Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Penyakit Dapat Di Atasi Dengan Obat Tradisional

purwomp - Penyakit yang biasa kita rasakan atau sering kali menghampiri kita dalam penyembuhannya tidak harus ke dokter. Penyakit penyakit tersebut seperti asam lambung, asam urat, batuk, batuk pilek, darah tinggi, diabetes, diare, kolesterol, radang tenggorokan, dan sakit gigi. Penyakit tersebut dapat di sembuhkan dengan obat tradisional buatan sendiri. Akan tetapi jika sakit berlanjut dapat di bawa ke dokter, takutnya ada penyakit lainnya.

Dari penyakit penyakit tersebut, berikut bahan dan cara membuatnya :

1. Obat Tradisional Asam Lambung

Asam lambung memang sangat di perlukan oleh manusia dalam mencerna makanan, akan tetapi jika asam lambung berlebihan akan tidak baik bagi kesehatan kita. Berbagai obat dari kimia banyak di jual di apotik tetapi ada juga obat tradisional untuk mencegah asam lambung naik. Diantaranya sebagai berikut

1.1 Lidah Buaya

Lidah buaya mampu meredakan asam lambung karena tanaman ini memiliki getah yang adem buat lambung sehingga mencegah terjadinya naiknya asam lambung. Cara membuatnya lidah buaya di jus dan di minum sebelum makan.

1.2 Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang di percaya dapat menurunkan kadar asam lambung, selain itu jahe juga mampu mencegah bakteri yang hidup di lambung yang di tenggarai munculnya penyakit pada lambung.

Cara membuatnya jahe di rebus hingga mendidih, dapat di campur dengan jeruk lemon agar mendapat cita rasa yang enak dan di minum 30 menit sebelum makan.

1.3 Permen Karet

Ternyata, permen karet juga dapat mencegah asam lambung yang naik, sebab jika kita mengunyah permen karet otomatis produksi air liur kita bertambah banyak hal ini sangat baik untuk lambung kita. Air liur yang banyak akan membantu membersihkan asam lambung.

1.4 Buah buahan

Buah buahan sangat baik jika di konsumsi setiap hari. Selain itu buah juga memiliki sejuta manfaat salah satu di antaranya adalah mengatasi asam lambung yang naik. Buah yang bagus adalah buah pisang, disaat asam lambung naik segeralah makan buah pisang, karena buah pisang mengandung zat yang bersifat antasid alami.



2. Obat Tradisional Asam Urat

Salah satu obat tradisional untuk asam urat adalah Jahe. Jahe memiliki salah satu zat yang dapat mengurangi gejala asam urat. sebab jahe memiliki Zat anti peradangan yaitu zat Gingerols dan Shogaol yang di anggap sebagai obat asam urat alami.

3. Obat Tadisional Batuk 

Ada beberapa obat tradisional batuk di antaranya yaitu jeruk nipis yang di campur dengan kecap yang tanpa di kupas sangat ampuh meredakan batuk. Selanjutnya buah apel yang di kukus sampai matang dan di makan bersam kulitnya juga dapat meredakan batuk.

4. Obat Tradisional Pilek

Pilek adalah keluarnya lendir kental yang keluar dari hidung, disaat awal mau pilek badan terasa sakit semua bahkan pusing. Dengan obat tradisional berikut semoga dapat meredakan pilek yang mengganggu :

Obat tradisional yang pertama adalah bawang putih yang di potong kemudian di isap lewat hidung.
Kemudian yang kedua adalah jeruk nipis di campur kapur sirih lalu di peras dan di ambil airnya kemudian di minum.

5. Obat Tradisional Darah Tinggi

Ada beberapa ramuan tradisional yang dapat menurunkan darah tinggi salah satunya adalah buah pace / mengkudu yang di rebus lalu di peras dan kemudian perasan air tersebut di minum. Untuk lebih jelasnya ramuan lainnya baca Obat Jawa / Tradisional Darah Tinggi

6. Obat Tradisional Diabetes

Daun sirsak ternyata ampuh mengatasi diabetes dalam pengobatannya yang penting adalah rutin setap hari dan lakukan olah raga ringan setiap harinya agar keringat dalam tubuh keluar. Cara membuatnya seperti berkut :

Ambil 15 daun sirsak
Ambil 7 daun sirih merah
Cuci dengan air masak
Rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja
Saring ampas dari air
Minum secara teratur setiap hari

7. Obat Tradisional Diare

Diare merupakan penyakit ringan akan tetapi jika tidak segera di obati akan membuat kita mejadi lemas karena kekurangan cairan. Untuk mencegah lebih lanjut segera buat minuman oralit yang terbuat dari gula dan garam sedikit di campur dengan air hangat dan segera di minum.

Untuk ramuan lainnya anda dapat membuatnya dari kunir, gambir, kapur sirih yang di tumbuk lalu di peras dan di ambil airnya dan segera di minum.

8.  Obat Tradisional Sakit Gigi

Jika mengalami sakit gigi memang tidak mengenakkan badan, mau tidur susah, mau makan juga tidak enak walau perut terasa lapar. Ada beberapa obat kimia yang di jual di apotik namun tidak ada salahnya jika menggunakan obat tradisional yang di rasa cukup aman untuk di konsumsi.

Ambil getah kapuk duri kemudian di oles ke gigi yang sakit. Atau dapat menggunkan bawang putih yang di tumbuk lalu di sumbatkan ke gigi yang sakit.

Demikianlah informasi tentang 8 Penyakit Dapat Di Atasi Dengan Obat Tradisional yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah informasi di kala kita mencegahnya sebelum di bawa ke dokter.


Artikel Terkait :

obat tradisional
obat tradisional asam lambung
obat tradisional asam urat
obat tradisional batuk
obat tradisional batuk pilek
obat tradisional darah tinggi
obat tradisional diabetes
obat tradisional diare
obat tradisional kolesterol
obat tradisional radang tenggorokan
obat tradisional sakit gigi

Posting Komentar untuk "8 Penyakit Dapat Di Atasi Dengan Obat Tradisional"