Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melatih Burung Kacer Dari Muda Hutan Hingga Juara

Burung Kacer Juara -- Merawat burung kacer mulai dari muda hutan hingga menjadi juara merupakan kebanggaan tersendiri bagi si perawat tersebut. Namun dalam merawat kacer hingga menjadi juara itu yang sangat sulit di lakukan. Sebab pada dasarnya kacer itu adalah burung yang memiliki daerah teritorial tertentu. Jika burung kacer sudah kalah dipertarungan maka burung itu sampai kapanpun tidak akan punya mental yang bagus.

kacer gacor

Pertarungan yang saya makasud bukan seperti adu ayam sampai berdarah-darah. Akan tetapi pertarungan di gantangan atau di perlombaan kicau. Jika kacer memiliki mental yang bagus maka mau di gantangkan dimanapun burung kacer tetap gacor.

Memiliki burung kacer gacor itu sudah menjadi idaman oleh banyak para kicau mania yang suka dengan kicauan kacer. Dalam merawatnya pun juga butuh waktu yang tidak sebentar mungkin bisa tahunan lamanya. Bahkan merawat burung ini mulai dari bakalan hingga juara itu juga membutuhkan perlakuan khusus.

Ada juga tips dan triknya dalam merawat burung kacer hingga juara. Mulai dari memandikan hingga memaster yang baik untuk menjadikan juara. Ada pula yang rela melatih hingga berbulan-bulan agar burung kacer memiliki mental yang bagus dalam even even perlombaan kicauan.

Bagi yang baru memulai memelihara kacer mungkin belum tahu cara melatih burung kacer agar punya mental bagus saat bertemu burung kacer yang lain. Silahkan simak cara yang saya berikan berikut ini :

1. Mandikan kacer secara rutin

Hal ini dapat menjadikan burung kacer memiliki badan yang fresh dan sehat sehingga burung akan selalu berkicau. Dalam memandikan kacer usahakan secara rutin atau tepat secara waktu ataupun berapa kali dalam sehari. Sebab jika tidak rutin akan membuat burung kacer cenderung akan mudah stres akibatnya burung akan malas dalam berkicau.

2. Berikan masteran yang sekiranya cocok atau yang membuat burung selalu berkicau.

Masteran itu juga dapat menentukan burung kacer gacor dalam berkicau maka dari itu pilihlah masteran yang cocok dengan burung kita. Disini saya merekomendasikan burung untuk masteran kacer adalah cocak jenggot, Kenari, Lovebird atau burung lain yang memiliki suara kasar atau yang sering berkicau.

3. Berikan extra fooding yang lebih untuk menaikkan birahinya.

Extra fooding yang lebih dari biasanya akan membuat burung birahinya naik. Jika birahinya tinggi burung kacer akan meluapkannya dengan mengeluarkan kicauannya.

Melatih Burung Kacer Dari Muda Hutan Hingga Juara


Jika ketiga rawatan diatas sudah dilakukan maka selanjutnya kita tinggal melatih burung kacer tersebut seperti berikut :

Gantang burung secara sendiri jika sudah gacor hingga buka ekor maka biarkan saja sampai burung diam dengan sendirinya. Kemudian sambil kita ganggu dengan suara suara yang biasanya di keluarkan orang dalam gantangan resmi, jika burung malah tambah emosi maka teruskan saja.

Lalu bila burung kacer sudah mau buka ekor tapi takut sama orang lewat dibawahnya maka yang kita lakukan adalah berdiri dibawah sangkarnya sambil mengeluarkan suara-suara seperti diatas. Nanti lama kelamaan burung akan terbiasa dengan keberadaan orang yang lewat dibawahnya. Sebab dalam perlombaan burung berkicau juri biasa jalan dibawah sangkar yang digantangkan.

Nah, cara melatih dan merawat burung kacer agar menjadi juara diatas agar dilakukan secara rutin dn bertahap. Jika burung sudah siap untuk dilombakan maka latihlah burung untuk bertemu lawannya di lapangan. Namun jika masih belum ada perubahan maka rawatlah lagi dan tunggu sampai siap betul baru di lombakan lagi.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang Melatih Burung Kacer Dari Muda Hutan Hingga Juara. Semoga bermanfaat dan burung kacer sobat kicau mania menjadi juara baik latber maupun latpres.

Posting Komentar untuk "Melatih Burung Kacer Dari Muda Hutan Hingga Juara"