Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif Reza Abdul Jabbar Yang Sukses Ternak Sapi Di Selandia Baru

Reza Abdul Jabbar, purwomp.com - Untuk saat mencari pekerjaan yang kita inginkan begitu sulit, apalagi untuk saat ini banyak orang orang pandai yang memiliki banyak skill sehingga persaingan di dunia pekerjaan semakin ketat. Dari pada kita bekerja untuk orang lain kenapa kita tidak berpikir untuk memiliki usaha mandiri yang kita kelola sendiri dan kita sendiri yang menjadi bos nya.

Apalah daya usaha yang ada di Indonesia ini juga sudah beraneka ragam jenisnya mulai dari kuliner hingga properti rumah. Dalam persaingan usaha di Indonesia ini juga begitu sulit untuk kita lakukan bahkan meraih sukses. Tak jarang banyak orang yang menjadi pengusaha di luar negeri sebab disana persaingannya masih sangat kecil. Orang Indonesia yang usaha di luar negeri kebanyakan tentang makanan atau kuliner.

Foto: google.com

Berbeda dengan pria yang satu ini, dia memberanikan diri untuk menjadi pengusaha peternakan sapi di Selandia Baru. Pria asli Indonesia ini sejak kecil sudah bercita cita ingin menjadi pengusaha ternak sapi. Disana beliau sudah memiliki ribuan sapi perah dalam peternakannya.

Reza Abdul Jabbar, kelahiran Pontianak Kalimantan Barat pernah belajar di Sekolah Dasar (SD) 29 Pontianak. Kemudian setelah lulus SD melanjutkan ke jenjang selanjutnya yakni SMP 3 Pontianak. Lalu setalah SMP melanjutkan ke SMA yang ada di Jakarta, namun beliau belajr di SMA cuma sampai kelas 2 saja. Sejak saat itu beliau memutuskan untuk melanjutkan studynya ke Selandia Baru.

Beliau waktu di selandia Baru tidak punya kerabat atau keluarga yang ada disana. Beliau di Selandia Baru benar benar sebatang kara, di kemudian hari beliau bertemu dengan orang baik di tempat tinggalnya. Ayah dari Reza Abdul Jabbar sendiri merupakan pengusaha kontaktor yang ada di Kalimantan.

Setelah lulus SMA, beliau melanjutkan pendidikannya di salah satu Fakultas Pertanian dan Peternakan di Massey University sampai meraih gelar S2 nya. Setelah itu beliau pernah bekerja di peternakan sapi potong, domba dan kambing. Sehingga beliau tahu seluk beluk yang ada di peternakan.

Setelah bekerja di dunia peternakan di beberapa tempat, beliau memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri di bidang peternakan sapi perah. Dengan pengalaman yang beliau dapat saat bekerja dulu, kemudian pengalamannya tersebut beliau terapkan di peternakannya hingga ternaknya sukses dan menjadi besar.

Kisah Inspiratif Reza Abdul Jabbar Yang Sukses Ternak Sapi Di Selandia Baru


Pertama kali Reza Abdul Jabbar membuka usaha ternak sapi perah, beliau cuma modal 20 ekor sapi saja. Harga dari 1 ekor sapi pada saat itu di banderol seharga Rp. 9,5 juta rupiah. Reza Abdul Jabbar yang berawal dengan membuka usaha 20 ekor sapi hingga saat ini sapinya sudah mencapai ribuan ekor.

Awal awal Reza Usaha ternak sapi, beliau masih ngontrak di lahan orang lain dengan bagi hasil 50:50 dengan pemilik lahan. Setelah 3 tahun meminjam lahan orang lain kemudian beliau pindah ketempat lain. Di tempat barunya tersebut beliau di beri kemudahan untuk membeli lahan untuk peternakannya. Hingga sekarang lahan yang untuk ternak sapinya sudah mencapai 800 hektar. Beliau dalam merawat sapi sapinya di bantu oleh 6 orang karyawannya.

Di peternakan sapinya, Reza Abdul Jabbar tidak mempekerjakan banyak manusia melainkan sudah banyak di kerjakan oleh mesin dan tenaga robot. Untuk memerah susu sapi miliknya beliau sudah memakai mesin robot mekanik.

Hingga saat ini susu hasil dari peternakan Reza Abdul Jabbar yang ada di Selandia Baru menghasilkan 120 juta liter susu per tahun. Dan kini beliau membangun koperasi pengolahan susu bernama Fonterra di Edendale dan beliau juga bekerja sama dengan beberapa peternak sapi disana.

Tahun 2012 lalu, koperasi Fonterra mampu menghasilkan keuntungan sebesar USD 7 miliar. Hasil yang di dapatnya hingga seperti itu berkat kerja kerasnya dan mencintai apa yang dia sukai.

Kisah inspiratif ini bisa kita ambil hikmahnya yakni bekerjalah dengan ikhlas dan bekerja dengan sepenuh hati, berawal dari cita cita dan keinginan yang besar bisa membuahkan hasil yang tidak terkira.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Reza Abdul Jabbar Yang Sukses Ternak Sapi Di Selandia Baru"