Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Settingan Lomba Burung Trucukan Dan Rawatan Harian

Lomba Burung Trucuk, purwomp.com - Burung trucukan merupakan burung yang suka berkoloni di habitat aslinya. Di karenakan itu maka settingan trucuk untuk lomba dan perawatan trucuk buat lomba itu berbeda beda.

Waktu merawat burung trucuk dalam kesehariannya yang untuk lomba itu berbeda karakter. Ada yang sendiri atau single fighter ada juga yang harus di koloni atau di berikan betina dalam satu kandang.

Untuk burung trucuk untuk lomba dalam merawat hariannya berbeda dengan burung yang hanya di dengarkan kicauannya di rumah. Mulai dari pakan, EF (extra fooding), pemandian, dan penjemuran.

lomba burung trucukan, Foto:www.youtube.com

Dalam merawat burung trucuk lomba pada pagi hari sekitar jam 5 sampai jam 7 pagi di embunkan, agar burung mendapatkan udara segar dan agar seperti di habitat aslinya jika di pagi hari burung ini suka sekali berkicau.

Setelah burung di embunkan maka selanjutnya adalah memandikan burung trucuk di pagi hari. Dalam pemandian sendiri ada dua perlakuan yakni mandi sendiri dalam karamba atau dengan cara di semprot. Usahakan dalam memandikan burung trucuk hingga basah kemudian di angin anginkan saja agar bulu trucuk tidak rusak.

Setelah burung trucuk di mandikan maka langkah selanjutnya di berikan pakan voer yang bernutrisi serta berikan EF berupa buah dan juga hewani seperti jangkrik, ulat dll. Dalam pemberian buah dalam satu minggu di ganti ganti buahnya agar burung tidak bosan. Menurut saya sendiri burung trucuk mau gacor itu di beri buah pepaya, sebab saya punya di rumah jika di beri buah pepaya maka burung trucuk saya berkicau dari pagi sampai sore.

Dan setelah di berikan berupa EF maka selanjutnya di taruh di rumah secara sendiri atau di koloni menurut settingan harian masing masing burung. Sebab burung itu memiliki karakter yang berbeda beda.

 Settingan Lomba Burung Trucukan Dan Rawatan Harian


Burung trucuk yang ingin di ikutkan lomba berkicau maka satu minggu sebelumnya harus di persiapkan. Bagaimana caranya dalam menyiapkan atau settingan lomba burung trucuk.


cara merawat trucuk untuk lomba
settingan lomba burung trucuk

Kenali dahulu burung anda saat di rumah, contohnya begini burung trucuk anda jika di rumah kalau sendiri gacor. Nah itu yang kita pakai dalam merawatnya dalam satu minggu sebelum lomba. Burung ini memiliki karakter harus di sendirikan atau jangan sampai mendengar suara burung trucuk lainnya.

Jika sebaliknya, burung trucuk mau berkicau gacor saat di tempelkan burung trucuk lainnya. Maka dalam settingan lombanya satu minggu sebelumnya di tempel dengan burung trucuk lainnya.

Dalam merawat harian sebelum hari H lomba, rawat saja seperti sehari hari anda merawat burung trucuk anda.

Rawatan pada hari H perlombaan burung berkicau.

  • pagi hari embunkan dan jemur sebentar
  • setelah itu semprot lembut lalu anginkan sebentar
  • krodong dan simpan dalam rumah
  • jika ingin berangkat berikan jangkrik 2 ekor saja
  • saat mau berangkat krodong sangkar di semprot dengan air agar dingin

Rawatan saat di tempat perlombaan burung berkicau
  • buka krodong dan gantung di tempat sepi sambil di awasi
  • jika sudah mau berbunyi maka krodong lagi atau juga tidak usah tergantung karakter burung trucuk anda
  • sebelum naik di gantangan berikan jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong 3 agar birahi burung trucuk meningkat
  • semprot burung dengan lembut sedikit saja ini di maksudkan agar burung merasa nyaman atau dingin
Rawatan setelah / pasca burung trucuk di lombakan
  • mandikan burung sampai basah kuyup
  • lalu berikan buah dan jangkrik 1 ekor saja
  • kemudian angin anginkan hingga kering bulu bulunya
  • setelah itu krodong lagi dan taruh pada tempat yang dingin
  • untuk besoknya rawatlah dengan rawatan harian burung anda

Nah, begitulah Settingan Lomba Burung Trucukan Dan Rawatan Harian. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan berikan komentar di bawah postingan ini.

Jangan terpacu dengan rawatan yang saya berikan di atas sebab burung memiliki karakter yang berbeda beda dan rawatan yang berbeda pula. Kenapa saya sering menyebutkan burung trucuk harus dalam keadaan dingin? sebab burung trucuk ini suka sekali cuaca yang dingin. Jika udara di sekitar dingin maka burung trucuk akan suka sekali berkicau.

Sekian dulu semoga postingan saya ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan dalam merawat burung trucuk saat di rumah maupun di lapangan.





Postingan Terkait :

seting trucuk lomba
cara setting trucuk untuk lomba
perawatan settingan trucuk lomba
setting trucuk lomba
settingan trucuk buat lomba
settingan trucuk lomba
settingan trucuk untuk lomba

Posting Komentar untuk "Settingan Lomba Burung Trucukan Dan Rawatan Harian"