Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rawatan Cendet Saat Mabung

Cendet Mabung, Purwomp.com - Burung Cendet atau di sebut dengan nama Pentet, Toet atau istilah lainnya sesuai dengan daerahnya masing masing merupakan burung yang memiliki kecerdasan luar biasa. Bagaimana tidak? karena burung ini sangat begitu pandai sekali menirukan suara burung lainnya bahkan suara hewan lain seperti katak, kucing, tikus, tokek dll.


Burung cendet yang pandai menirukan suara lain yang paling banyak hanyalah burung cendet jantan. Burung cendet betina bukannya tidak pandai juga melainkan hanya dapat menyimpan suara dalam memorinya sedikit. Maka dari itu usahakan dalam memilih burung cendet yng jantan saja.

Beberapa orang dalam membedakan burung cendet jantan dan betina memang agak sulit bagi mereka yang baru saja mengenal burung ini. Akan tetapi berbeda bagi para pecinta cendet yang sudah mengenal lama begitu sangat mudah dalam membedakannya. Apalagi burung cendet yang sudah menginjak dewasa atau yang sudah berganti bulu dewasa sangat sulit lagi dalam membedakannya.

Baca Juga : Cara membedakan Burung Cendet Anakan Jantan Dan Betina

Burung cendet ada waktu tertentu berganti bulu atau yang di sebut dengan mabung. Mabung ada dua perbedaan yakni mabung dari anakan ke dewasa dan dewasa yang sedang berganti bulu baru. Ganti bulu anakan itu terjadi pada fase bulu anakan yang berganti dengan bulu dewasa. Coba perhatikan perbedaan bulu ketika masih anakan dengan yang sudah dewasa pasti berbeda.


Berganti bulu burung cendet dari anakan ke dewasa terjadi pada umur 5 - 6 bulan dari telur menetas. Sedangkan Mabung kedua tejadi setahun kemudian setelah burung cendet berganti bulu dari anakan.

Ketika burung cendet sudah mengalami mabung maka rawatan pada burung ini harus berbeda dari biasanya. Hal ini di lakukan agar proses mabung pada burung cendet kesayangan kita berjalan lancar atau berhasil.

Perawatan burung cendet saat mabung perlu mendapat perhatian khusus. Pasalnya burung cendet yang sedang mabung mengalami perubahan perilaku. Yakni burung cendet yang mabung berubah menjadi manja dan perubahan dalam kicauannya.

Burung cendet yang sedang masa mabung jangan diikut sertakan dahulu lomba burung berkicau. Intinya burung yang mabung perlu istirahat lama untuk memulihkan staminanya. Sebab burung mabung itu adalah burung yang sakit. Hal itu di lakukan karena burung mabung itu memerlukan waktu lama hingga tuntas masa mabungnya.


Rawatan Cendet Saat Mabung


Berikut ini adalah rawatan burung cendet ketika masa mabung melanda:

1. Hentikan Dahulu Pemandian dan Penjemuran


Ketika burung cendet mengalami masa mabung maka hentikan dahulu penjemuran dan pemandian sama sekali. Sebab jika ini tidak anda hindari maka proses mabungnya tidak akan berjalan lancar atau akan gagal.

Pemandian pada waktu masa mabung jika tetap di lakukan akan dapat menhambat rontoknya bulu. Sedangkan penjemuran dapat menganggu proses tumbuhnya bulu bulu baru, hal ini terjadi karena pori pori kulit kepanasan.

Jika anda ingin memandikan burung cendet tunggu saja setelah burung cendet selesai masa mabung atau bulu baru sudah mulai tumbuh sempurna. Untuk penjemuran juga sama lakukan setelah bulu baru selesai tumbuh semua.

2. Menjaga Kebersihan Sangkar


Pada proses mabung burung cendet, maka perlu di lakukan kebersihan kandang. Karena jika kandang merasa bersih akan membuat proses mabung burung cendet berjalan lancar sesuai waktu yang di tentukan.

Sebab jika sangkar atau kandang bersih akan membuat burung cendet merasa nyaman ketika mulai rontok bulu. Untuk membersihkan sangkar, lakukan 2 hari sekali saja agar tidak menganggu istirahatnya burung.

3. Menjaga Burung Tetap Merasa Kondusif


Burung cendet yang sedang mabung perlu menjaga agar tetap merasa kondusif. Karena jika tidak, burung akan mengalami stres, hal ini akan menghambat proses mabungnya tidak berjalan lancar.

Untuk menjaga kekondusifan burung maka tempatkan burung cendet yang sedang mabung di tempat yang sepi. Sepi dari manusia ataupun sepi dari suara burung lain. Tujuan menempatkan burung di tempat sepi agar burung merasa nyaman dan tidak menjadi giras.

4. Perhatikan Porsi Pakan


Dalam proses masa mabung burung cendet perlu di perhatikan juga masalah pakan. Jika burung cendet mulai rontok bulu maka berikan pakan voer yang lain dari biasanya atau berikan voer pakan ayam broiler. Sebab, voer pakan ayam broiler dipercaya dapat mempercepat proses rontok bulu dengan sempurna.

Bukan hanya voer saja, untuk extra fooding ketika burung cendet mabung berikan porsi yang cukup banyak dari biasanya. Karena pada masa mabung burung akan membutuhkan banyak protein untuk pertumbuhan bulu bulu baru. Denagn pemberian extra fooding yang lebih akan mencukupi protein yang di butuhkan.

Pada perawatan harian burung cendet sebelum mabung biasanya hanya di berikan jangkrik cuma 3 ekor maka berikan 2 sampai 3 kali lipat di pagi hari dan sore hari.

Nah, inilah Rawatan Cendet Saat Mabung semoga dengan artikel ini dapat membantu para kicau mania khususnya cendet mania dapat melakukan rawatan yang sempurna ketika burung kesayangannya mengalami mabung atau ganti bulu. Rawatan yang saya berikan ini juga dapat di terapkan ke burung selain burung cendet.

Posting Komentar untuk "Rawatan Cendet Saat Mabung"