Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memilih Bibit Kelinci Yang Baik Dan Unggul Untuk Di Budidaya

Bibit Kelinci -- Sebelum kita memulai beternak kelinci alangkah baiknya kita pelajari terlebih dahulu cara memilih bibit kelinci yang baik. Hewan kelinci yang akan kita ternak merupakan kelinci pilihan yang lebih unggul dari kelinci yang lain. Dengan pemilihan bibit yang baik diharapkan dalam beternak nanti tidak akan ada kendala-kendala.

Bagaimana cara memilih bibit dan calon induk yang baik ?

Di dalam pemilihan bibit kita harus hati-hati agar tidak salah memilih bibit dan nantinya tidak akan menimbulkan kerugian atau gagal dalam beternak kelinci. Pemilihan bibit kelinci yang baik haruslah teliti dan jeli agar tidak menyesal di kemudian hari. Kelinci yang akan kita jadikan peliharaan atau di budidaya haruslah memiliki kriteria sebagai berikut :

Cara Memilih Bibit Kelinci Yang Baik Dan Unggul Untuk Budidaya

bibit kelinci baik dan unggul

1. Kelinci yang kita pilih dari bibit yang unggul

2. Kelinci yang kita pilih sebagai calon indukan haruslah yang sehat secara fisik dan tidak cacat

3. Kelinci yang akan dijadikan indukan dari jenis kelinci yang memiliki banyak anak

4. Kelinci calon indukan harus memiliki bobot yang berat jika di timbang

5. Daun telinganya berdiri tegak tidak turun kebawah tergantung jenis kelincinya sebab ada jenis kelinci yang telinganya turun kebawah

6. Kelinci calon induk memiliki bulu yang bersih serta lembut

7. Memiliki mata yang bening atau terang

8. Kelinci yang akan kita jadikan induk memiliki gerakan lincah, hal ini pertanda bahwa kelinci tersebut sehat

9. kelincci yang kita pilih, hidungnya dalam keadaan kering tidak berlendir atau tidak terkena scabies

10. Memiliki bentuk dada yang lebar dan bulat

11. Kaki belakang merapat pada bagian badan belakang

12. memiliki tulang pinggang yang lebar

Dari 12 kriteria diatas dalam memlih bibit kelinci, sebenarnya masih banyak lagi kriteria yang dipakai dalam menentukan bibit kelinci yang baik. Pemilihan bibit yang baik dapat dipilih tergantung dari selera masing-masing orang yang ingin memelihara kelinci yang menyangkut kepuasan hati sehingga dapat terpenuhi keinginannya dan kepuasannya. Namun dari kriteria diatas agar dijadikan referensi dalam pemilihan bibit yang baik serta unggul.

Dalam pemilihan bibit yang asal-asalan dan tidak memperhatikan dari kriteria diatas yang sudah diuraikan, kemingkinan besar akan menimbulkan ketidakpuasan serta ketidaksuksesan dalam beternak kelinci yang diharapkan.

Kemampuan seseorang dalam memilih bibit yang baik tentu memiliki kriteria sendiri-sendiri yang berbeda dengan yang lain. Hal ini dipengaruhi dari tingkat pengetahuan dan pengalaman dalam memilih bibit yang baik. Apalagi bagi pemula atau masih awan di dunia perkelincian akan mengalami kesulitan dalam memilih bibit yang baik untuk di budidayakan.

Demikian informasi tentang Cara Memilih Bibit Kelinci Yang Baik Dan Unggul Untuk Budidaya yang dpat saya sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat serta menambah wawasan kita dalam beternak kelinci untuk menentukan indukan yang baik serta dari indukan yang memiliki banyak anak.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Bibit Kelinci Yang Baik Dan Unggul Untuk Di Budidaya"