Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merangsang Burung Trucukan Cepat Ropel

Trucukan Ropel, purwomp.com - Burung trucukan itu dapat ngropel atau ropel baik jantan maupun betina serta dapat ngerol dan garuda. Ngropel itu adalah mengeluarkan suara ocehan yang panjang dan disertai nada nada lainnya. Sedangkan burung trucuk garuda itu adalah burung yang berkicau sambil mengangkat kedua sayapnya ke atas atu seperti burung garuda.

Memiliki burung trucuk yang sudah mau ropel itu teramat sangat menyenangkan apalagi di tambah dapat ngerol dan garuda, tambah senang lagi. Namun, dapat memiliki burung yang seperti itu perlu proses yang panjang dan lama.

Terkadang tanpa kita sadari jika sudah namanya rejeki walau beli burung trucuk ombyokan, kita rawat tidak lama sudah dapat ngerol, ngropel dan garuda. Itulah yang di namakan rejeki, tapi kalau tidak dapat rejeki seperti itu kita dapat merawat burung trucuk agar cepat ngropel.


Cara cepat / merangsang burung trucuk ropel yaitu dengan beberapa rawatan yang harus kita terapkan. Berikut merupakan Cara Merangsang Burung Trucukan Cepat Ropel :

1. Pengembunan

Burung yang sering di embunkan akan dengan cepat berkicau, hal itu karena burung suka sekali saat menanti matahari terbit. Sama hal nya saat di habitat aslinya burung trucuk jika menjelang pagi hari sangat ramai sekali berkicau. Maka dari itu lakukan pengembunan setiap hari secara konsisten.

Waktu pengembunan yang baik adalah pada pukul setengah lima sampai jam 7 pagi. Awalnya burung yang kita pelihara saat di embunkan diam seribu bahasa, namun nantinya lama kelamaan akan berkicau juga.

2. Makanan

Untuk makanan burung trucukan itu berikan seperti di alam liarnya atau mendekati. Jika burung biasanya cuma di beri voer saja, agar cepat ropel maka burung wajib di berikan EF (Extra Fooding), Buah dan madu.

EF (Extra Fooding) untuk burung trucukan sebagai berikut :

  • Berikan UH (Ulat Hongkong) dalam sehari 1-3 saja berikan di pagi hari setelah pengembunan
  • Beri UK (Ulat Kandang) 2-3 ekor saja berikan seminggu 2-3 kali berikan pagi atau sore hari
  • JK (Jangkrik), berikan dalam sehari 2 kali pagi dan sore hari sekitar 2-3 ekor, jangan memberikan JK ke burung trucuk lebih dari 3 karena JK mengandung banyak sekali proteinnya.
  • Kroto, Dalam satu minggu berikan kroto ke burung trucuk 2 kali saja, kroto cuma untuk merangsang burung cepat berkicau. Jika burung belum juga berkicau maka sangat di sarankan memberikan kroto setiap hari 1 kali saja berikan pagi atau sore hari saja

Madu untuk burung trucukan

Madu di berikan ke burung trucuk ini di maksudkan agar burung sehat serta burung tidak mudah sakit. Karena madu sendiri banyak manfaatnya untuk burung seperti uraian berikut ini fungsi madu untuk burung berkicau :
  • Menjaga stamina burung
  • Meningkatkan ketahanan tubuh burung
  • mengobati burung trucuk yang stres
  • Cepat mnyembuhkan luka yang di alami burung trucuk
  • dll

Dalam pemberian madu ke burung trucuk, jika di berikan secara langsung dengan di taruh cepuk burung tidak akan mau meminumnya. Salah satu contoh dalam pemberian madu adalah dengan cara di oleskan ke buah atau di suntikan ke perut jangkrik.

Buah yang di sukai burung trucuk antara lain :
  • buah pisang
  • buah pepaya
  • buah tomat
  • buah apel
  • gambas atau onyong atau orang jawa menyebutnya dengan cememes
Berikan buah secara bergantian setiap harinya agar burung trucuk tidak bosan makan buah yang itu itu saja.

Cara Merangsang Burung Trucukan Cepat Ropel


3. Perawatan

Agar burung trucuk / TR cepat berkicau maka burung harus jinak. Tidak perlu jinak jinak sekali namun jinak lalat saja sudah cukup atau sudah tidak takut dengan manusia. Terkadang ada juga burung yang masih giras sudah gacor dalam berkicau. Akan tetapi itu hanya seribu satu yang seperti itu.


Rawatlah burung trucuk dengan penuh kasih sayang agar burung trucuk membalasnya dengan mengeluarkan kicauannya. Dalam merawat burung trucuk usahakan secara konsisten setiap harinya, hal ini agar burung tidak mengalami stres.

Burung trucuk merupakan burung yang hidupnya secara koloni, di dalam rombongan sekitar 4 - 5 ekor. Untuk itu supaya burung cepat berkicau tempel burung trucuk dengan trucuk lainnya, hal ini untuk merangsang burung trucuk berkicau. Jangan menempel burung trucuk terus terusan ya sekali kali di pisah agar buurng mengeluarkan call atau memanggil burung lainnya. Ini akan merangsang burung trucuk lama kelamaan berkicau mengeluarkan ropelannya karena memanggil koloninya.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai Cara Merangsang Burung Trucukan Cepat Ropel. Semoga hasil coretan saya ini bermanfaat dan berguna untuk para kicau mania di manapun berada.

Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan berikan pertanyaan pada kolom komentar di bawah postingan ini.

Sekian dan terima kasih.



Pencarian Terkait :

burung trucukan ropel
suara burung trucukan ropel
burung trucukan ropel jantan
burung trucukan ropel mp3
burung trucukan ropel panjang
masteran burung trucukan ropel mp3
suara burung trucukan ropel mp3
suara burung trucukan ropel panjang
suara burung trucukan ropel panjang mp3
video burung trucukan ropel

Posting Komentar untuk "Cara Merangsang Burung Trucukan Cepat Ropel"