Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Lele Dumbo Dalam Kolam

Budidaya Lele Dumbo - Sebelum kita membahas tentang cara budidaya ikan lele alangkah baiknya kita mengenal jenis-jenis lele yang dapat dikembangkan di Indonesia. Adapun jenis ikan lele yang dapat dikembangbiakkan dikolam ada dibawah ini :


  1. Ikan lele ( jawa ), ikan kalang ( Sumatera Barat ), Ikan maut ( Sumatera Utara ), dan ikan pintet ( Kalimantan Selatan ) yang juga disebut dengan nama latin Clarias Batrachus
  2. Ikan lele kembang ( Jawa Barat ), Kalang putih ( Padang ) yang juga disebut  dengan nama latin Clarias Teysmani
  3. Ikan duri ( Sumatera Selatan ), Wais ( Jawa Tengah ), Dan Wiru ( Jawa Barat ) yang disebut juga dengan nama latin Clarias Melanoderma
  4. Ikan lidi ( Jawa ), Limbat ( Sumatera Barat ), Kaleh ( Kalimantan Selatan ) yang disebut juga dengan nama latin Clarias Nieuhofi
  5. Ikan Keli ( Sumatera Barat ), Ikan penang ( Kalimantan Timur ) yang disebut juga dengan nama latin Clarias Loaicanthus
  6. Lele dumbo, King cat fish yang berasal dari Afrika sering juga disebut dengan Clarias Gariepinus
Lele yang kita tahu selama ini adalah ikan yang memiliki citarasa yang lezat dan gurih sehingga banyak yang nyari. Lele disebut juga pada bahasa inggris catfish, siluroid, dan walking ini pada dasarnya adalah ikan yang hidupnya dirawa dan disungai yang sangat berbahaya karena memiliki senjata disiripnya berupa duri yang tajam dan beracun.


Ikan lele memiliki ciri yakni memiliki badan yang memanjang berwarna hitam dan berkulit licin serta memiliki 4 helai kumis disekitar bibir. Lele banyak ditemukan di benua Afrika dan Asia, lele mulai dibudidayakan di negara Thailand, Indida, Filipina, dan Indonesia.

Lele dapat di budidayakan di kolam tanah, ember, kolam terpal, drum dan lain sebagainya. Dalam budidaya lele itu sangatlah mudah yang terpenting adalah makanannya jangan sampai telat. Sebab jika telat dalam memberi makan lele akan menjadi kanibal artinya memakan temannya sendiri jika merasa kelaparan.

Cara Budidaya Lele Dumbo Dalam Kolam


Lele dumbo merupakan jenis ikan lele yang banyak dibudidayakan di Indonesia, ikan ini berasal dari Afrika. Lele dumbo banyak dibudidayakan di Indonesia karena ikan jenis ini cepat besar sehingga dalam waktu singkat sudah siap untuk dipanen. Dalam budidaya lele dumbo yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Kolam

Kolam untuk pembesaran ikan lele dumbo kita buat ukuran 5 m x 3 m untuk 2000 benih ikan dengan kedalaman air 70 cm

Sebelum ikan ditabur dikolam alangkah baiknya kita persiapkan kolam terlebih dahulu agar ikan lele dumbo sehat dan cepat besar. Berikut adalah persiapannya :
  • Keringkan kolam selama 3 hari
  • Pada hari ke empat taburkan kapur gamping 100 gr per m2, pupuk kandang 700 gr per m2 diamkan selam 3 hari tanpa air.
  • Setelah 1 minggu isi air kira-kira 30 cm - 40 cm dan tunggu selama 1 minggu hingga air berwarna hijau
  • Setelah itu tambahkan air mencapai ketinggian 70 cm dari permukaan kolam
  • Dan tebarkan benih ikan lele dumbo ( di anjurkan waktu penebaran benih di pagi hari )
2. Makanan

Selain makanan alami yang berupa hitoplankton dan zooplankton, ikan lele juga perlu diberi makanan tambahan berupa pellet ataupun lainnya. Ikan lele dapat diberi makanan dari sisa-sisa dapur yang berupa sayuran dan juga nasi.

3. Penyakit

Pada waktu tertentu atau cuaca yang jelek lele akan terkena serangan penyakit. Tanda-tanda lele terkena penyakit dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Kulit lele timbul luka yang berwarna kemerah-merahan
  • Lele ngambang di permukaan air kolam
  • Perut membesar
Cara menanggulanginya sebagai berikut :
  • Air kolam perlu diganti
  • Pakan pelet yang biasa diberikan dicampur antibiotik yang biasa di jual di kios-kios pakan ikan
  • Air kolam dapat disebarkan garam dengan konsentrasi 30 gram per liter.
4. Panen

Ikan lele dumbo dapat dipanen setelah umur 90 hari atau 3 bulan sejak benih ikan ditebar dalam kolam. Yang semula berat badannya 10 gram dapat mejadi 200 - 300 gram setelah umur 3 bulan.


Demikian Cara Budidaya Lele Dumbo Dalam Kolam yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam budidaya ikan lele di kolam.

Jika artikel ini memberikan manfaat silahkan di share ke kerabat dekat anda atau kawan-kawan anda yang ingin memulai budidaya lele dumbo. Jika ada yang perlu ditanyakan atau memberi saran untuk kemajuan blog ini silahkan berkomentar dibawah dengan sopan dan baik.



Artikel Terkait :


budidaya ikan lele
budidaya ikan lele kolam terpal
budidaya ikan lele bioflok
budidaya ikan lele sistem bioflok
budidaya ikan lele pdf
budidaya ikan lele dumbo
budidaya ikan lele dalam drum
budidaya ikan lele kolam terpal bagi pemula
budidaya ikan lele di ember
budidaya ikan lele organik
budidaya ikan lele dengan ember
cara budidaya ikan lele kolam terpal bagi pemula
ternak lele kolam terpal pemula
cara budidaya ikan lele di terpal
budidaya ikan lele bioflok
cara budidaya ikan lele di kolam tanah
cara budidaya ikan lele di kolam tembok
biaya ternak lele kolam terpal
budidaya ikan lele di kolam plastik

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Lele Dumbo Dalam Kolam"