Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Peluang Usaha Peternakan Yang Menjanjikan 2020

Usaha Peternakan 2020, Purwomp.com - Peluang usaha peternakan yang di geluti oleh sebagian orang banyak sekali. Usaha peternakan ini jika di geluti dengan baik maka akan menghasilkan keuntungan yang besar. Usaha peternakan ini akan selalu diminati oleh sebagian orang. Karena semua orang akan butuh baik itu daging maupun telur dari setiap peternakan itu.

source : pixabay.com

Jika kita melihat pasar maka akan melihat banyak orang berjualan hasil dari peternakan. Mulai dari daging, telur ataupun susu, yang akan selalu di butuhkan oleh setiap orang dalam memenuhi kebutuhan protein tubuhnya.

Namun dalam menjalankan usaha peternakan ini tidak begitu mudah. Kita perlu mencari informasi informasi terlebih dahulu cara cara beternak yang baik. Mulai dari pembibitan sampai pemanenan serta cara mengatasi berbagai penyakit.

Bukan hanya itu saja dalam menjalankan usaha peternakan, kita juga membutuhkan modal yang besar. Modal modal itu akan kita gunakan dalam pembuatan kandang, bibit dan makanan untuk ternak kita nantinya. Semua itu akan terbayarkan semua jika usaha peternakan yang kita lakukan berhasil.

Demi keberhasilan dalam menjalankan usaha peternakan ini kita perlu yang namanya ketekunan, keuletan, kerajinan serta kebersihan yang harus kita jaga. Jika itu semua tidak kita lakukan sampai kapanpun tidak akan berhasil.

Berikut adalah jenis usaha peternakan yang ada di sekitar kita dan sesuaikan minat dan kemampuan anda :

1. Peternakan Ayam

Semua orang di belahan dunia ini tahu yang namanya ayam. Sebab hewan unggas satu ini di belahan dunia manapun ada. Usaha yang sering di lakukan masyarakat pada jenis unggas satu ini terbagi menjadi dua yakni peternakan ayam pedaging dan petelur.

1.a. Peternakan Ayam Pedaging

Usaha jenis ini juga di bagi menjadi dua yakni semi intensif dan intensif, artinya dapat dilakukan dengan cara pembesaran secara diumbar dan secara dikandang.

Di pedesaan banyak masyarakat yang memelihara ayam untuk diambil dagingnya dalam pemeliharaannya hanya dengan diumbar diluar kandang dan makanannya pun seadanya. Artinya ayam itu mencari makan dengan sendiri ataupun di beri pakan pada waktu pagi dan sore hari menjelang malam.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Bagi Pemula

1.b. Peternakan Ayam Petelur

Untuk usaha ayam petelur, tentunya yang diambil cuma telurnya saja. Untuk usaha jenis ini kita membutuhkan modal yang cukup besar yakni untuk pembuatan kandang. Kandang sendiri harus secara baterai artinya dalam satu kandang hanya dapat diisi dengan satu ayam saja. Bisa juga kita gunakan kandang koloni artinya dalam satu kandang banyak ayam dijadikan satu kandang (kurang efektif).

Kalau ingin usaha jenis ayam petelur dapat menggunakan 2 jenis ayam yakni ayam horn dan ayam arab. Kedua jenis ayam ini sudah di khususkan untuk diambil telurnya saja. Untuk jenis yang lainnya diambil dagingnya.

Jika anda berkeinginan usaha beternak ayam mulailah mencari informasi informasi baik itu secara online maupun secara langsung bertanya kepada ahlinya. Agar usaha yang akan kita lakukan berhasil.

2. Peternakan Bebek

Usaha peternakan bebek juga seperti usaha peternakan ayam yaitu terbagi menjadi 2 jenis. Peternakan bebek pedaging dan peternakan bebek petelur. Sama halnya seperti beternak pada ayam dapat di kandang dan juga diumbar.

2.a. Peternakan Bebek Pedaging

Dalam memelihara bebek pedaging ini yang diambil hanya dagingnya saja. Dalam pemeliharaannya pun cukup singkat yakni sekitar 3 bulan sudah dapat diambil dagingnya. Untuk usaha jenis pedaging ini cukup menjanjikan keuntungan yang besar. Sebab kita dapat menekan biaya pakan dengan cara meliarkan bebek ke sawah yang sudah dipanen.

Nah, dengan begitu bebek dapat mencari makan disawah berupa sisa sisa padi yang tercecer, makan cacing, makan keong, dan binatang binatang kecil lainnya. Sehingga dengan begitu untuk biaya pakan dapat seirit mungkin.

2.b. Peternakan Bebek Petelur

Beda halnya dengan bebek pedaging, bebek petelur kita cukup banyak mengeluarkan modal biaya pakan. Karena kita membutuhkan pemberian pakan bebek dari kecil hingga bertelur cukup lama yakni sekitar 6 bulan sampai 7 bulan.

Sebelum bebek mulai masa bertelur untuk menekan biaya pakan juga dapat dilakukan seperti diatas yaitu meliarkan bebek disawah ataupun sungai. Akan tetapi setelah bebek mulai bertelur dalam pemberian pakan haruslah cukup. Jika pemberian pakan kurang maka bebek akan lambat dalam bertelur.

3. Beternak Kelinci

Untuk saat ini permintaan akan daging kelinci cukup besar, dikarenakan para pedagang sate kelinci sudah cukup banyak maka dari itu beternak kelinci cukup menjanjikan. Kita dapat memulai beternak kelinci dengan modal kecil yakni dengan memelihara sepasang terlebih dahulu. Setelah berjalannya waktu dan dirasa sudah cukup mumpuni dalam beternak dapat menambah lebih banyak lagi indukan.

Baca Juga : Langkah Langkah Beternak Kelinci

Dari olahan kelinci bukan hanya sate saja banyak yang sudah membuat berbagai jenis olahan dari daging kelinci seperti sosis, rica rica, abon, nugget dan masih banyak lagi lainnya. Jika kelinci kita sudah banyak kita juga dapat membuat berbagai olahan itu sendiri dan akan mendapat keuntungan yang lebih besar lagi.

4. Pembesaran Ikan Lele

Ikan lele sudah menjadi menu makanan direstoran dan warung makan pinggir jalan. Usaha satu ini juga cukup menjanjikan keuntungannya. Besarnya permintaan pasar ikan lele usaha ini berpeluang di tahun ini.

Banyak orang mencari ikan ini karena kecilnya kolesterol serta aman dikonsumsi. Dalam usaha pembesaran ikan lele tidak perlu membutuhkan modal yang besar dan sudah dapat menjalankan usaha ini. Waktu yang diperlukan pun cukup singkat dari menebar benih hingga panen yakni 2 bulan hingga 3 bulan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo

                     Cara Budidaya Ikan Gurame

5. Pembesaran Ikan Patin

Sama halnya ikan lele, ikan patin pun juga banyak permintaan pasar. Ikan ini juga sudah menghiasi berbagai menu di restoran juga warung warung makan. Warung yang sering kita jumpai ada menu ikan patin yakni rumah makan padang.

Banyaknya rumah makan padang yang ada di Indonesia ini menjadikan permintaan ikan patin cukup besar. Maka dari itu usaha pembesaran ikan patin ini tidak ada ruginya. Akan tetapi untuk pembesaran ikan patin kita membutuhkan waktu yang cukup lama ykani sekitar 7 sampai 8 bulan. Walaupun lama harga dari ikan patin ini cukup besar per kilogramnya.

Itulah beberapa usaha peternakan yang dapat kita lakukan sebagai usaha utama atau usaha sampingan. Semoga postingan ini dapat menjadi inspirasi bagi anda yang mencari peluang usaha menurut minat dan kemampuan anda.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "10+ Peluang Usaha Peternakan Yang Menjanjikan 2020"