Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengobati Pleci Serak Dan Penyebabnya

Obat Pleci Serak, purwomp.com - Memiliki burung pleci yang gacor serta suara yang terdengar keras dan nyaring membuat hati kita merasa senang. Untuk mendapatkan burung pleci seperti itu haruslah dengan perawatan yang konsisten dan penuh kesabaran. Sebab burung pleci merupakan burung yang penuh misteri, walau dengan perawatan yang penuh keistimewaan terkadang burung tidak jadi gacor.

Sebenarnya inti dari merawat burung pleci adalah sabar dalam merawatnya dan disertai dengan konsisten perawatan sehari hari. Jika kita sabar dalam merawat burung pleci di kemudian hari kita akan mendapatkan burung yang seperti kita impikan yakni gacor, ngerol, dan buka paruh.

Dalam merawat burung pleci yang pasti pernah mengalami hal hal yang tidak kita inginkan dengan momongan kita. Salah satu dari kendala tersebut adalah burung pleci tidak bersuara atau serak atau diam sama sekali.


Pleci yang memiliki suara serak itu di akibatkan dari salah perawatan yang kita lakukan. Bisa juga di akibatkan dari cuaca atau bisa juga dari makanan yang kita berikan. Berikut adalah faktor faktor yang menyebabkan burung pleci memiliki suara serak :

Faktor Faktor Penyebab Burung Pleci Suaranya Serak



  1. Penjemuran yang terlalu lama dapat mengakibatkan suara burung pleci serak, hal ini di karenakan burung mengalami dehidrasi yang berakibat di tenggorokan pleci kering.
  2. Cuaca yang buruk, Maksudnya sperti waktu saat ini yang cuacanya sangat buruk udara yang berhembus rasanya panas ini juga dapat menyebabkan burung merasa terganggu di pernafasannya.
  3. Air minum yang kotor, kebanyakan dari para pemelihara burung pleci itu air minumnya di biarkan sampai berhari hari tidak di ganti. Hal ini juga menjadi salah satu faktor penyebab hilangnya suara burung pleci.
  4. Kualitas pakan yang diberikan, pakan yang sudah basi jangan di berikan ke pleci kalau bisa berikan setiap hari pakan yang baru.
  5. Pemandian semprot juga dapat berakibat seraknya suara pleci, ini di akibatkan karena air masuk lewat hidung.
  6. Akibat penyakit yang menyerang di pernafasan burung pleci.

Dari beberapa faktor penyebab burung pleci serak di atas itu mungkin cuma baru sebagian saja. Kemungkinan masih banyak lagi penyebab penyebab burung pleci suaranya menjadi serak. Untuk itu hindari faktor faktor penyebab di atas agar burung pleci kita terhindar dari suara serak.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, inilah slogan yang baik dan menginspirasi kita dalam merawat burung pleci. Karena jika sudah menyerang akan lama dalam penyembuhannya dan lebih baik kita hindari hal hal trsebut.

Jika burung pleci yang kita pelihara sudah mengalami atau terjangkit suara serak, maka tugas kita adalah menyembuhkan atau memulihkan suara burung pleci tersebut. 

Cara Mengobati Pleci Serak


  1. Berikan minuman yang biasa kita minum yang dapat meredakan tenggorokan salah satunya adalah minuman larutan yang di jual di pasaran atau di supermarket supermarket terdekat.
  2. Ganti air minum yang biasa kita berikan dengan air yang telah di masak. Ganti setiap hari sampai burung suaranya pulih kembali.
  3. Berikan pakan yang halus halus daulu selama masa penyembuhan, karena jika iberikan pakan yang kasar akan bertambah parah sakitnya.
  4. Rebus daun saga dengan gula 2 sendok dan air 2 gelas sampai mendidih, angkat dan dinginkan baru berikan ke burung pleci.

Lakukan cara di atas dengan konsisten dan rawatlah burung dengan pola sehat seperti kita merawat tubuh kita sendiri. Dengan cara di atas yang saya berikan semoga pleci yang mengalami srak dapat sembuh dan dapat berkicau lagi seperti semula. amiin.

Sekian dan terima kasih.




Pencarian Terkait :

pleci serak
mengatasi pleci serak
mengobati pleci serak
pleci serak apa obatnya
pleci serak lama
pleci serak obat
pleci serak parah
pleci serak suaranya
pleci serak tak kunjung sembuh
suara pleci serak

Posting Komentar untuk "Cara Mengobati Pleci Serak Dan Penyebabnya"