Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Burung Prenjak Lumut Ombyokan Dan Perawatannya

Memilih Prenjak Lumut Bakalan -- Burung prenjak merupakan burung kecil yang biasa hidup disekitar pekarangan kita atau lebih banyak dipinggir sungai. Prenjak memiliki tubuh yang kecil mungil akan tetapi memiliki suara yang keras maka dari itu burung ini banyak dipelihara oleh para kicau mania.


Burung prenjak lumut biasanya dipelihara sebagai burung masteran sebab burung ini memiliki variasi suara yang sangat banyak. Prenjak lumut banayak diminati oleh para kicau mania selain burung prenjak tamu, burung prenjak kepala merah, burung prenjak klawu.

Jika ingin memiliki prenjak lumut gacor maka pilihlah yang berjenis kelamin jantan. Sebab prenjak lumut jantan memiliki suara yang bagus serta memiliki variasi suara yang banyak. Sedangkan prejak lumut betina hanya memiliki satu kicauan atau monoton.

Perbedaan Burung Prenjak Lumut Dengan Burung Prenjak Klawu

Agar kalian tahu perbedaan antara burung prenjak lumut dan burung prenjak klawu dan tidak salah pilih, berikut perbedaannya :


Prenjak lumut dan prenjak klawu sama-sama memiliki tubuh yang kecil serta makanannya juga sama. Namun dari kedua jenis burung prenjak ini memiliki perbedaan yang mencolok dari segi warna dan suara kicauannya.

Untuk warna bulu pada burung prenjak lumut memiliki warna pada punggung mirip warna lumut sehingga burung ini disebut prenjak lumut. Serta memiliki suara seperti berikut :

Atau anda dapat mendownload suaranya pada link berikut :

Suara burung prenjak lumut UNDUH DISINI


Sedangkan ciri dari burung prenjak klawu adalah warna pada bulu punggungnya berwarna abu-abu atau klawu maka dari itu burung ini disebut prenjak klawu. Serta warna bulu pada dadanya hitam pekat untuk yang berjenis kelamin jantan.

Untuk mendengarkan suaranya berikut suara burung prenjak klawu :


Atau anda dapat mendownload suaranya pada link berikut ini :

Suara burung prenjak klawu UNDUH DISINI

Cara Memilih Burung Prenjak Lumut Ombyokan

Memang burung kecil mungil ini cenderung sulit untuk dipelihara atau mudah mati saat dipelihara dari tangkapan hutan. Dari hal tersebut banyak yang belum tahu apakah mati karena burung stres atau kekurangan makanan atau gimana masih banyak kicau mania yang belum tahu hal tersebut.

Untuk memilih agar dipelihara dapat bertahan hidup maka pilihlah burung prenjak lumut yang masih baru tangkapan dari hutan. Sebab burung yang baru tangkapan hutan masih memiliki tubuh yang kuat serta masih dalam keadaan gemuk. Atau pilihlah prenjak lumut yang sudah rawatan lama waktu di ombyokan. Serta pilihlah yang masih keadaan sehat dan mau makan ulat walau dikandang ombyokan.

Jika ada burung lumut yang sudah ngevoer maka pilih itu saja hal ini untuk menghindari dari kematian. Jika sudah memilih dari ombyokan sampai rumah berikan pakan ulat kandang atau kroto biarkan sampai burung sudah merasa nyaman dan kemudian baru dilatih untuk makan voer.

Perawatan burung prenjak lumut

Jika kita sudah dapat burung dari ombyokan atau tangkapan hutan hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan langsung memandikan burung ini sebab akan menjadikan burung stres dan mengakibatkan kematian.

Rawatlah prenjak lumut seperti layaknya burung tangkapan hutan lainnya yakni dengan cara dikrodong dahulu atau jauhkan dari lalu lalang manusia agar burung merasa nyaman. Jika burung sudah merasa nyaman barulah burung prenjak dapat digantang didekat manusia.

Demikianlah informasi tentang Cara Memilih Burung Prenjak Lumut Ombyokan Dan Perawatannya yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat serta manambah wawasan kita dalam memelihara prenjak lumut.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Burung Prenjak Lumut Ombyokan Dan Perawatannya"