Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kroto Berbahaya Untuk Burung Pleci dan Itu Perlu Di Waspadai

Bahaya Kroto Untuk Pleci, purwomp.com - Kroto atau telur semut rangrang ini merupakan makanan yang di sukai oleh burung kicauan tak terkecuali burung pleci. Kroto yang memiliki kandungan nutrisi tinggi ini sangat di perlukan oleh burung berkicau untuk mendongkrak stamina dan birahi. Namun, jika dalam pemberian kroto ke burung pleci kesayangan anda berlebihan maka akan berdampak terhadap performa burung pleci. Jadi takaran kroto untuk burung pleci harus pas.

Memberikan porsi kroto untuk pleci yang banyak akan mengakibatkan burung terlihat kegemukan, kekenyangan dan dapat mengakibatkan over birahi yang tinggi. Jika sudah begitu burung pleci akan malas berkicau dan yang di tonjolkan hanya sifat petarungnya saja atau cuma loncat kesana kemari.

Pemberian kroto untuk burung pleci memang tidak di larang, namun harus sesuai dengan porsi yang di berikan agar burung terlihat sehat dan selalu mengeluarkan kicauannya. Dalam memberikan kroto harus hati hati sebab akhir akhir ini ada penjual kroto yang nakal, menjual kroto yang sudah tidak layak di konsumsi burung. Untuk itu anda harus terlebih dahulu mengetahui ciri kroto yang baik dan mana yang sudah tidak layak untuk di berikan ke burung.


Kroto yang siap untuk di komsumsi itu memiliki ciri putih bersih, masih adanya semut rangrang di sekitar kroto. Jika ingin lebih aman lagi cari kroto sendiri di kebun walau dapat sedikit tapi aman untuk burung pleci kesayangan kita.

Sebelum anda membeli kroto alangkah baiknya anda mengetahui ciri ciri kroto yang baik dan masih untuk layak di konsumsi burung pleci. Berikut saya berikan cuplikan ciri ciri kroto yang baik dan aman untuk dimakan burung pleci anda dan ciri kroto yang sudah tidak layak untuk di berikan ke burung pleci anda :

Ciri Kroto Yang Baik atau Layak Di Konsumsi



  • Berwarna putih bersih
  • Masih adanya semut rangrang yang mengerubung di telur kroto
  • Adanya ranting kecil kecil dan daun kering walau sedikit
  • Bentuk kroto bervariasi mulai dari kecil sampai yang besar ada
  • Kroto tidak berbau busuk
  • Belum berjamur atau berubah warna kekuning kuningan

Ciri Kroto Yang Sudah Tidak Layak Konsumsi


  • Berwarna kekuning kuningan
  • Sudah tidak adanya semut rangrang yang masih hidup di sekitar kroto
  • Kroto sudah berbau tidak sedap
  • Memiliki tekstur yang keriput bahkan kempis
  • Mengempal atau menempel jadi satu

Untuk kroto yang sudah basi atau berjamur, jika di berikan ke burung leci tidak bagus atau dapat mengakibatkan kematian. Bila kroto yang sudah tidak laya konsumsi tetap di berikan ke burung pleci, pleci akan mengalami gejala mencret bahkan suaranya hilang atau serak.

Oleh karena itu tidak di anjurkan memberikan kroto yang basi untuk burung pleci kesayangan anda walau dengan alasan apapun. Hindari juga kroto yang sudah di campur dengan bahan pengawet. Kroto yang berpengawet memiliki ciri putih bersih dan tidak adanya semut rangrang yang mengerubungnya.

Jika anda menemukan kroto seperti di sebutkan di atas di penjual pakan burung alangkah baiknya hindari untuk membeli. Lebih baik mencari pakan pengganti kroto untuk pleci seperti ulat kandang, ulat hongkong dan lain sebagainya.

Nah, itulah Kroto Berbahaya Untuk Burung Pleci dan Itu Perlu Di Waspadai yang dapat saya sampaikan. Semoga postingan bermanfaat untuk para kicau mania semuanya agar terhindar dari penjual kroto yang nakal.



Pencarian Terkait :

kroto untuk pleci
kroto sari untuk pleci
takaran kroto untuk pleci
pengganti kroto untuk pleci
bio kroto untuk pleci
fungsi kroto untuk pleci
khasiat kroto untuk pleci
manfaat kroto untuk pleci
pemberian kroto untuk pleci
porsi kroto untuk pleci

Posting Komentar untuk "Kroto Berbahaya Untuk Burung Pleci dan Itu Perlu Di Waspadai"