Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik atau Metode dan Tujuan dari Pidato

Metode dan Tujuan Pidato, Purwomp.com - Pidato adalah suatu ucapan yang disampaikan secara tersusun dengan baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Pidato yang baik akan menimbulkan kesan positif bagi orang yang mendengarkannya untuk dilakukan dalam kehidupannya.

Berpidato dapat di lakukan dengan menggunakan teks maupun tidak menggunakan teks. Hal tersebut dapat dilakukan oleh kemampuan orang orang yang sedang pidato.


Sebelum melakukan pidato harus ada persiapan persiapan yang harus dilakukan yakni menentukan topik yang akan disampaikan dalam berpidato, menetapkan tujuan, menganalisis pendengar, mengumpulkan bahan pidato, memahami materi, membuat kerangka pidato yang isinya pembukaan, isi, dan penutup.

Jika persiapan itu sudah selesai, alangkah baiknya berlatih dahulu agar nantinya percaya diri di hadapan banyak orang. Selain itu agar yang diucapkan tidak sering salah seperti latihan mengucap kata yang jelas, intonasi yang tepat, sikap yang baik atau sesuai, dan menentukan metode yang tepat dalam berpidato nantinya.

Teknik atau Metode dalam Berpidato


1. Metode Naskah

Metode Naskah artinya sebelum kita berpidato terlebih dahulu kita menyiapkan sebuah naskah yang kemudian kita baca di hadapan banyak orang dengan penambahan kata kata yang kita rangkai agar lebih menarik.

2. Metode Catatan Kecil

Metode Catatan Kecil adalah dalam berpidato kita menyiapkan catatan kecil yang bertuliskan topik pokok pokoknya yang akan di jabarkan dalam kerangka.

3. Metode Serta Merta atau Dadakan

Metode ini sering kali disebut dengan impromptu yaitu dalam membawakan pidato tanpa adanya persiapan terlebih dahulu atau secara dadakan.

Selain teknik atau metode yang diuraikan diatas, kita harus mengetahui juga hal hal yang harus di perhatikan dalam berpidato antara lain sebagai berikut :

Hal hal yang harus di perhatikan dalam pidato


  1. Wawasan pendengar secara umum
  2. Durasi waktu pidato yang akan dibawakan
  3. Menyusun kata atau kalimat yang jelas agar mudah di mengerti
  4. Jenis pidato dan tema pidato
  5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato
  6. Menguasai materi pidato yang akan di sampaikan

Pidato yang sering di bawakan sering kali memiliki tujuan dan maksud tertentu. Dari maksud dan tujuan pidato tersebut dapat tersampaikan tergantung dari kepentingan masing masing. Akan tetapi, maksud dan tujuan secara umum dalam berpidato diuraikan sebagai berikut :

Tujuan Pidato

  1. Mendorong atau memberi semangat pendengar
  2. Meyakinkan pendengar
  3. Menginginkan reaksi pendengar
  4. Menginformasikan pendengar
  5. Menyenangkan serta menghibur pendengar
Demikian ulasan tentang Teknik atau Metode dan Tujuan dari Pidato yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berpidato di hadapan banyak orang.

Posting Komentar untuk "Teknik atau Metode dan Tujuan dari Pidato "