Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjinakkan Cucak Ijo Dengan Cepat

purwomp - Burung cucak ijo yang selama ini dipelihara merupakan kebanyakan burung tangkapan alam (hutan). Kita tahunya burung sudah berkicau bagus dan beradaptasi dengan baik dilingkungannya. Untuk mendapatkan burung yang sudah jinak dan mapan serta sudah berkicau itu harus dilakukan proses yang cukup lama.


Burung tangkapan hutan itu burung yang masih giras dan liar saat kita dekati. Karena burung tersebut belum beradaptasi dengan lingkungan barunya. Untuk melakukan penjinakan burung cucak ijo yang masih liar perlu dilakukan secara bertahap. Adapun upaya untuk menjinakan cucak ijo dengan lingkungan sekitar berikut langkah-langkahnya :

  • Masukkan burung yang masih liar ke kandang dengan ukuran 40 x 40 x 60 dan memiliki ruji yang halus untuk menghindari burung luka.
  • Untuk awal-awal jauhkan terlebih dahulu burung dari lalu lalang manusia.
  • Disaat burung sudah sedikit beradaptasi dengan lingkungan, barulah sangkar ditaruh ditempat yang sedikit ramai atau tempat yang biasa dilalui oleh orang.
  • Mandikan burung pada pukul antara jam 07.00 - 09.00 dengan cara disemprot. Cara ini dilakukan agar burung cepat jinak. Semprot burung dengan basah kuyup
  • Saat penjemuran setelah mandi tempatkan sangkar dibawah saja sambil diawasi dari serangan predator.
  • Jika burung sudah mau menata bulu (didis = bahasa jawa ) berarti burung pertanda sudah adaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Lakukan pemberian jangkrik dengan cara pakai lidi jika burung mau menyambar maka dalam pemberian JK usahakan setiap hari diperpendek lidinya sedikit demi sedikit lama kelamaan nanti cuma pakai tangan saja.
  • Lakukan hal tersebut diatas secara bertahap. Jika burung saat didekati masih kelabakan maka gantung sangkar ditempat sepi dahulu.
Sebenarnya burung cucak ijo merupakan burung yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya dengan cepat. Dalam proses penjinakan terkadang tidak membutuhkan waktu yang lama. Pada proses penjinakan cucak ijo yang terpenting adalah kita rutin dalam memandikannya.

Agar proses penjinakan dengan cara memandikan, alangkah baiknya pemandian waktu sore hari sekitar jam 15.00 - 18.00. Kemudian setelah mandi diangin-anginkan didepan rumah atau teras rumah. Setelah bulu agak kering sodorkan jangkrik jika belum mau nyambar taruh saja pada cepuk pakan.

Demikian informasi tentang Cara Menjinakkan Cucak Ijo Dengan Cepat. Semoga informasi ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita dalam memelihara burung cucak ijo bakalan.

Posting Komentar untuk "Cara Menjinakkan Cucak Ijo Dengan Cepat"