Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Beton

Budidaya ikan Gurami - purwomp - Seperti ikan mas, ikan gurame banyak mengandung zat makanan yang berguna bagi tubuh kita. Gurame memiliki rasa yang lezat serta dagingnya yang empuk namun harus tetap hati-hati dengan duri-durinya yang banyak disaat makan. Gurame banyak dibudidayakan di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Sumatera barat.

Budidaya ikan gurame dapat dilakukan bersama-sama dengan ikan jenis lain asal jangan dengan ikan predator seperti lele, gabus, dan lain-lain. Hal ini dilakukan karena memelihara ikan gurame memerlukan waktu yang lama dan untuk menekan biaya dalam budidaya ikan gurame. Namun, kita dapat memelihara gurame dalam kolam sendiri atau terpisah.


Dalam pemeliharaan ikan gurame kita dapat budidaya ikan gurame di kolam beton, budidaya gurame di kolam tanah, dapat pula budidaya ikan gurame kolam terpal. Yang terpenting adalah dimana ikan tersebut betah dipelihara.


Untuk pemeliharaan induk ikan gurame haruslah dari bahan yang tidak keras, agar ikan gurame tidak terluka. Dan dasar kolam jangan terlalu banyak berlumpur, jika banyak lumpur nanti disaat induk gurame bertelur, telurnya akan terbungkus oleh lumpur. Serta dalam pemeliharaa induk gurame lebih baik dekat dengan rumah. Hal ini berguna untuk memudahkan pengawasan kolam.

Maka dari itu enakan budidaya ikan gurame di kolam beton, sebab kolam dapat kita awasi dan airnya pun akan tetap bening dan sangat disukai oleh ikan gurame. Air dalam kolam sekurang-kurangnya tingginya 50 cm dari dasar kolam. Lebih baik lagi jika air dalam kolam selalu dapat berganti atau mengalir hal ini akan membuat ikan gurame cepat besar jika memelihara cuma untuk pembesaran saja.

Gurame jantan yang sudah berumur kurang lebih 3 tahun beratnya dapat mencapai 1 kg bahkan bisa lebih. Yang jantan memiliki ciri dahinya bertombol dan berwarna kekuning-kuningan. Untuk yang gurame betina memiliki ciri siripnya berwarna kehitam-hitaman.

Untuk mendapatkan induk gurame yang baik jika sudah berumur 4 - 5 tahun dan telah memiliki berat kurang lebih 2 kg. Untuk yang betina perutnya sudah membesar dan juga di belakang sirip dadanya juga membesar.. Sedangkan untuk gurame jantan kedua rusuk bagian belakang ikan membentuk sudut tumpul.

Pada waktu pembiakan sudah tiba air dalam kolam harus memiliki ketinggian 40 cm dari permukaan dasar kolam. Dalam pemijahan kita harus hati-hati dalam melepaskan indukan ikan gurame.

Ikan gurame jantan akan membuat sarang yang sudah kita sediakan pada kolam yakni ijuk. Dalam pembuatan sarang gurame jantan memerlukan waktu 30 hari dibawah permukaan air. Setelah itu 2 hari kemudian induk ikan gurame betina akan bertelur dan lamanya bertelur sekitar 2 sampai 3 hari. Telur yang dihasilkan dapat mencapai 1000 sampai 3000 butir telur. Tidak seperti ikan-ikan lainnya yang perlu waktu 24 jam telur tersebut menetas, ikan gurame memerlukan waktu 10 hari telurnya menetas.

Setelah berumur 3 bulan anakan gurame harus dipindah ke kolam pembesaran. Dalam pengambilan anakan ikan gurame waktu yang tepat adalah di pagi hari, sebab pagi hari udaranya masih belum panas. Sehingga akan membuat benih-benih ikan gurame tidak gampang stres dan mati.

Setelah berumur 10 hari di kolam pembesaran ikan gurame dapat diberikan makan berupa dedaunan. Daun yang dapat diberikan adalah daun pepaya, keladi, singkong, genjer, kangkung, ubi jalar, dan daun labu. Jika daun memiliki getah alangkah baiknya di layukan terlebih dahulu agar getahnya kering.. Setelah berumur 2 minggu ikan gurame anakan dapat diberi makanan tambahan berupa rayap, pelet, kroto dan lain sebagainya.

Ikan gurame merupakan ikan yang mahal harganya. Ikan gurame dapat dijadikan sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Sebab pemeliharaan ikan gurame sangat mudah dan dalam penjualannya pun juga mudah. Dan juga jika kita tidak punya lauk, ikan gurame dapat kita masak sesuai selera kita.

Demikian Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Beton yang dapat saya sampaikan. Yang terpenting dalam budidaya ikan gurame kolam beton adalah airnya selalu dijaga ketinggiannya. Semoga informasi ini berguna dan dapat menambah wawasan kita dalam budidaya ikan gurame.



Artikel Terkait :

budidaya ikan gurami
budidaya ikan gurame
budidaya ikan gurame di kolam terpal
budidaya ikan gurame di kolam tanah
budidaya ikan gurame kolam terpal
budidaya ikan gurame di kolam beton
budidaya ikan gurami kolam beton
budidaya ikan gurame rumahan
budidaya ikan gurame di aquarium
budidaya ikan gurame dalam ember
budidaya ikan gurame pdf
budidaya ikan gurami pdf
budidaya ikan gurame di kolam terpal untuk pemula
budidaya ikan gurame kolam terpal bulat

Posting Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Gurame Di Kolam Beton"