Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Hasil Ternak Kelinci Pedaging

Purwomp - Kelinci bagi kehidupan manusia ada beberapa manfaat yang dapat diambil. Banyak orang memelihara kelinci untuk diambil dagingnya, karena daging kelinci memiliki rasa yang lezat. Bukan hanya dagingnya saja yang dapat dimanfaatkan dari beternak kelinci. Selain daging dapat diambil kulitnya, anaknya, dan kotorannya.


Daging kelinci dapat diolah menjadi beberapa masakan yang dapat di konsumsi oleh manusia. Bentuk olahan daging kelinci adalah sate, rawon, gule, atau dimasak dengan cara lain juga bisa menurut selera masing-masing.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diambil dari ternak kelinci pedaging atau ternak kelinci daging :

1. Daging kelinci

Daging kelinci memiliki nilai gizi yang tidak kalah dengan daging hewan yang lain biasa diternak oleh masyarakat seperti ayam potong, ayam kampung, ayam petelor, ayam buras dan lain sebagainya. Selain menambah gizi daging kelinci bisa mengatasi kemandulan, ini kepercayaan bagi yang sudah membuktikannya.

Perbandingan nilai gizi dari daging kelinci dengan daging hewan lain, ambil contoh saja daging kelinci dengan daging ayam. Diambil contoh perbandingan dengan daging ayam karena daging ayam lebih memasyarakat dibanding dengan daging kelinci yang belum begitu populer.

Perbandingan nilai gizi daging kelinci dengan daging ayam dapat dilihat pada tabel dibawah ini :


Daging Hewan   Kalori
   Protein/Lemak
(gr)
   Zat Besi
(mgr)
    Zat Kapur
Kelinci
111
16,6 : 2,5
2,0
10
Ayam
125
20,0 : 5,0
2,0
10
Sumber : Balai Pendidikan Masyarakat

Perbandingan dari kedua daging diatas menunjukkan bahwa nilai kalori yang terkandung daging kelinci dengan daging ayam adalah 14 kalori, hal ini berarti daging kelinci memiliki kalori yang tinggi. Sedangkan nilai protein dan lemaknya juga seimbang. Berarti daging kelinci memiliki nilai gizi yang hampir sama dengan daging hewan lain.

Jika daging kelinci dibandingkan dengan daging sapi dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Daging Hewan    Kalori
   Protein/Lemak
(gr)
   Zat Besi
(mgr)
   Zat Kapur
Kelinci
111
16,6 : 2,5
2,0
10
Sapi
125
20,0 : 5,0
2,1
7
Sumber : Balai Pendidikan Masyarakat

Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa nilai gizi dari daging kelinci dengan daging-daging hewan lain tidak jauh berbeda. Untuk itu kandungan nilai gizi pada daging kelinci sekiranya dapat menggantikan daging hewan lain.

2. Kulit Kelinci

Kulit kelinci sebenarnya barang limbah yang menurut orang tidak berguna sama sekali, namun jika dipegang oleh ahlinya kulit kelinci dapat dimanfaatkan sebagai barang kerajinan. Sebelum kulit kelinci dijadikan kerajinan kulit terlebih dahulu harus dikeringkan. Sesudah kering kulit disamak untuk dijadikan berbagai barang kerajinan, contohnya tas, topi, dompet, sarung tangan dan lain sebagainya.

Kulit kelinci termasuk kulit yang kuat bila dibandingkan dengan bahan-bahan yang lain, jika dibuat barang lain seperti tas, sarung tangan, dompet, topi. Kulit kelinci lebih tahan lama dibanding dengan bahan tiruan yang selama ini dipakai.

3. Anakan Kelinci

Memelihara kelinci bagi para peternak yang diharapkan adalah kelinci itu berkembang biak. Berkembang biak artinya bertambahnya individu baru sebagai penerus kelinci-kelinci yang pernah ada. Sehingga berkembang biak sangat diharapkan bagi para peternak untuk meraup keuntungan.

Dari perkembang biakkan kelinci yang diharapkan oleh para peternak adalah anak-anak kelinci. Anakan kelinci tentunya sangat bermanfaat bagi kita diantaranya anaknya dapat kita pelihara lagi sebagai indukan baru atau dijual ke pasar-pasar.

4. Kotoran Kelinci

Selama ini kotoran kelinci bagi sebagian peternak sudah tidak berguna lagi. Akan tetapi jika kotoran itu dalam jumlah yang banyak tentu saja dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang. Manfaat dari kotoran kelinci sebagai pupuk tanaman di pot, sawah dan ladang. Selain kotorannya urine kelinci juga bermanfaat untuk dijadikan pupuk POC yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman hidroponik atau tanaman lainnya.

Kandungan dari kotoran kelinci dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Jenis Kotoran   Kandungan Air %   Bahan Organik   N   Pospor   Kal   Kapur
Kelinci
71
28
0,8
0,2
0,7
0,3
Sapi
84
15
0,6
0,3
0,1
0,2
Kambing
60
31
0,4
0,5
1,1
0,7
Ayam
65
24
1,6
1,5
0,9
2,4
Sumber : Balai Pendidikan Masyarakat

Sesuai dengan tabel diatas bahwa kandungan zat pada kotoran kelinci dapat digunakan sebagai pengganti pupuk buatan. Kotoran klinci dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman hias, bunga, sayuran dan tanaman yang lain.Pupuk dari kotoran kelinci tidak mengandung bahan kimia namun sebaliknya jika menggunkan pupukbuatan pabrik tentunya banyak mengandung zat kimia. Sehingga pupuk dari kotoran kelinci sangat dianjurkan untuk pupuk sayuran dan buah agar hasilnya nanti bebas dari zat kimia sehingga aman untuk dikonsumsi oleh manusia.

Demikian informasi tentang Manfaat Hasil Ternak Kelinci Pedaging yang dapat saya sampaikan. Semoga dengan artikel atau informasi ini bermanfaat dan bagi anda tahu manfaat dari beternak kelinci.


Artikel Terkait :

ternak kelinci
ternak kelinci pedaging
ternak kelinci tanpa ngarit
ternak kelinci australia
ternak kelinci lokal
ternak kelinci hias
ternak kelinci pedaging modern
ternak kelinci rex
ternak kelinci sukses
ternak kelinci umbaran
ternak kelinci modern
ternak kelinci anggora
cara ternak kelinci australia
ternak kelinci sistem umbaran
cara ternak kelinci umbaran
ternak kelinci di bogor
ternak kelinci daging

Posting Komentar untuk "Manfaat Hasil Ternak Kelinci Pedaging"