnya begitu sulit dn rumit dalam merawatnya. Namun, jika kita sudah mengalami memelihara kelinci pasti bilangnya mudah. Jenis jenis kelinci yang tahan akan penyakit sangatlah direkomendasikan untuk diternak seperti kelinci jenis Rex, Flamish Giant, NZ, dan masih banyak jenis lainnya.

Beternak kelinci sangatlah mudah jika anda sudah berpengalaman dalam usaha ternak kelinci. Hasil yang di dapat dari beternak kelinci salah satunya adalah dari hasil penjualan anakan kelinci. Sebab kelinci beranak dapat menghasilkan 4 sampai 12 ekor anakan. Dengan masa hamil cuma 30 sampai 35 hari saja. Hal inilah sangat mempercepat perputaran modal yang kita keluarkan. Untuk harga anakan kelinci dihargai sekitar 30 sampai 50 ribu rupiah itu tergantung dari jenis kelinci tersebut.

Waktu panen anakan itu jika sudah masa sapih atau sudah tidak minum susu idnuknya atau sudah berumur 40 sampai 50 hari. Anda akan mendapatkan hasil sebesar 300 ribu rupiah setiap 2 bulan sekali dari satu indukan saja. Jika kita memiliki 10 indukan produktif, sudah beapa ratus ribu yang akan kita dapat jika rata rata indukan menghasilkan 4 anakan saja, itu dalam waktu 2 bulan. Sangat menjanjikan bukan ternak kelinci?

Bukankah kelinci, jenis ternak yang menguntungkan? Jika Ya, mulailah membangun ternak dari sekarang dan selamat mencoba dan rasakan hasilnya.

3 Beternak Semut Rangrang


Bukan semutnya yang akan kita ambil dari usaha beternak semut rangrang melainkan dari telur telurnya yang disebut kroto. Semut rangrang yang menghasilkan kroto senang membuat sarang di pepohonan yang memiliki daun lebat. Telur krotonya banyak yang mencari lalu diperjual belikan sebagai pakan burung kicauan dan juga sebagai umpan memancing ikan.

Sangatlah wajar jika kebutuhan kroto sangatlah tinggi serta sangat mudah dipasarkan karena banyak yang cari. Semakin banyaknya penggemar burung dan peternak burung berkicau, kebutuhan akan kroto akan semakin meningkat. Hal ini akan membuka peluang ternak kroto semakin bagus, sebab pakan jenis ini sangat disukai oleh burung berkicau.

Beternak kroto tidak membutuhkan biaya mahal. Karena kita dapat memanfaatkan toples sebagai media sarangnya. Pakan yang kita berikan untuk semut rangrang juga cukup mudah tidak seperti ternak lainnya yang harus beli pakan dengan biaya yang mahal.

Jadi, ternak kroto sangat kami rekomendasikan untuk dicoba jika anda tidak memiliki modal besar dan keahlian di bidangnya.

4. Beternak Jangkrik


Beternak jangkrik sama seperti ternak kroto, sebab mudah dilakukan dan dengan modal kecil. Peluang usaha ini sangat terbuka lebar karena banyaknya penggemar burung berkicau.

Jangkrik merupakan salah satu pakan favorit burung kicau. Apalagi burung yang memiliki suara bagus, pakan ini untuk menjaga kicauan tetap bagus.

Cara memulai ternak jangkrik adalah anda cukup membeli bibit atau telur jangkrik kemudian di kembangkan sendiri pada kotak yang sudah tersedia. Jangan memikirkan makanan jangkrik yang kita pelihara karena makanan jangkrik mudah kita dapat di sekitar kita. Pakan yang dapat diberikan yakni berupa daun kering, ubi ubian, sayur, daun pepaya, daun pisang, rerumputan dll.

Usaha jangkrik sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki modal kecil, untuk memilih usaha yang menguntungkan ini. Apalagi jika penggemar burung berkicau semakin banyak, hal ini akan membuat motivasi bagi kita untuk menjalankan usaha sampingan beternak jangkrik.

5. Beternak Cacing


Banyak orang berfikir cacing kok diternak? apa bisa menguntungkan. Sebab cacing mudah sekali didapat di alam wlau tanpa diternak. Jika anda juga berfikir seperti itu berarti anda tidak ingin maju. Semua usaha jika dilajalankan sungguh sungguh dan dengan baik pastinya akan menghasilkan.

Beternak cacing membuka peluang untuk pakan ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi seperti ikan lele, ikan mujaer, ikan nila, ikan mas, ikan patin dan ikan ikan lainnya.

Cacing yang dapat diternak adalah jenis cacing tanah. Untuk modal usahanya cukup murah karena cuma membutuhkan tempat sederhana sebagai tempatnya. Makanannya pun tidak usah beli karena dapat memanfaatkan kotoran ternak.

6. Beternak Burung Kicau


Usaha betenak burung kicau semakin cerah dari tahun ke tahun ini ditandai dengan banyaknya permintaan pasar. Selain itu karena banyaknya perlombaan burung berkicau di tiap tiap daerah. Jadwal perlombaannya pun cukup banyak dalam seminggu yakni bisa 4 sampai 5 kali. Hal inilah yang menjadikan burung berkicau laris dipasaran apalagi yang memiliki kualitas bagus pasti dicari.

Bagi peternak yang memiliki indukan burung dengan kualitas bagus akan selalu dicari walau dengan harga tinggi yang ditawarkan. Hal ini akan memberikan pendapatan lebih bagi peternak burung kicau. Jenis burung yang biasa diternakan adalah burung murai batu, burung kacer, burung kenari, jalak suren, burung branjangan dan lain lain.

7. Beternak Entok


Entok atau Mentok (sebutan Orang Jawa) merupakan jenis unggas yang masih jarang diternak besar besaran oleh orang. Hal ini menjadi kesempatan bagi yang memiliki modal kecil untuk mulai menjalankan usaha ini. Berbeda dengan jenis unggas lainnya seperti ayam, bebek, puyuh yang diternak dengan skala besar.

Penghasilan usaha ternak entom tidak sebesar ternak ayam atau bebek. Pertimbangan usaha ternak entok adalah saingan yang belum banyak serta entok ini lebih tahan terhadap penyakit di banding dengan unggas lainnya. Jadi tidak ada salahnya mencoba usaha ini dengan skala rumahan atau usaha sampingan.

Berani coba usaha ini?

8. Beternak Bebek


Bebek juga usaha ternak alternatif yang menguntungkan, mungkin lebih banyak diminati oleh orang Indonesia dibanding ternak entok. Usaha bebek petelur skala rumahan cukup dengan modal kecil. Namun, cukup memerlukan waktu perawatan serta pakan yang mahal karena yang akan kita ambil telurnya.

Telur yang dihasilkan dari ternak bebek dapat langsung kita jual ke pasar atau dijadikan bisnis telur asin dan telur asap. Sehingga dapat menambah nilai jual yang lebih besar dan mendapat keuntungan lebih gede.

Usaha beternak bebek dapat dijadikan sebagai usaha sampingan dirumah.

Demikian 8+ Usaha Peternakan Menguntungkan dan Cepat Panen yang bisa disampaikan. Semoga menjadi inspirasi bagi anda yang ingin memulai suatu bisnis tetapi masih bingung menentukan usaha apa. Usaha yang disebutkan akan selalu menguntungkan disetiap tahunnya karena akan kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Terima kasih dan semoga sukses.

Posting Komentar untuk "8+ Usaha Peternakan Menguntungkan dan Cepat Panen"