Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Cucak Ijo Bakalan Cepat Berkicau

purwomp - Melatih burung dari bakalan agar cepat berkicau harus memiliki trik-trik dan cara tersendiri. Disini saya akan menyampaikan 2 cara agar burung cucak ijo cepat berkicau. Pertama, dengan cara mendampingkan atau sejajarkan burung cucak ijo bakalan dengan burung yang sudah jadi (cucak ijo gacor). Lakukan hal ini secara terus menerus hingga burung bakalan mampu menirukan kicauan cucak ijo yang sudah jadi. Dalam hal ini saya akan menyampaikan informasi tentang Cara Melatih Cucak Ijo Bakalan Cepat Berkicau.


cucak ijo gacor

Langkah inipun dilakukan secara bertahap, hal ini untuk menghindari cucak ijo bakalan stres atau merasa takut berdekatan dengan burung yang sudah dewasa. Untuk menghindari bakalan cucak ijo stres saat menggantung jangan terlalu dekat, agak jauh saja yang terpenting dapat saling melihat atau bisa juga hanya saling mendengar kicauannya saja.

Jika bakalan cucak ijo sudah terbiasa burung mulai tenang jarak burung keduanya diperdekat atau jika terhalang oleh sekat (tembok) upayakan burung saling melihat, mendengar dan berdekatan dengan burung yang sudah dewasa atau burung cucak ijo gacor.

Cara Kedua, yaitu didengarkan suara kaset atau MP3 burung cucak ijo gacor untuk melatih mental cak ijo. Untuk langkahnya adalah burung bakalan mula-mula dikerodong kemudian didengarkan suara MP3 secara pelan-pelan, jika burung sudah terbiasa dengan suara dari kaset atau MP3 volume suara dapat ditinggikan.

Setelah bakalan cucak ijo sudah mampu menirukan suara MP3, burung bakalan masih memerlukan latihan-latihan dengan cara mendampingkan burung cucak ijo bakalan dengan burung lainnya yang sudah gacor, seperti burung lovebird, burung kenari, burung cucak jenggot, burung kapas tembak, dan lain sebagainya. Hal ini agar burung bakalan cucak ijo memiliki kicauan yang banyak variasi.

Latihan-latihan seperti ini bukan hanya untuk burung bakalan saja, namun dapat diterapkan untuk burung yang dipersiapkan untuk lomba. Untuk burung yang dipersiapkan untuk lomba porsi latihannya lebih banyak. Karena hal ini dipersiapkan untuk penilaian dalam lomba ( mental, kicauan, isian dan gaya tarungnya) harus dimiliki burung tersebut.

Meningkatkan Kualitas Kicauan Cucak Ijo


Untuk meningkatkan kualitas kicauan burung cucak ijo agar memiliki irama kicauan yang bervariasi maka dalam memaster dengan suara MP3 jangan diganti-ganti suara kicauannya. Untuk burung pendamping cucak ijo pilihlah burung yang sudah jadi atau burung gacor dalam berkicau.

Sebagian penggemar cucak ijo beranggapan bahwa memaster burung ini lebih baik dari yang masih muda atau anakan, karena usia yang masih muda belum memiliki suara asli atau belum mendapat suara burung lainnya. Selain itu Suara, isian dan variasi kicauan dapat kita atur sesuai keinginan kita.

Sedangkan untuk cucak ijo yang sudah dewasa untuk mendpatkan variasi kicauan waktu memaster yang tepat adalah disaat burung tersebut rontok bulu atau ganti bulu. Karena disaat itulah burung cucak ijo banyak diam dimasa ganti bulu waktu tersebut adalah waktu yang pas untuk memaster untuk mendapatkan variasi burung yang kita inginkan.

Untuk jenis burung yang biasa untuk memaster burung cucak ijo adalah burung cucak jenggot, burung lovebird, burung kenari, burung gereja tarung / kawin, jalak suren, kapas tembak, jangkrik, belalang kecek dan lain sebagainya. Dari suara masteran tersebut memiliki suara yang berbeda-beda misalnya suara burung jalak suren yang memiliki trecetan pendek, kasar, dan rapat, serta suara burung yang bisa ngerol.

Selain kita memaster burung cucak ijo untuk mendapatkan suara yang bervariasi tentu saja juga harus ditunjang dengan burung yang rajin berkicau agar semua keunggulannya dapat terlihat. Semua ini akan terlihat jika cucak ijo memiliki birahi yang pas atau birahi yang meningkat. Untuk meningkatkan birahi kita dapat menempelkan cucak ijo betina atau sering kita sebut cas. Waktu pengecasan dengan betina jangan terlalu lama sebab cucak ijo jantan dapat over birahi. Kalau sudah over birahi cucak ijo sulit dikontrol.

Melatih cucakijo untuk mendapatkan kicauan yang lebih lama kita dapat melatihnya dengan cara dijemur sekitar 1 hingga 3 jam diterik matahari. Waktu penjemuran lihat kondisi burung cucak ijo anda jika dalam waktu 1 jam sudah tidak kuat maka segera angkat.

Selain hal-hal diatas untuk mendapatkan kicauan cucak ijo yang baik maka perlu ditunjang dengan kesehatan burung. Selain itu kualitas pakan juga dapat mempengaruhi kualitas kicauan burung cucak ijo. Dan yang perlu kita lakukan agar burung sehat adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan kandang dan aksesorisnya. Jika burung cucak ijo dalam keadaan sehat maka burung akan suka berkicau.

Demikian informasi tentang Cara Melatih Cucak Ijo Bakalan Cepat Berkicau yang dapat saya ampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam merawat burung cucak ijo agar menjadi bagus dalam berkicau.

Artikel Terkait :

cucak ijo bakalan
cucak ijo bakalan jantan
cucak ijo bakalan kalimantan
cucak ijo bakalan agar cepat bunyi
cucak ijo bakalan banyuwangi
cucak ijo bakalan betina
cucak ijo bakalan yang bagus
cucak ijo bakalan cepat bunyi
cucak ijo bakalan ngriwik
cucak ijo bakalan prospek
cucak ijo bakalan susah bunyi

Posting Komentar untuk "Cara Melatih Cucak Ijo Bakalan Cepat Berkicau"