Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Burung Pleci Saat Musim Hujan

Cara Merawat Burung Pleci Saat Musim Hujan, Purwomp.com - Merawat pleci saat musim hujan seperti sekarang ini haruslah diperhatikan. Sebab pada musim hujan udara dingin serta angin yang akan mengganggu kesehatan burung pleci itu sendiri. Jika kita salah akan perawatannya pleci kesayangan kita akan mengalami kematian.


Pada musim hujan, jangan sampai burung pleci kesayangan kita kehujanan saat kita tinggal kerja atau bepergian. Pleci yang masih diluar rumah harus kita hindari saat musim hujan karena jika tiba tiba hujan dan angin kencang, hal itu akan membuat pleci drop atau bahkan masuk angin.

Jika pleci yang mengalami drop akan lebih lama mengembalikan seperti semula. Untuk itu perlu diperhatikan perawatan saat musim hujan seperti saat ini. Bila akan ditinggal masukkan saja kedalam rumah untuk menghindari burung kehujanan.

Ya, untuk perawatan burung pleci saat musim hujan seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini :

Cara Merawat Burung Pleci Saat Musim Hujan


1. Penempatan Sangkar


Saat musim hujan hindari penempatan sangkar burung pleci dari air hujan yang turun serta dari percikan airnya. Jika pada siang hari gantung sangkar pada tempat yang aman dan terhindar dari air hujan dan angin. Sebab hujan saat ini turunnya tidak menentu kadang siang sudah turun hujan.

Saat didalam rumah hindri pula penempatan sangkar pleci dibawah talang air, hal ini untuk menghindari jika tiba tiba talang mampet atau bocor yang akan mengenai pleci. Hindari pula penempatan sangkar dari udara yang kencang seperti dekat ventilasi, kipas angin dan lain sebagainya.

2. Pakan Pleci


Musim hujan biasanya udara dingin dan itu akan membuat burung akan merasa kurang bergairah karena suhu tubuh akan ikut dingin. Untuk menjaga suhu tubuh burung tetap hangat atau panas maka berikan pakan yang mengandung banyak protein. Berikan pakan berupa ulat kandang, ulat hongkong, kroto dan pakan yang banyak mengandung protein tinggi lainnya.

3. Penjemuran


Saat musim hujan cahaya matahari akan cenderung bersinar lebih singkat bahkan terkadang tidak ada sama sekali. Untuk melakukan penjemuran burung pleci saat kapanpun bisa saat matahari mengeluarkan cahayanya. Pada siang haripun tidak masalah yang penting burung pleci dapat sinar matahari yang cukup. Hal ini untuk menjaga suhu tubuh pleci tetap stabil dan agar burung tidak mengalami kedinginan.

4. Kebersihan Sangkar


Tidak seperti musim kemarau, saat musim penghujan kebersihan kandang pleci harus kita perhatikan dengan baik. Sebab musim penghujan yang cuacanya dingin dan lembab sangatlah mempercepat tumbuhnya bakteri dan jamur dalam sangkar. Bersihkan selalu sangkar setiap hari agar burung pleci kesayangan kita terhindar dari berbagai penyakit. Untuk tatakan bawah tempat kotoran burung usahakan selalu kering.

5. Pemandian


Burung pleci juga butuh mandi, hal ini untuk membersihkan bulu dan untuk mencegah kutu datang. Tapi saat musim hujan pemandian harus kita atur agar burung tidak kedinginan. Untuk mandi biarkan burung pleci mandi sendiri saja atau jika ada sinar matahari boleh di semprot tergantung kebiasaan burung masing masing.

Untuk yang terakhir berikan vitamin pada pleci kesayangan kita saat musim hujan. Bingung? vitamin apa yang baik untuk diberikan ke burung pleci? beli saja pada penjual pakan burung disitu pasti ada vitamin untuk burung. Jika pleci kesayangan kita sehat kita juga yang akan senang begitu pula pleci juga akan tetap berkicau selalu.

Semoga tips yang kami berikan dapat memberikan manfaat bagi kalian penggemar burung pleci di seluruh nusantara ini. Salam sukses dan salam pleci mania Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Burung Pleci Saat Musim Hujan"