Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia!! Ciri Burung Trucukan Jantan Yang Bermental Bagus

Ciri Trucukan Bagus, purwomp.com - Burung trucuk di pelihara sebagian orang hanya sebagai burung idaman atau klangenan di rumah. Burung trucuk di berbagai daerah memiliki sebutan yang berbeda beda antara lain burung trucuk, burung trotokan, burung TR, burung cukcuk dan lain sebagainya.

Tentu kita dalam memelihara burung trucukan dalam hal memilih tentunya memilih yang bagus, agar kita dengan cepat mendengarkan alunan kicauannya setiap harinya. Kerap kali kita melihat ombyokan burung trucuk di pasar burung amat banyak dalam satu kandang. Di saat itulah kita dalam memilih mana yang memiliki mental bagus serta ciri trucukan yang jantan teramat sulit kalau belum mengetahuinya.

ciri burung trucukan jantan bermental bagus

Kenapa kita dalam memilih burung trucukan harus yang jantan? Karena hanya burung trucukan jantan yang dapat berkicau dengan variasi banyak.

Burung trucukan betina juga dapat berkicau dengan bagus jika di rawat dengan bagus pula. Namun, tucukan betina kicauannya monoton atau itu itu saja lagu yang di bawakannya.

Terus bagaimana cara membedakan burung trucukan jantan dan betina? Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca klik link ini perbedaanya burung trucukan jantan dan betina.

Untuk mengetahui ciri burung trucukan yang memilki mental bagus cirinya sebagai berikut :

1. Dalam memilih burung trucuk usahakan yang sudah lama di rawat walaupun dalam ombyokan maupun yang sudah di sendirikan. Sebab yang sudah di rawat lama sudah memiliki kebiasaan dekat dengan manusia sehingga burung sudah tidak takut lagi dengan manusia.

2. Memiliki bulu yang rapi, sebab burung trucukan yang memiliki bulu rapi walau dalam ombyokan burung ini sudah rajin sekali menata bulu bulunya. Artinya burung ini sudah di pastikan memiliki mental yang bagus walau dekat dengan manusia.

3. Sering mengeluarkan suara call dan jambul di kepala berdiri terus, hal ini di karenakan burung sudah mapan dengan begitu wajib kita pantau terus burung seperti ini atau kita sendirikan dahulu dalam kandang lainnya.

4. Gerakan yang agresif pada burung TR ombyokan sudah berkurang dan banyak diam menata bulu atau merapikan bulu dan berbunyi serta memiliki nafsu makan yang besar. Ini menandakan burung trucuk sudah tidak takut lagi dengan manusia.

5. Tentunya pilih burung trucuk yang sehat jasmani maupun tidak ada yang cacat pada tubuhnya. Serta pilih burung yang gemuk dan jangan pilih burung yang memiliki badan kurus.

Sedangkan ciri lain burung trucukan jantan yang bagus adalah seperti berikut ini :

1. Bulu di atas kepala sering jambul atau berdiri.
2. Memiliki bulu pada telinga di samping kiri dan kanan kepalanya menonjol atau sedikit keluar.
3. Terdapat 2 helai bulu halus di belakang kepala yang warnanya hitam, mirip seperti bulu rambut manusia.
4. Memiliki mata bulat, melotot dan memiliki kacamat di sekitar mata berwarna hitam pekat.
5. Sering mengeluarkan nada call yang agak ngebass
6. Memiliki paruh yang tebal, lurus, panjang serta kuat
7. Memiliki body yang besar, ramping, serta panjang

Rahasia!! Ciri Burung Trucukan Jantan Yang Bermental Bagus


Setelah kita sudah dapat apa yang kita hendaki yakni memiliki burung trucukan jantan yang bermental bagus, langkah selanjutnya adalah perawatan pertama setelah dari pasar burung. Simak ulasannya berikut ini :

1. Berikan buah dan air yang di beri vitamin. Buah yang bagus diberikan pada burung trucuk adalah pisang kepok, buah pepaya, buah apel, buah tomat dan lain lainnya.

2. Gantung kandang dekat dengan suara air gemericik atau di berikan suara terapi air juga boleh.

3. Pagi harinya embunkan burung trucuk pada jam 5 pagi. Hal ini akan memancing burung untuk cepat berkicau, sebab di habitat aslinya burung trucuk jika pagi hari sudah ramai berkicau.

4. Rawat burung trucuk secara konsisten, artinya jangan merubah pola rawatan yang kita terapkan sejak awal kita pelihara. Rawatan harian ini meliputi pemandian burung, pemberian EF seperti Jangkrik, ulat hongkong atau ulat kandang serta buah buahan.

5. Jika burung belum mau makan voer, sejak saat itu harus segera di latih makan voer, sebab untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh burung trucuk.

Demikian pembahasan tentang Rahasia!! Ciri Burung Trucukan Jantan Yang Bermental Bagus yang bisa saya sampaikan. Semoga postingan ini bermanfaat bagi para penghobi burung trucuk yang ingin memiliki burung bermental bagus. Sebab burung bermental baguslah yang akan cepat dalam berkicau.


Pencarian Terkait :

ciri trucukan jantan bagus
ciri trucukan bagus
ciri burung trucukan bagus
ciri fisik trucukan bagus
ciri trucukan bermental bagus
ciri trucukan jantan yang bagus
ciri trucukan mental bagus
ciri trucukan muda bagus
ciri trucukan yang bagus
ciri trucukan yg bagus

Posting Komentar untuk "Rahasia!! Ciri Burung Trucukan Jantan Yang Bermental Bagus"