Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Alternatif Lele Pengganti Pelet

purwomp - Saat ini pakan pelet untuk lele semakin hari semakin mahal harganya. Bagi peternak lele pemula hal ini mereka keluhkan soal harga pakan jadi atau pelet. Kita dapat memberikan pakan alternatif lele untuk manggantikan pakan pelet yang mahal harganya tersebut.

Disekitar kita sebenarnya ada banyak pakan alternatif  lele berprotein tinggi dan sangat disukai lele. Sebab ikan lele adalah ikan yang memakan apa saja, kita beri sisa dapurpun di makan. Nah, pasti kalian bertanya-tanya pakan alternatif untuk lele itu apa saja? simak ulasan berikut ini :


1. Kepala ikan asin

Penjual ikan asin di pasar biasanya banyak sisa-sisa kepala yang tidak terjual, hal itu bisa kita manfaatkan untuk pakan lele. Soal harga kepala ikan asin biasanya murah kadang kita tidak disuruh beli atau diberikan begitu saja. Ikan asin memiliki protein tinggi yang sangat dibutuhkan oleh pertumbuhan ikan lele.

2. Bekicot

Disekitar rumah kita jika musim penghujan tiba bekicot ini banyak kita jumpai. Untuk itu kita bisa manfaatkan bekicot sebagai pakan alternatif lele. Bekicot juga memiliki protein yang tinggi, hal ini bagus untuk perkembangan lele agar cepat besar.

3. Keong

Keong ternyata juga bagus untuk pakan alternatif lele. Hewan ini sangatlah mudah kita jumpai disawah-sawah yang banyak airnya bahkan di sungai-sungai pun juga banyak kita jumapai. Keong juga memiliki protein yang tinggi dan sangat bagus untuk diberikan ke ikan lele.

4. Cacing

Cacing juga dapat kita jadikan sebagai pakan alternatif bagi lele. Cara mencari cacing pun relatif gampang. Saat musim hujan tiba dikebun-kebun banyak cacing yang berkembang biak, hal ini dapat kita manfaatkan untuk diberikan ke lele.

Cara mendapatkan cacing dengan mudah adalah dengan cara kita mencampur sabun dengan air. Kemudian campuran air dan sabun tersebut kita tuangkan ke gundukan kotoran cacing dan tunggu sebentar cacing tersebut akan muncul ke permukaan tanah dengan sendirinya.

5. Ayam 

Ayam yang mati di peternakan ayam dapat kita manfaatkan untuk pakan alternatif lele. Pada peternakan ayam biasanya setiap hari ada ayam mati dari pada dibuang bisa kita minta untuk pakan lele. caranya sebelum diberikan ke lele adalah ayam yang mati tadi dibakar atau direbus agar kuman dan penyakit yang terbawa ayam tersebut mati sehingga aman untuk diberikan ke ikan lele.

6. Nasi 

Sisa nasi yang kita makan dapat juga dijadikan pakan alternatif untuk ikan lele. Namun jangan memberikan nasi yang sudah basi, jika diberikan dapat membuat air kolam tercemar sehingga bisa mengakibatkan kematian pada ikan lele.

7. Dedaunan

Dedaunan juga sangat disukai oleh ikan lele sehingga hal ini bisa kita manfaatkan untuk pakan alternatif disaat harga pakan pelet lele mahal. Daun yang biasa diberikan ke ikan lele adalah kangkung, Azola, daun pepaya, bayam dan daun ketela pohon.

Demikianlah ke-tujuh Pakan Alternatif Lele Pengganti Pelet yang dapat saya bagikan ke pengunjung blog saya. Semoga dengan postingan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita agar tidak selalu tergantung dengan pakan buatan pabrik. Sehingga kita dapat memanfaatkan bahan makan disekitar kita untuk dijadikan pakan alternatif buat ikan lele yang kita ternak.



Artikel Terkait :

pakan alternatif lele
pakan alternatif lele dari ampas tahu
pakan alternatif lele protein tinggi
pakan alternatif lele dari dedak
pakan alternatif lele ampas tahu
pakan alternatif lele bioflok
pakan alternatif lele dari kotoran kambing
pakan alternatif lele kecil
pakan alternatif lele selain pelet
pakan alternatif lele tanpa pelet
pakan alternatif lele umur 1 bulan

Posting Komentar untuk "Pakan Alternatif Lele Pengganti Pelet"