Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas

Penyebab Telur Lovebird Tidak Menetas, Purwomp.com - Bagi peternak burung lovebird pemula pasti mengalami telur burungnya yang sudah waktunya menetas tak kunjung menetas. Hal itu biasanya di anggap hal sepele, namun bagi peternak lovebird senior atau sudah lama itu menjadi kendala tersendiri. Untuk itu bagi peternak pemula harus lebih dulu mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi telur burung love bird itu tidak menetas.

Perlu di ketahui juga, burung lovebird betina walau tanpa lovebird jantan dapat bertelur. Maka dari itu jika dalam beternak lovebird pastikan dulu jika burungnya melakukan perkawinan. Jika burung lovebird sudah kita ketahui melakukan perkawinan, akan tetapi telur tidak menetas maka perhatikan hal hal berikut ini :


10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas


1. Pasangan Sejenis Yakni Lovebird Betina Dengan Lovebird Betina


Sudah saya katakan di atas bahwa burung lovebird betina itu walau tanpa jantan dapat bertelur. Maka dari itu pastikan bahwa yang kita ternak itu sepasang antara lovebird jantan dan lovebird betina. Burung lovebird yang berjenis kelamin sama yakni betina dan betina itu juga melakukan perkawinan, namun jika kita perhatikan nanti yang di atas akan bergantian. Dan ciri lainnya adalah jika bertelur maka jumlah telurnya banyak karena keduanya sama sama bertelur.

Untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina dapat anda baca Cara Bedakan Lovebird Jantan dan Lovebird Betina

2. Tidak Ada Pembuahan


Walau burung lovebird itu kita ketahui melakukan perkawinan, akan tetapi hal itu tidak terjadi pembuahan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidak ada pembuahan walau di ketahui melakukan perkawinan. Faktor faktor yang menyebabkan adalah

Pertama, pangkringan yang terlalu kecil sehingga di waktu kawin burung lovebird betina tidak kuat dalam mencengkeram sehingga belum ada pembuahan burung lovebird betina sudah jatuh dari pangkringan.

Kedua, ada gangguan burung lovebird lainnya disaat burung loebird sedang melakukan indehoi. Sehingga sebelum pembuahan burung tersebut sudah kabur karena aa gangguan tadi.

Ketiga, burung lovebird kaget saat sedang melakukan perkawinan ada orang lewat atau benda asing yang terlintas. Pokoknya intinya kaget.

3. Pakan Yang Memiliki Kualitas Jelek


Pada masa perkawinan burung lovebird yang kita ternak harus di perhatikan pakannya. Jangan hanya memberikan pakan berupa milet putih saja melainkan di beri asupan pakan lainnya seperti sayur dan pakan yang mengandung nutrisi tinggi. Atau kita dapat mencampur bebera[a biji bijian untuk pakan di saat burung lovebird di masa produksi.

4. Induk Yang Tidak Mau Mengerami Telurnya


Banyak kasus yang terjadi burung lovebird tidak mau mengerami telurnya, hal ini terjadi biasanya pada indukan yang baru. Artinya burung lovebird yang pertama kali bertelur. Selain itu ada juga faktor yang menyebabkan burung tidak mau mengerami salah satunya adalah gangguan. Baik itu gangguan dari hewan lainnya ataupun dari manusia. Terlalu sering kita melihat isi dalam glodok itu juga mempengaruhi burung enggan untuk mengeram, itu jika burung memiliki sifat yang sensitif.

Untuk itu dalam penempatan kandang ternak jauhkan dari gangguan hewan lainnya dan juga manusia. Taruhlah kandang pada tempat sepi yang jarang di lalui manusia dan juga janganlah sering sering kita buka glodoknya yang untuk bertelur itu.

5. Cuaca Pada Kandang


Cuaca pada kandang juga dapat mempengaruhi telur itu dapat menetas atau tidak. Kandang jangan terlalu panas cuacanya dan juga jangan terlalu lembab. Penempatan kandang yang baik adalah pada pagi hari mendapat sinar matahari pagi, pada siang hari tidak terlalu panas, serta tidak lembab. Untuk itu tempatkan kandang pada tempat yang teduh, kering serta sirkulasi udara yang bak.

6. Gangguan Hewan


Gangguan hewan lainnya juga dapat mempengaruhi telur dapat menetas atau tidak menetas. Hewan yang sering menjadi penganggu adalah kutu atau orang jawa menyebut dengan gurem, cicak, semut dan hewan lainnya yang sering menganggu. Untuk itu jauhkan dari hewan hewan tersebut agar pada saat burung mengerami telurnya merasa nyaman.

7. Masih Muda Indukan Lovebird


Umur burung lovebird juga harus di perhitungkan yakni usia yang ideal untuk di ternak burung lovebird lebih dari 8 bulan baik jantan maupun betina. Tak jarang ada juga burung lovebird yang usia 7 bulan sudah dapat menetaskan telurnya hal itu tergantung dari bibit burung tersebut. Untuk lebih amannya carilah indukan yang sudah berumur lebih dari 8 bulan.

8. Bentuk Glodok


Nah, yang satu ini biasanya tidak di perhitungkan oleh peternak dalam ternak burung lovebird. Padahal glodok sangatlah penting atau salah satu benda yang wajib di persiapkan dengan baik. Karena glodok merupakan tempat untuk menyimpan telur burung lovebird tersebut.

Siapkan glodok yang luas serta terbuat dari kayu yang keras agar burung lovebird disaat bertelur dan mengerami telurnya merasa aman dan nyaman. Jika glodok terlalu sempit maka burung akan merasa kurang dalam bergerak dalam glodok.

9. Kesehatan Burung Lovebird Yang Menurun


Kesehatan burung lovebird menjadi kendala yang utama dalam telur itu menetas atau tidak menetas. Karena jika kedua burung itu salah satunya kurang fit maka pembuahannya tidak akan berhasil dengan baik. Hal ini terjadi biasanya disaat burung lovebird mengalami mabung atau ganti bulu.

Jika burung lovebird sedang mengalami mabung maka lebih baik di rawat dahulu dengan baik sampai mabungnya tuntas. Jika begitu maka setelah mabungnya usai pembuahan disaat perkawinan akan sempurna dan akan membuat telur menetas.

10. Mandul atau Infertil


Salah satu burung lovebird atau keduanya memiliki kelainan infertil maka sampai kapanpun telur yang di hasilkan tidak akan pernah menetas. Hal ini dapat kita ketahui setelah beberapa kali bertelur tidak ada penetasan bahkan telur yang di hasilkan tidak selalu tidak ada embrionya. Salah satu cara adalah mengganti pasangan tersebut dengan burung yang lain.

Demikian 10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para peternak yang ingin memulai ternak burung lovebird.


Posting Komentar untuk "10 Penyebab Telur Burung Lovebird Tidak Menetas"