Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan Yang Di Lindungi Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz, Purwomp.com - Jika di baca sekilas nama Lorent dalam benak kita pasti taman ini berada di luar negeri. Bukan, Taman Nasional Lorentz itu berada di Indonesia tepatnya di Pulau Papua. Selain Lorentz tanah Papua masih memiliki beberapa destinasi wisata yang banyak contohnya Raja Ampat yang terkenal dengan terumbu karang yang sedang viral di media sosial.

Bahkan terumbu karang yang ada di Raja Ampat tersebut terbesar kedua di Dunia. Hebat ya, di negara kita ini masih ada salah satu terumbu karang yang terjaga baik sampai saat ini. Hingga di akui dunia menjadi terumbu karang terbesar ke dua.

Keindahan di Taman Nasional Lorentz itu tiada duanya di dunia. Gunung, lembah, sungai, danau, hutan masih terjaga keasliannya. Belum lagi hewaan dan tumbuhan yang berada di Taman Nasional Lorentz ini.


Pada tahun 1999, UNESCO telah menobatkan Taman Nasional Lorentz sebagai salah satu situs warisan dunia. Dengan begitu lengkap sudah Situs Warisan Dunia yang ada di Indonesia kategori Keajaiban Dunia. Dimana kelima Keajaiban Dunia itu adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Sangiran, Taman Nasional Ujung Kulon, dan Taman Nasional Komodo (Pulau Komodo).

Taman Nasional Lorentz memiliki luas 2,5 juta Hektar sehingga taman ini di nobatkan sebagai Taman terbesar di Asia Tenggara. Taman Nasional Lorentz termasuk ke dalam lima kabupaten, yaitu Kabupaten Asmat dan Kabupaten Yahukimo di sebelah timur, Kabupaten Mimika di sebelah barat, serta Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Puncak Jaya di sebelah utara.

Berikut Hewan Yang Di Lindungi Taman Nasional Lorentz


Tercatat keanekaragaman fauna yang mendiami kawasan ini mencapai 630 jenis burung dan 123 mamalia.

Taman Nasional Lorentz memiliki beberapa jenis burung khas, yaitu


  • 2 jenis kasuari,
  • 4 megapoda,
  • 31 jenis merpati,
  • 30 jenis kakatua,
  • 13 jenis burung udang,
  • 29 jenis burung madu, dan
  • 20 jenis endemik di antaranya Puyuh salju (Anurophasis monorthonyx) dan Cendrawasih ekor panjang (Paradigalla caruneulata).

Puyuh salju (Anurophasis monorthonyx) merupakan salah satu satwa endemik yang kini sulit ditemukan. Ia hanya tinggal pada ketinggian 3.000 sampai 4.200 mdpl. Populasinya menurun seiring berjalannya waktu sehingga IUCN memasukkannya ke dalam kategori Near Threatened atau nyaris terancam punah.

Hal tersebut juga terjadi pada jenis burung cendrawasih elok yang sudah jarang terlihat di Taman Nasional Lorentz. Para Ahli Mamalogi menilai taman nasional ini sebagai daerah paling penting bagi varietas mamalia di Melanesia.

Sebesar 10 sampai 25 persen tercatat sebagai temuan jenis baru untuk Irian Jaya selama proses survei berlangsung. Jenis satwa baru dan langka antara lain kangguru pohon (Dendrolagus mbaiso dan Dendrolagus dorianus), tikus genus Stenomys, tikus raksasa (Mallomys aroaensis dan Mallomys istapantap), dan lain-lain.

Pihak pengelola telah mengidentifikasi sebanyak 64 jenis mamalia yang hidup di Taman Nasional Lorentz dan diperkirakan terdapat 90 hingga 100 jenis yang dapat hidup di dalamnya. (dilansir : https://foresteract.com/taman-nasional-lorentz)

Nah, itulah jenis hewan yang ada di Taman Nasional Lorentz yang di lindungi. Agar hewan hewan tersebut tidak punah maka tugas kita adalah menjaga tempat tersebut dari perburuan liar.

Fasilitas yang ada di Taman Nasional Lorentz belum lengkap karena Taman ini masih tahap pengembangan. Untuk berkunjung ke tempat ini kita memerlukan banyak biaya walaupun untuk masuk ke Taman ini masih gratis. Biaya banyak ini di perlukan kita dalam transportasi karena kita akan beberapa kali naik transport baik udara maupun laut.

Posting Komentar untuk "Hewan Yang Di Lindungi Taman Nasional Lorentz"