Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Cucak Ijo Yang Ada Di Pasaran

Jenis Cucak Ijo -- Pada umumnya jenis cucak hijau yang dipelihara atau yang diperdagangkan di wilayah Jawa itu merupakan hasil tangkapan liar (alam) yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Jenis cucak ijo yang selama ini kita tahu masih dalam satu family yakni Chloropsis Sonnerati.


Meskipun begitu, jenis cucak ijo yang dipelihara oleh para kicau mania dibedakan menurut daerah asal burung tersebut, Seperti cucak hijau Banyuwangi, Kalimantan, Sumatera, Malang, Trenggalek, Jember dan sebagainya. Perbedaan yang mendasar dari jenis cucak ijo tersebut tidak terlalu nampak, sebab memiliki kicauan yang hampir sama. Namun cucak hijau yang berasal dari Banyuwangi memiliki suara yang baik, keras, tajam dan bervariasi serta memiliki tubuh yang besar dan panjang dibanding dengan cucak ijo dari daerah lain.

Untuk menentukan jenis cucak ijo itu berasal dari mana tentu saja cukup sulit. Jika di lihat dari warna dan ciri fisik tidak menjamin ketepatan dalam mengidentifikasi burung cucak ijo berdasar dari daerah asal.

Burung cucak ijo memiliki kemiripan dengan burung cucak miranti. Hal ini dikarenakan kedua burung tersebut masih dalam satu family yaitu Chloropsidae. Agar tidak salah memilih cucak ijo yang ada dipasaran sebagai bahan perbandingan, dibawah ini akan saya uraikan perbedaan dari kedua jenis burung tersebut :

Cucak Ijo

1. Berukuran agak besar 20-30 cm

2. Warna sayap dan tepi ekor berwarna hijau

3. Warna bulu bawah paruh untuk cucak ijo jantan berwarna hitam sedangkan burung cucak ijo betina berwarna kuning

4. Pada burung cucak ijo betina memiliki lingkar mata berwarna kuning

Cucak Meranti

1. Berukuran sedang kurang lebih 17 cm

2. Bulu sayap dan tepi ekor berwarna biru

3. Warna bulu bawah paruh untuk cucak miranti jantan berwarna hitam dikelilingi warna kuning sedangkan burung cucak miranti betina berwarna hijau

4. Pada burung cucak miranti betina tidak memiliki lingkar mata berwarna kuning.

Harga dari jenis cucak ijo yang ada dipasaran yang paling mahal adalah jenis burung cucak ijo yang berasal dari daerah Banyuwangi. Sebab burung cucak ijo yang berasal dari Banyuwangi dipercaya mudah beradaptasi dan kicauannya memiliki banyak variasi dan suara kicauannya keras dibanding dengan cucak ijo dari dari daerah lain.

Demikian informasi tentang Jenis Cucak Ijo Yang Ada Di Pasaran yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang burung cucak ijo yang ada di Indonesia.

Posting Komentar untuk "Jenis Cucak Ijo Yang Ada Di Pasaran"