Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Jenis Kelamin Kelinci Jantan dan Betina

Jenis Kelamin Kelinci -- Sebelum kita membudidayakan kelinci seharusnya kita sudah dapat menentukan jenis kelamin kelinci itu jantan ataupun betina. Dalam menentukan jenis kelamin kelinci hal ini akan mempengaruhi produktivitas dari hasil beternak kelinci.


Dari sekian banyak peternak kelinci tidak semua peternak dapat menentukan jenis kelamin kelinci baik itu jantan maupun betina. Apalagi jika kelinci tersebut masih kecil sulit untuk menentukan jenis kelaminnya sebab kelinci jika masih kecil body dan ciri lainnya masih relatif sama.

Beda halnya jika kelinci sudah dewasa cuma dilihat saja sudah tau itu kelinci jantan atau kelinci betina. Kelinci jantan dewasa akan nampak alat kelaminnya dan itu dapat dilihat dengan kedua mata. Gerakan-gerakan kelinci dewasa juga berbeda baik jantan maupun betina.

Di dalam beternak kelinci bagi peternak menharapkan hasil yang memuaskan dan hasil yang sesuai harapan. Namun, terkadang dalam beternak kelinci tidak mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengn kata lain kelinci yang diternak selama ini dalam produktivitas kurang baik atau hanya menghasilkan anakan yang sedikit.

Beternak kelinci sudah sekian lama akan tetapi tidak dapat berkembang biak hal ini kemungkinan kita salah dalam menentukan jenis kelaminnya. Kita salah dalam memilih bibit sehingga tidak dapat berproduksi. Dalam hal ini dapat disebabkan oleh 2 hal yakni kita pelihara kelinci jantan semua atau kelinci betina semua. Untuk itu kita perlu memperhatikan dalam menetukan jenis kelamin kelinci jika ingin membudidayakannnya.

Pemilihan jenis kelamin kelinci yang tepat akan memperlancar kelinci tersebut dalam berkembang biak. Dalam beternak kelinci kita akan memilih beberapa pasang kelinci untuk dipelihara. Dalam memasangkan kelinci jangan dicampur jadi satu namun dipisah beda kandang.

Cara Menentukan Jenis Kelamin Kelinci jantan dan kelinci betina iuti langkah-langkah berikut ini :

1. Pegang pada leher kelinci dan tubuhnya

2. Kemudian baringkan kelinci secara pelan-pelan agar tidak berontak

3. Bukalah dan tekan pada kemaluan kelinci tersebut

4. Jika kelinci itu jantan maka saat ditekan akan memanjang sedangkan jika kelinci itu betina maka bentuknya pendek

Dari empat langkah di atas adalah syarat mutlak dalam menetukan jenis kelamin kelinci jantan dan betina. Langkah-langkah diatas dapat diterapkan dalam memilih kelinci yang masih kecil atau anakan. Jika pada saat ditekan alat kelaminnya berbentuk bulat dan agak lonjong maka sudah dipastikan berjenis kelamin jantan. Namun, jika terlihat lubang atau kelihatan celah sudah dipastikan kelinci itu berjenis kelamin betina.

Setealh kita menentukan jenis kelamin kelinci itu jantan atau betina langkah selanjutnya adalah memilih indukan dan pejantan yang baik. Jika indukan yang kita pilih baik semua hal ini akan membuat produktivitasnya meningkat dan akan menghasilkan lebih banyak anakan.

Demikian informasi tentang Cara Menentukan Jenis Kelamin Kelinci Jantan dan Betina. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang ingin memelihara atau membudidayakan kelinci.


Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Jenis Kelamin Kelinci Jantan dan Betina"