Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung Pleci Mencret, Begini Cara Merawatnya

Burung Pleci Mencret / Diare, Purwomp.com - Salah satu penyebab terjadi burung pleci mencret adalah kita lalai dalam menjaga kebersihan kandang. Selain itu pakan juga dapat mengakibatkan burung pleci mengalami mencret. Kebanyakan burung pleci makan pisang atau pepaya juga dapat mengakibatkan burung pleci diare.


Ada juga penyebab selain di atas yakni air minum yang kurang bersih atau air yang kita berikan kotor. Dapat juga karena wadah air minum tidak sering di cuci sampai sampai wadah tersebut penuh dengan lumut, hal tersebut juga dapat mengakibatkan burung pleci mencret.

Cuaca juga dapat mempengaruhi kesehatan pada pencernaan burung pleci yakni cuaca pada saat dingin atau sering turun hujan. Dan saat musim musim begini perlu di waspadai kesehatan burung pelci dengan cara sangkar di kerodong. Hal ini akan membuat burung pleci merasa nyaman dan hangat berada di dalam kerodong.

Jika burung pleci kesayangan kita sudah terlanjur mengalami mencret, maka langkah yang kita tempuh yakni dengan mengobatinya. Banyak sekali obat mencret pada burung ocehan yang di perjual belikan di pasar pasar atau kios kios penjual pakan serta obat obatan ternak. Namun tidak ada salahnya jika kita meracik obat mencret pada burung sendiri, agar lebih alami.

Banyak bahan dari alam yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati burung pleci atau burung ocehan lainnya yang sedang mencret. Dari bahan bahan alam tersebut kita dapat menjauhkan burung kesayangan kita dari bahan kimia yang tidak baik untuk burung kesayangan kita.

Burung Pleci Mencret, Begini Cara Merawatnya


Berikut beberapa bahan dari alam yang dapat di manfaatkan sebagai obat mencret :

1. Daun Buah Jambu Biji


Ambil beberapa helai daun jambu biji yang masih muda, kemudian rebus dengan air 2 gelas hingga mendidih. Setelah mendidih diamkan sampai dingin lalu berikan ke burung pleci kesayangan anda. Jika air rebusan itu masih sisa dapat di simpan dalam kulkas untuk di berikan keesokan harinya.

2. Berikan Buah Apel


Pleci sangat suka sekali makan buah apel, buah apel mengandung banyak vitamin serta beberapa manfaat uuntuk kesehatan burung pleci. Biasanya pleci yang mencret jika di berikan buah apel dalam sehari sudah sembuh.

3. Cairan Oralit


Dalam pembuatan minuman oralit, kita hanya memerlukan dua bahan saja yakni sebagai berikut :

  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/8 sendok teh garm
dari kedua bahan diatas campur dengan air setengah gelas, lalu aduk hingga larut semuanya. Sesudah itu berikan ke burung pleci kesayangan anda dengan wadah yang bersih.

Nah, itulah beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati burung pleci yang mencret. Selain burung pleci dapat juga di berikan ke burung lainnya seperti burung kacer, burung murai batu, burung cucak ijo, burung cendet / pentet, burung emprit kaji, burung trucukan dll.

Dan perlu di ingat saat burung pleci mengalami mencret maka jangan berikan buah pisang dan pepaya terlebih dahulu. Berikaan saja pakan yang kering seperti voer atau pakan jenis lainnya yang kering.

Demikian Cara merawat burung peci yang mencret atau diare yang dapat saya sampaikan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kicau mania semua di seluruh nusantara. Sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Burung Pleci Mencret, Begini Cara Merawatnya"