Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rawatan Burung Cendet Pasca Mabung Dengan Benar

Cendet Pasca Mabung, Purwomp.com - Burung cendet ketika mabung memerlukan perawatan khusus agar mabungnya selesai dengan baik. Hal ini bukan hanya untuk burung cendet saja melainkan burung burung lainnya juga begitu. Setelah mabung selesai bukan berarti selesai sudah merawat burung tersebut. Untuk itu saya akan membagikan Rawatan Burung Cendet Pasca Mabung Dengan Benar.


Banyak dari penggemar burung cendet pentet toet yang merawat burung keayangannya habis mabung salah cara perawatannya. Mungkin hal itu jika selesai mabung maka sudah pula cara perawatan dan dilakukan perawatan sebelum mabung.

Burung cendet yang sewaktu mabung sampai selesai itu cenderung menurunnya performa mulai dari kicauan sampai staminanya. Stamina burung cendet yang menurun itu di akibatkan oleh menumbuhan bulu bulu barunya. Untuk memulihkan stamina seperti sebelum masa mabung maka berikan nutrisi ataupun multivitamin yang tersedia di kios kios penjual pakan burung.

Berikut Rawatan Burung Cendet Pasca Mabung Dengan Benar



  • Pagi hari buka kerodong angin anginkan atau di embunkan sampai pukul 07.00 pagi, setelah itu mandikan dengan cara di semprot atau dengan mandi sendiri.
  • Jemur burung cendet sampai dengan pukul 10.00 pagi hari. Jika cuaca tidak begitu panas maka dapat menambah durasi jemur sampai pukul 11.00.
  • Setelah di jemur angin anginkan di teras selama 20 menit sambil di bei EF berupa jangkrik 3 - 5 ekor.
  • Setelah di angin anginkan burung cendet di kerodong kembali sambil di masteri sampai pukul 15.00 sore.
  • Pada pukul 15.00 buka kerodong kembali dan mandikan kembali kemudian jemur lagi sampai pukul 16.00 atau sampai 17.00 sore.
  • Setelah itu berikan EF kembali berupa jangkriik 3 sampai 5 ekor saja.
  • Lakukan rawatan itu sampai burung memiliki kondisi yang seperti semula sebelum mabung.
  • Saat masa pemulihan stamina burung cendet, jangan melombakan burung cendet terlebih dahulu sampai burung cendet benar benar pulih sempurna.

Demikian cara Rawatan Burung Cendet Pasca Mabung Dengan Benar yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para kicau mania penggemar burung cendet.


Posting Komentar untuk "Rawatan Burung Cendet Pasca Mabung Dengan Benar"