Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dalam Ternak Pleci Harus Perhatikan Hal Hal Berikut Agar Berhasil

Ternak Burung Pleci, purwomp.com - Pada dasarnya beternak burung pleci seperti ternak burung lainnya. Namun, yang membedakan hanyalah dalam ternak pleci mau ke arah mana maksudnya ternak jenis varian apa dan sasaran yang akan di capai. Berbagai ternak pleci sudah banyak di jabarkan dari kawan kawan pleci mania yakni cara ternak pleci koloni, sangkar gantung, ternak pleci dakun, ternak pleci full campur, ternak pleci kandang aviary, ternak pleci montanus, ternak pleci ombyokan, ternak pleci pemula, ternak pleci poligami, ternak pleci silangan.


Yang perlu anda ketahui jika ingin ternak pleci adalah anda harus perhatikan 6 hal berikut ini. Dari ke enam hal tersebut harus kita penuhi, jika tidak maka kita akan gagal dalam ternak pleci. Apa saja ke-enam hal tersebut berikut hal hal yang harus di perhatikan :


  1. Kandang
  2. Indukan
  3. Penjodohan
  4. pengeraman
  5. perawatan
  6. pakan

Agar tahu dan tidak bingung maka saya jabarkan ke enam hal di atas agar dapat di mengerti dengan baik oleh anda semuanya yang ingin ternak burung pleci.

Dalam Ternak Pleci Harus Perhatikan Hal Hal Berikut Agar Berhasil


1. Kandang


Dalam beternak burung pleci kandang sangatlah penting, jika tidak ada kandang mau di taruh mana burung pleci tersebut. Kandang yang sebaiknya di gunakan untuk ternak burung pleci dengan ukuran panjang 40, lebarnya 35 dan memiliki tinggi 50 cm. Kandang yang digunakan ternak pleci sama persis ukuran kandang untuk burung kenari.

Untuk penempatan kandang, taruh kandang di tempat yang sepi, jauh dari lalu lalang manusia, jauhkan dari suara bising dan lain lain. Yang penting kandang ternak burung pleci tersebut jauh dari keramaian, agar burung pleci lebih nyaman dan tenang saat di ternakan.

Bukan hanya jauh dari keramaian saat menaruh kandang ternak pleci, namun juga harus perhatikan suhu sekitar kandang. Jika suasana panas, maka berikan kipas kecil agar burung pleci tidak kepanasan, Sebaliknya jika musim penghujan atau dingin maka berikan penghangat berupa lampu bohlam. Burung pleci itu suka dengan suhu yang normal atau biasa biasa saja.

Selain menggunakan kandang gantung saat ternak pleci, pleci juga dapat di ternak dalam sangkar soliter atau koloni. Dalam menyeting kandang koloni usahakan sebaik mungkin mirip di habitat liar (aslinya). Dengan cara memberikan pepohonan kecil atau di beri bunga bunga agar pleci betah di dalam sangkar sehingga akan membuat burung pleci cepat bertelur dan menghasilkan anak.

Sedangkan untuk penempatan telur burung pleci kita dapat menyiapkan sarang yakni dengan membeli yang ada di kios kios burung yang biasa untuk sarang burung emprit (finch). Jika malas beli kita dapat membuatnya sendiri dengan menggunakan kawat strimin. Berikan pada sarang berupa serat nanas, serabut kelapa, daun cemara, kapas dan lain sebagainya.

2. Indukan


Untuk pemilihan indukan pleci yang baik adalah burung tidak memiliki cacat fisik, bulu yang rusak, pleci sudah jinak. Kenapa pilih pleci yang sudah jinak? karena burung yang jinak akan membuat burung tidak mudah stres saat kita dekati. 

Pilihlah burung pleci yang memiliki karakter mental yang unggul di banding burung pleci lainnya. Contohnya seperti burung pleci jantan sudah berkicau gacor, sudah buka paruh, sudah memiliki umur 1 tahun keatas dan burung pleci betina sudah berumur 1,5 tahun serat sudah jinak. Pilihlah burung pleci yang memiliki satu jenis (genus) agar tidak rusak keturunananya.

3. Penjodohan


Pada proses penjdohan burung pleci harus memperhatikan jenis kelamin burung pleci jantan dan burung pleci betina. Untuk mengetahui jenis kelamin burung pleci anda dapat membacanya disini Cara membedakan jenis kelamin burung pleci jantan dan betina.

Perhatikan juga umur burung pleci tersebut, umur penting saat masa reproduksi burung pleci agar memiliki anakan yang berkualitas baik. Untuk burung pleci jantan harus sudah berumur 1 tahun ke atas, sedangkan pleci betina sudah memiliki umur 1,5 tahun.

Untuk penjodohan burung pleci ada 2 cara yakni sebagai berikut :
  • Menempelkan kandang pleci jantan dan betina sampai burung benar benar jodoh, untuk mnegetahui sudah jodoh burung tersebut saat malam hari menempel. Jika di pisah pleci yang jantan akan mencarinya dengan di tandai sering mengeluarkan call atau ocehan alasan yang di sertai buka paruh.
  • Dengan cara di koloni dengan mesukkan beberapa burung jantan atau betina agar burung mencari jodohnya sendiri.

4. Pengeraman


Burung pleci memiliki masa pengeraman telur tidak lama yakni sekitar 2 minggu an. Setelah di pastikan telur tersebut di buahi oleh pleci jantan maka jika sudah saatnya maka telur akan menetas. Pada saat burung sudah mengerami telur usahakan situasi sekitar kandang tidak bising atau ramai. Hal ini di maksudkan agar saat pengeraman pleci betina tidak merasa terganggu.

5. Perawatan


Dalam perawatan burung pleci sangatlah mudah, jika burung pleci betina sudah mengerami telurnya maka pleci jantan dapat dipisah atau juga dapat di campur jadi satu sampai telur menetas. Hal ini untuk menghindari burung pleci betina enggan untuk mengerami telurnya.

6. Pakan


Mulai dari penjodohan, burung pleci mengeram hingga saat meloloh anak perhatikan pakan yang di berikan ke pleci. Saat penjodohan berikan pakan yang memiliki kualitas baik agar burung dapat bersam sam birahi sehingga akan mempercepat masa penjodohan. Disaat burung pleci mengeram berikan pakan yang biasa biasa saja atau yang tidak menimbulkan birahi burung pleci naik.

Pada masa burung meloloh anaknya maka siapkan pakan yang berupa hewani seperti ulat kandang, ulat hongkong, kroto, jangkrik serta jangan luppa berikan buah. Buah yang baik di berikan ke burung pleci seperti pepaya, pisang, pir, apel, jambu dan buah lainnya.

Kita dapat mengambil anakan burung pleci untuk diloloh sebaiknya sudah berumur minimal 10 hari dari menetas. Berikan pakan lolohan berupa voer yang di campur dengan air hangat dan di campur lagi dengan kroto. Pengambilan anakan burung pleci ini di maksudkan agar burung pleci kelak tidak giras.

Perhatikan pula kebersihan kandang ternak dan kebersihan anakan saat kita loloh sendiri. Agar anakan pleci terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Dalam Ternak Pleci Harus Perhatikan Hal Hal Berikut Agar Berhasil. Semoga posingan ini membawa manfaat bagi plema semuanya yang ingin beternak burung pleci.




Pencarian Terkait :

ternak pleci
ternak pleci koloni
ternak pleci di sangkar gantung
ternak pleci dakun
ternak pleci full campur
ternak pleci kandang aviary
ternak pleci montanus
ternak pleci ombyokan
ternak pleci pemula
ternak pleci poligami
ternak pleci silangan

Posting Komentar untuk "Dalam Ternak Pleci Harus Perhatikan Hal Hal Berikut Agar Berhasil"